3 Buku JS Khairen Pernah Sebut Ibu Kota Baru Bernama Nusantara - Hits ZIGI.ID
Logo
JS Khairen
hits
JS Khairen
Photo: Instagram/@js_khairen
JS Khairen

ZIGI – Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengumumkan kata Nusantara sebagai nama ibu kota baru yang bakal dibangun di Kalimantan. Sontak pemilihan nama tersebut memicu perdebatan publik yang menilai Nusantara tidak tepat untuk dijadikan nama ibu kota baru.

Di tengah riuhnya perdebatan tersebut, penulis Jombang Santani Khairen atau yang lebih dikenal dengan nama JS Khairen turut menjadi sorotan. Pasalnya, beberapa buku yang pernah ia tulis sempat menyinggung Nusantara bakal jadi nama ibu kota baru Indonesia.

Lantas, buku apa saja yang ditulis JS Khairen yang di dalamnya menyebut nama ibu kota baru? Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis.

Rinduku Sederas Hujan Sore Itu (2017)

Buku JS Khairen
Photo : Twitter.com
Buku JS Khairen

Melalui akun Instagramnya @js_khairen, penulis 14 novel ini mengungkapkan bahwa ia pernah menyinggung nama Nusantara di dalam buku-bukunya. Dia mengaku hampir setiap hari mendapat mention dari pembaca yang menyebut kalau beragam kejadian di novel yang sudah ditulis sejak lama sekarang menjadi kenyataan.

Buku pertama yang membahas tentang ibu kota baru berjudul Rinduku Sederas Hujan Sore Itu yang terbut tahun 2017. Buku yang berisi kumpulan cerpen ini memuat salah satu bagian berjudul Nusantara Top Secret Project: Rongga Waktu yang ditulis sekitar tahun 2015-2016.

Hal yang Tak Kau Bawa Pergi Saat Meninggalkanku (2021)

JS Khairen
Photo : Twitter.com
JS Khairen

Buku kedua JS Khairen yang membahas Nusantara berjudul Hal yang Tak Kau Bawa Pergi Saat Meninggalkanku yang terbit tahun 2021. Masih berbentuk kumpulan cerpen, ia sedikit menyinggung wacana ibu kota baru di salah satu ceritanya yang berjudul Bertemu Sekali Lagi.

Kami (Bukan) Jongos Berdasi (2019)

JS Khairen
Photo : Twitter.com
JS Khairen

Selanjutnya ada novel berjudul Kami (Bukan) Jongos Berdasi yang terbit tahun 2019. Buku ini merupakan bagian kedua dari serial novel “Kami (Bukan)” di mana judul lainnya meliputi Kami (Bukan) Sarjana Kertas, Kami (Bukan) Generasi Bacot, dan Kami (Bukan) Fakir Asmara.

Bukan kali ini saja JS Khairen menulis cerita yang menjelma jadi kenyataan. Dalam novel Melangkah (2020), ia membuat cerita tentang krisis listrik di Jawa dan Bali. Uniknya pada tanggal 1 Januari 2022, muncul berita berjudul PLN Defisit Batu Bara, Listrik 10 Juta Pelanggan di Jawa-Bali Terancam.

Nama Nusantara Dikritik

Ibu Kota Baru
Photo : katadata.co.id
Ibu Kota Baru

Sebagaimana yang sudah disinggung di awal artikel ini, nama Nusantara yang dipilih Jokowi menuai perdebatan. Melansir dari Katadata.co.id, sejarawan sekaligus Ketua Asosiasi Sejarah Lintas Batas (Sintas) Andi Achdian menilai persoalan terbesar dari penamaan itu ialah pengertian Nusantara yang sudah dipahami masyarakat sebagai wilayah Indonesia yang luas.

"Sayang juga, dengan pemilihan tempat yang baru, tidak ada makna baru yang dibangun dari penamaannya," kata Andi Achdian dikutip Zigi.id dari Katadata.co.id, Selasa, 18 Januari 2022.

Andi mengatakan, penamaan ibu kota baru tersebut berpotensi menggeser makna Nusantara yang selama ini dipahami mencakup wilayah kepulauan Indonesia yang begitu luas. Kata 'Nusantara' berasal dari bahasa Sansekerta di mana Nusa berarti kepulauan, sedangkan antara berarti luar. Bahkan di masa Majapahit, kata Nusantara mencakup wilayah Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, hingga Thailand bagian selatan.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Departemen Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Sri Margana yang mengungkapkan bahwa Nusantara adalah konsep geopolitik yang mencakup wilayah Indonesia secara keseluruhan. Ia menduga nama Nusantara dipilih untuk menghindari istilah yang hanya fokus pada satu suku tertentu karena hal ini bisa menimbulkan sentimen promordialisme.

"Wilayah yang terdiri unsur darat dan air, kepulauan dan lautan di bawah suatu entitas negara. Ibu kota kan milik nasional. Seharusnya bisa mencerminkan kepemilikan bersama itu," kata Margana. 

Kembali ke pengalaman JS Khairen, ia menegaskan tidak bisa meramal seperti dukun atau paranormal. Ia mengaku sedikit rajin baca buku sejarah, berbagai jurnal, dan mendengarkan nasihat-nasihat negarawan dan sejarawan. Nah, buat kamu yang ingin baca buku JS Khairen, jangan cari yang bajakan!

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Terungkap Makna Ritual Kendi Nusantara di Calon Ibu Kota Baru

  • 14 Maret 2022, 17:23 WIB
Tidak hanya berkemah, diadakan pula Ritual Kendi Nusantara yang memiliki makna filosofis di baliknya.

Profil dan Biodata JS Khairen: Buku, Film, Quotes, hingga Keluarga

  • 18 Januari 2022, 20:04 WIB
JS Khairen, penulis novel yang menulis tentang Nusantara sebagai ibu kota negara baru pada 2013-2014 dan sudah terbitkan 14 buku.

Sejarah dan Pro-kontra Kata Nusantara Sebagai Ibu Kota Baru Indonesia

  • 18 Januari 2022, 13:44 WIB
Sejarah nama Nusantara sebagai ibu kota baru Indonesia yang sudah disetujui oleh Presiden Jokowi, menimbulkan pro dan kontra.

Profil dan Biodata Marcelino Lefrandt: Agama, Umur, Pacar, Karier, IG

  • 07 Februari 2023, 08:00 WIB
Profil dan biodata Marcelino Lefrandt, pesinetron yang kini dikabarkan berpacaran dengan artis kelahiran 1990, Violenzia Jeanette.

Mengenal dan Cara Membeli Surat Utang Negara, Investasi Minim Risiko

  • 07 Februari 2023, 07:00 WIB
Pengertian, jenis-jenis dan cara membeli Surat Utang Negara (SUN), investasi populer di kalangan mahasiswa hingga ibu-ibu.

Profil dan Biodata Tyo Nugros: Agama, Umur, Pacar, eks Drummer Dewa 19

  • 06 Februari 2023, 19:01 WIB
Profil dan biodata Tyo Nugros, eks drummer Dewa 19 yang jadi sorotan karena awet muda di umur 52 tahun.
The Latest
Marcelino Lefrandt

Profil dan Biodata Marcelino Lefrandt: Agama, Umur, Pacar, Karier, IG

  • 07 Februari 2023, 08:00 WIB
Tyo Nugros

Profil dan Biodata Tyo Nugros: Agama, Umur, Pacar, eks Drummer Dewa 19

  • 06 Februari 2023, 19:01 WIB
Ressa Herlambang

Lama Menghilang, Ressa Herlambang Ngaku Jatuh Miskin

  • 06 Februari 2023, 17:58 WIB
Nong Poy

13 Potret Nong Poy, Transgender Tercantik Asal Thailand Segera Menikah

  • 06 Februari 2023, 16:11 WIB
Taylor Swift dan Harry Styles

Jadi Mantan, Aksi Taylor Swift ke Harry Styles di Grammy 2023 Disorot

  • 06 Februari 2023, 15:47 WIB
INDEKS