10 Fakta Yuki Ishikawa, Kapten Tim Voli Jepang di Olimpiade Tokyo 2020 - Hits ZIGI.ID
Logo
Yuki ishikawa
  • Oleh Indriane

  • Selasa, 03 Agustus 2021 | 10:06 WIB
hits
Yuki ishikawa
Photo: Instagram/@yuki_ishikawa_official
Yuki ishikawa

ZIGI – Yuki Ishikawa, kapten tim voli putra Jepang di Olimpiade Tokyo 2020 tengah viral di TikTok setelah bertanding dengan tim Italia. Yuki disebut mengerti bahasa Italia sehingga tim lawan harus bisik-bisik untuk menyampaikan strateginya pada rekan mereka.

Di sisi lain, Yuki Ishikawa memiliki seorang adik yang juga bergelut di olahraga voli. Dia adalah Mayu Ishikawa, anggota tim nasional voli wanita Jepang. Penasaran dengan sosok Yuki Ishikawa? Yuk simak artikelnya!

1.Yuki Ishikawa Main Bola Voli di Usia 10 Tahun

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki Ishikawa merupakan pemain voli profesional yang lahir di Prefektur Aichi, Jepang, 11 Desember 1995. Dia memiliki seorang adik bernama Mayu Ishikawa yang juga bermain untuk tim nasional dan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Yuki sering memberi nasihat pada Mayu tentang strategi penyerangan saat sang adik masih duduk di bangku sekolah.

“Bola voli adalah gairah keluarga, itu alami. Aku mulai bermain ketika aku berusia 10 tahun dan itu adalah cinta pada pandangan pertama dengan olahraga ini,” terang Yuki Ishikawa dikutip Zigi.id dari Olympics pada Selasa, 3 Agustus 2021.

2.Yuki Ishikawa Berpengalaman Jadi Kapten Tim Voli

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki telah bermain voli sejak duduk di bangku sekolah dasar. Pada tahun terakhir SMP, Yuki Ishikawa memenangkan medali perunggu di All Japan Junior High School Volleyball Championship. Kemudian ia terpilih sebagai kapten Prefektur Aichi dan memenangkan medali perak di JOC Junior Olympic Cup.

Di SMA, Yuki Ishikawa menjadi siswa pertama yang memenangkan Triple Crown di tiga turnamen yakni Inter-High, National Polity, Harutaka Valley selama dua tahun berturut-turut. Menurut mantan pelatihnya yakni Matsunaga, Yuki sangat menyukai olahraga ini dan tahu kerja sama dengan tim.

“Kekuatan utamanya adalah kemampuan beradaptasi. Jika timnya fokus menyerang, dia akan melatih servis dan gaya ofensifnya,” kata Matsunaga.

3.Yuki Ishikawa Jadi Orang Termuda di Asian Games 2014

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki Ishikawa menjadi atlet termuda yang melakukan debut internasional di Asian Games 2014 yang diadakan di Korea Selatan. Kala itu, usianya masih 19 tahun dan tim voli putra Jepang meraih medali perak karena kalah dari Iran.

4.Dari Mana Yuki Ishikawa Belajar Voli?

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki Ishikawa mengungkapkan bahwa selain melatih dirinya, ia juga sering menonton pertandingan bola voli. Atlet 25 tahun itu mengaku bahwa dia mempelajari teknik-teknik dari pemain voli terbaik di dunia. Usut punya usut, Yuki Ishikawa juga pernah memenangkan penghargaan Pencetak Gol Terbaik di Asian Youth Boys Volleyball Championship tahun 2012.

“Aku banyak menonton bola voli di TV. Aku ingin belajar dari pemain terbaik sehingga aku bisa mengulangi gerakan mereka,” kata Yuki.

5.Yuki Ishikawa Ambil Kuliah Jurusan Hukum

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki Ishikawa pernah kuliah jurusan hukum di Universitas Chuo, Tokyo, Jepang. Di sana, ia juga menjadi tim voli universitas dan terus melambungkan kariernya hingga lulus pada 2018. Rupanya, Yuki sempat tertarik dengan dunia sepak bola karena Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan. Tak hanya itu, ia juga sempat bermain bisbol sampai akhirnya menggeluti olahraga voli.

6.Yuki Ishikawa Sempat Terpapar Covid-19

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki Ishikawa mengungkapkan bahwa dirinya sempat khawatir karena terpapar Covid-19 pada Desember 2020 lalu. Ia mengalami gejala yang parah dan harus istirahat selama satu bulan.

“Karena aku memiliki gejala yang kuat selama sekitar empat hari setelah dikonfirmasi positif, aku khawatir tentang apa yang akan terjadi padaku. Senang bisa kembali ke lapangan setelah istirahat panjang,” tuturnya.

7.Yuki Ishikawa Cedera

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Dia mengalami cedera di lutut kanannya saat pertandingan melawan Perancis di World Grand Champions Cup 2017 di Jepang dan tidak dapat berlatih atau berkompetisi selama empat minggu. Tak hanya itu, pergelangan kaki kanan Yuki Ishikawa terkilir saat bertanding melawan Australia di World Olympic Qualification Tournament pada 2016. Sejak duduk di bangku SMA, ia juga menderita ketegangan otot perut.

8.Yuki Ishikawa Bisa Bahasa Italia

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki dikatakan fasih dalam bahasa Italia. Pasalnya, ia pindah dari Jepang ke Italia untuk bermain di klub SuperLega Italia Modena Volley selama tiga bulan pada 2014. Lalu, Yuki bermain untuk Padova di tahun 2019 dan bergabung dengan Allianz Milano pada 2020. Pada Mei 2021, ia memperpanjang kontraknya dengan Allianz Milano hingga 2022.

“Aku ingin bersaing dengan yang terbaik di dunia. Aku memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan Olimpiade Tokyo dan bermain di luar negeri adalah bagian dari persiapanku,” ujar Yuki.

Baru-baru ini, namanya viral di TikTok saat akun @loren___na membagikan cuplikan video saat tim voli putra Jepang melawan tim Italia. Tim Italia tampak berbisik-bisik saat memberikan strategi pada rekan mereka. Video yang diunggah pada Senin, 2 Agustus 2021 ini telah ditonton hingga 5,9 juta pengguna TikTok.

Jadi kapten tim Jepang ngerti bahasa Italia, nah tim Italia tahu. Makanya pas ngomong tangannya di muka biar gak ketahuan kapten tim Jepang gitu,” komentar warganet.
Kenapa jadi kayak mak-mak ghibah pas beli sayur,” canda yang lain.

9.Hal Paling Menakutkan Bagi Yuki Ishikawa

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Dalam wawancara pada Maret 2021, Yuki sempat ditanya hal yang paling menakutkan dalam hidupnya. Menurutnya, kepuasan pada diri sendiri adalah hal yang ia takuti karena dirinya tidak akan bisa berkembang.

“Hal paling menakutkan yang terjadi dalam hidup? Saat aku puas dengan diri sendiri. Pandangan itu tidak akan membiarkan diri kita mempelajari hal-hal baru,” kata Yuki.

10.Yuki Ishikawa Jadi Kapten Tim Voli Putra Jepang di Olimpiade Tokyo 2020

image
Photo : Instagram/@yuki_ishikawa_official

Yuki dipilih sebagai kapten tim voli putra Jepang untuk Olimpiade Tokyo 2020. Dia mengatakan bahwa ingin seperti atlet voli Bruno Rezende dan menjadi kapten yang terbaik untuk timnya.

“Sebagai seorang kapten, panutanku adalah Bruno Rezende dari Brasil yang menjadi kapten tim yang memenangkan emas di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Dia ekspresif dan menunjukkan keinginannya untuk menang dan itu diterjemahkan ke dalam timnya. Aku ingin memastikan kami bersama sebagai sebuah tim,” kata Yuki.

Di Instagram @yuki_ishikawa_official, ia lebih sering membagikan momen saat bertanding. Yuki Ishikawa juga akan memimpin timnya di perempat final Olimpiade Tokyo 2020 yang dimana Jepang melawan Brasil pada Selasa, 3 Agustus 2021 pukul 11.00 WIB.

  • Editor: Indriane
Recommended

Fine Counsel, Bisnis Sepatu Greysia Polii Dipromosikan Presiden Jokowi

  • 13 Agustus 2021, 17:34 WIB
Presiden Jokowi membeli sepasang sepatu di brand milik Greysia Polii, Fine Counsel dan mempromosikan di Instagram.

8 Potret Rei Yamamoto, Atlet yang Digosipkan Pacar Yuki Ishikawa

  • 12 Agustus 2021, 08:00 WIB
Potret Rei Yamamoto, atlet tenis meja sempat digosipkan pacar Yuki Ishikawa, kapten tim voli putra Jepang di Olimpiade Tokyo 2020.

10 Fakta Jonas Brothers, Band AS di Penutupan Olimpiade Tokyo 2020

  • 10 Agustus 2021, 12:02 WIB
Berikut fakta Jonas Brothers digawangi, Kevin Jonas, Joe Jonas dan Nick Jonas yang tampil di penutupan Olimpiade Tokyo 2020.

Kisah Qomarul Lailah dari Guru SD Jadi Wasit Bulutangkis di Olimpiade

  • 10 Agustus 2021, 10:05 WIB
Selain Wahyana, guru SD asal Surabaya bernama Qomarul Lailah juga menjadi wasit bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020.

13 Momen Spektakuler Closing Ceremony Olimpiade Tokyo 2020

  • 09 Agustus 2021, 12:20 WIB
Berikut ini 13 momen spektakuler di Closing Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 lengkap dengan klasemen akhir Olimpiade Tokyo 2020.

Main FF, Greysia Polii Dapat Diamond Free Fire Gratis Seumur Hidup

  • 05 Agustus 2021, 17:15 WIB
Garena sebagai pengembang game Free Fire, memberikan diamond free fire gratis seumur hidup untuk Greysia Polii dan Apriyani
The Latest
Doddy Sudrajat dan Mayang

Reaksi Doddy Sudrajat Dituding Jadikan Mayang Sebagai Mesin Uang

  • 04 Desember 2022, 13:16 WIB
Vanntey Heng

5 Momen Vanntey Heng, Pacar Rich Brian Ikut ke Indonesia

  • 04 Desember 2022, 11:37 WIB
Dikta

3 Pengakuan Dikta, Soal Enzy Storia hingga Keluar dari Yovie and Nuno

  • 04 Desember 2022, 09:42 WIB
Julian Jacob, Mirriam Eka dab Brisia Jodie

Tegas, Mirriam Eka Bantah Rebut Julian Jacob dari Brisia Jodie

  • 04 Desember 2022, 09:09 WIB
Imran Ismail

Profil dan Biodata Imran Ismail: Agama, Umur, Pacar, Pemain Kupu Malam

  • 04 Desember 2022, 08:00 WIB
INDEKS