3 Hal yang Dilakukan Siwi Widi dengan Uang Suap Termasuk Beli Gucci - Hits ZIGI.ID
Logo
Siwi Widi
hits
Siwi Widi
Photo: Instagram/@siwi__sidi
Siwi Widi

ZIGI – Mantan pramugari Siwi Widi Purwanti yang terlibat dalam skandal kasus pencucian uang kembali menjalani proses persidangan. Dia mengaku telah menerima uang sebanyak Rp647 juta dari putra mantan pegawai pajak Wawan Ridwan, M Farsha Kautsar.

Akan tetapi, uang ratusan juta tersebut telah dikembalikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Februari 2022 sebagai salah satu barang bukti. Siwi Widi kini membuat pengakuan terbaru bahwa uang tersebut pernah digunakan untuk berbagai macam hal.

Lantas, digunakan untuk apa saja uang Siwi Widi yang diperoleh dari Farsha Kautsar? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Profil dan Biodata Siwi Widi: Dari Pramugari Kini Kasus Pencucian Uang

1. Jalan-jalan ke Luar Negeri

Siwi Widi
Photo : Instagram @siwis_idi
Siwi Widi

Siwi Widi membenarkan bahwa uang ratusan juta tersebut sempat digunakannya untuk traveling ke luar negeri. Hal itu diungkapkannya dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap pajak, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan terdakwa Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.

2. Belanja Barang Branded

Mobil Siwi Widi
Photo : Instagram
Mobil Siwi Widi

Uang panas tersebut juga digunakan Siwi Widi untuk berbelanja barang-barang yang bermerek. Kepada jaksa, Siwi Widi menyebut salah satu barang branded yang pernah dibelinya adalah jaket merek Gucci. Namun, tidak diketahui pasti berapa uang yang dirogoh Siwi untuk membeli barang-brang mewah tersebut.

3. Perawatan ke Korea

Siwi Widi
Photo : Instagram/@siwi__sidi
Siwi Widi

Selain jalan-jalan ke luar negeri dan membeli barang-barang bermerek, Siwi Widi juga menggunakan uang dari Farsha Kautsar untuk melakukan perawatan kecantikan ke Korea Selatan. Mantan pramugari maskapai Garuda Indonesia ini sempat viral pada tahun 2020 karena diduga terlibat dalam skandal korupsi.

Tidak hanya soal skandal penggunaan uang yang disorot, perubahan wajah Siwi Widi dari masa ke masa juga menjadi perhatian netizen kala itu. Dia diduga telah melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilan.

Kronologi Siwi Widi Terseret Kasus Pencucian Uang

Siwi Widi
Photo : Instagram/@siwi__sidi
Siwi Widi

Terseretnya Siwi Widi dalam skandal pencucian yang berawal dari  kasus suap yang melibatkan mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Wawan Ridwan. Ia diduga mendapat uang suap hasil rekayasa nilai pajak PT Gunung Madu Plantations, PT Bank PAN Indonesia (Panin) Tbk, dan PT Jhonlin Baratama dengan total Rp1,03 M, 71.250 dollar Singapura dan uang setara Rp625 juta dalam bentuk dollar AS.

Wawan kemudian melakukan pencucian uang dengan mengalirkannya ke beberapa pihak salah satunya Siwi Widi. Eks pramugari ini menerima Rp647 juta dari M Farsha Kautsar yang merupakan anak Wawan Ridwan.

Atas dugaan pencucian uang tersebut, Wawan Ridwan didakwa telah melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Dikutip dari Antara, Farsha mentransfer uang ratusan juta kepada Siwi Widi sebanyak 21 kali. Hal itu dilakukannya sejak 8 April 2019 sampai 23 Juli 2019.

Menurut Siwi Widi, Farsha memberikan uang tersebut karena sedang berusaha mendekatinya. Siwi menambahkan, ia tidak tahu asal-usul uang yang diterima karena Farsha mengaku sebagai pengusaha. Di sisi lain, Farsha yang juga menjadi saksi menuturkan bahwa uang tersebut ditransfer karena diminta Siwi Widi.

"Waktu itu yang bersangkutan minta dibelikan sebuah barang dan saya membelikan barang itu. Saya mentransfer ke Widi saat itu," kata Farsha Kautsar.

Baca Juga: Raffi Ahmad Siapkan Tim Pengacara Terkait Penipuan Medina Zein

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Profil dan Biodata Siwi Widi: Dari Pramugari Kini Kasus Pencucian Uang

  • 27 Januari 2022, 13:16 WIB
Profil dan biodata Siwi Widi, pramugari dituding gundik pejabat Garuda Indonesia kini terlibat kasus korupsi pegawai pajak.

Profil dan Biodata Kim Ji Eun: Drama, Film, Mirip Ryujin ITZY

  • 22 Mei 2022, 08:00 WIB
Kim Ji Eun adalah aktris kelahiran 1993 yang sering disangka mirip dengan Rujin ITZY hingga Han So Hee.

Kronologi Gen Halilintar Harus Bayar Denda Lagu Syantik Rp300 Juta

  • 21 Mei 2022, 17:25 WIB
Gen Halilintar belum membayar pihak Nagaswara atas pelanggaran hak cipta lagu Syantik milik Siti Badriah.

Nonton Shooting Stars Episode 10 Sub Indo, Gong Tae Sung Difitnah

  • 21 Mei 2022, 15:50 WIB
Spoiler dan link nonton streaming Shooting Stars episode 10 sub Indo tayang Sabtu, 21 Mei 2022. Gong Tae Sung akan diterpa rumor.

Bukti Foto Lama Kim Garam Fans BTS Jadi Perdebatan

  • 21 Mei 2022, 14:49 WIB
Foto lawas Kim Garam LE SSERAFIM dengan stiker BTS di ponsel jadi kontroversi di kalangan netizen Korea.

Andhika Pratama Bantah Jadi Sugar Daddy Chika Chandrika

  • 21 Mei 2022, 13:43 WIB
Andhika Pratama akhirnya membantah sebagai sugar daddy dari Chika Chandrika seperti yang dituduhkan beberapa hari terakhir.
The Latest
Siti Badriah, Gen Halilintar

Kronologi Gen Halilintar Harus Bayar Denda Lagu Syantik Rp300 Juta

  • 21 Mei 2022, 17:25 WIB
Andhika Pratama

Andhika Pratama Bantah Jadi Sugar Daddy Chika Chandrika

  • 21 Mei 2022, 13:43 WIB
Masayu Clara dan Qausar Harta

6 Fakta Pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta, Mahar 100 Gram Emas

  • 21 Mei 2022, 12:23 WIB
Gofar Hilman

Gofar Hilman Jadi Penyiar Radio Prambors Gantikan Desta

  • 21 Mei 2022, 09:11 WIB
Kevin Aluwi

Profil dan Biodata Kevin Aluwi: Pendidikan, Agama, Kekayaan, CEO Gojek

  • 21 Mei 2022, 08:00 WIB
INDEKS