Logo
Ki Mantep Soedharsono
hits
5 Fakta Dalang Ki Manteb Sudarsono, Meninggal di Usia 72 Tahun
Photo: Twitter.com

ZIGI – Dalang legendaris Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia hari ini, Jumat, 2 Juli 2021. Kabar tersebut turut dibenarkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyampaikan ucapan bela sungkawa melalui akun media sosialnya.

"Ya Allah. Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... Satu lagi sosok panutan meninggalkan kita. Insyaallah husnul khatimah. Sugeng kondur, Ki Manteb Sudarsono. Sugeng pinanggih Guru Sejati," tulis Ganjar Pranowo dikutip dari akun Twitternya @ganjarpranowo, Jumat, 2 Juli 2021.

Ki Manteb Sudarsono merupakan dalang yang sudah terkenal baik di dalam maupun di luar negeri berbekal keterampilannya saat memainkan wayang. Dalam artikel ini, Zigi.id telah merangkum fakta-fakta menarik Ki Manteb Sudarsono yang meninggal dunia di usia 72 tahun. Langsung saja, yuk simak artikel ini sampai habis ya.

Ki Manteb Sudarsono Mendalang Sejak Usia 5 Tahun

Photo : Istimewa

Ki Manteb Sudarsono adalah tokoh yang lahir di Dusun Jatimalang, Kelurahan Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada tanggal 31 Agustus 1948. Berdasarkan buku berjudul Ki Manteb Soedharsono: Profil Dalang Inovatif yang diterbitkan Kemendikbud, orangtua dan kedua kakeknya ternyata juga seorang dalang kondang pada masanya.

Ayahnya yang bernama Ki Hardjo Brahim merupakan seniman tulen yang bekerja sebagai dalang, sedangkan ibunya adalah seorang penabuh gamelan. Ki Hardjo yang tidak punya pekerjaan lain kecuali mendalang, akhirnya mendidik Ki Manteb dengan keras agar bisa mengikuti jejaknya.

Disebutkan, Ki Hardjo sering mengajak Ki Manteb mengikuti pentasnya di berbagai kesempatan. Dibesarkan dan dididik dari keluarga yang menggeluti dunia perwayangan, tidak mengherankan jika Ki Manteb sudah bisa mendalang pada usia 5 tahun.

Inovatif Menciptakan Lakon

Photo : Twitter.com

Memiliki kemampuan mendalang sejak belia membuat Ki Manteb Sudarsono pada sekitar pertengahan tahun 1980-an mencapai puncak ketenarannya. Pencapaian itu disebabkan karena kepandaiannya dalam memainkan boneka wayang (sabetan).

Ki Manteb dikenal mampu menciptakan sanggit lakon yang berbeda dengan lakon-lakon konvensional pada umumnya. Soal urusan lakon, ia juga dikenal cukup inovatif karena mampu menuangkannya ke dalam garap pakeliran.

Inovasi-inovasi yang ia berikan terutama pada gending, lakon dan berani menampilkan bintang tamu sehingga pementasannya menjadi lebih segar. Dari sekian banyak lakon yang diciptakannya, yang paling terkenal adalah lakon Banjaran Bima. 

Terinspirasi dari Bruce Lee dan Jackie Chan

Photo : Caknun.com

Oleh para penggemarnya, Ki Manteb Sudarsono mendapat julukan Dalang Setan. Julukan ini disematkan kepadanya karena ciri khasnya dalam seni menggerakkan wayang yang dikenal dengan istilah sabet tidak ada duanya.

Untuk mendukung keindahan seni sabet wayangnya, Ki Manteb mengaku banyak terinspirasi dari film kung fu yang dibintangi Bruce Lee dan Jackie Chan yang memang menyuguhkan adegan-adegan gerakan tangan. Ki Manteb tidak hanya sekadar mahir dalam memainkan adegan bertarung saja, namun ia juga mampu memainkan adegan menari, gembira, sedih, mengantuk, dan masih banyak lagi.

Dapat Penghargaan Rekor MURI

Photo : Twitter.com/@ganjarpranowo

Semasa kariernya sebagai dalang, Ki Manteb Sudarsono telah menorehkan berbagai prestasi salah satunya berhasil memecahkan Rekor MURI tahun 2004 usai mendalang selama 24 jam 28 menit tanpa istirahat. Penghargaan lainnya yang disabet Ki Manteb antara lain menjadi juara Pakeliran Padat se-Surakarta (1982), Penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Soeharto (1995) hingga penghargaan Nikkei Asia Prize Award (2010).

Untuk penghargaan yang terakhir tersebut, Ki Manteb Soedharsono memperolehnya karena telah berkontribusi secara signifikan bagi kelestarian dan kemajuan kebudayaan Indonesia terutama wayang kulit.

Pelopor Perpaduan Musik Tradisional dan Modern

Photo : Twitter.com

Berkat keberaniannya dalam berinovasi, Ki Manteb dianggap sebagai sosok yang mempelopori perpaduan alat musik tradisional dan alat musik modern. Ki Manteb kerap membawa alat musik modern ke pementasannya seperti misalnya tambur, biola, terompet, ataupun simbal. 

Meskipun inovasinya itu mengundang banyak kritik dari para dalang senior, namun tidak sedikit pula yang mendukung Ki Manteb. Sampai pada akhirnya ia mampu menjawab berbagai kritikan dengan karyanya yang melegenda.

Biodata Ki Manteb Sudarsono

Photo : Twitter/@timlovers

Nama: Ki Manteb Soedharsono
Nama Lain: Ki Manteb Sudarsono
Tempat, Tanggal Lahir: Sukoharjo, 31 Agustus 1948
Meninggal: Karanganyar, 2 Juli 2021
Umur: 72 Tahun
Profesi: Dalang/Seniman
Agama: Islam

Itulah sejumlah fakta-fakta dan perjalanan hidup Ki Manteb Sudarsono yang menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat, 2 Juli 2021. Selamat jalan Ki Manteb.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Ki Manteb Sudarsono

Transformasi Ki Manteb Sudarsono dalam Iklan 'Oskadon Pancen Oye'

  • 02 Juli 2021, 20:26 WIB
Jargon 'Oskadon Pancen Oye' yang dikenalkan di iklan Oskadon membuat orang mengenal Ki Manteb Sudarsono sebagai Dalang Oye.
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Profil dan biodata lengkap Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis yang dijuluki The Minions dengan Marcus Gideon.
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Fakta, profil, agama Axel Matthew Thomas. Pemeran Lionel di web series Antares pernah terseret kasus narkoba.
Hospital Playlist 2

Link Nonton Hospital Playlist 2 Episode Spesial 29 Juli 2021

  • 29 Juli 2021, 18:26 WIB
Hospital Playlist 2 episode 7 tidak tayang minggu ini, digantikan episode spesial. Ada pula konten pemain di YouTube Na Young Suk.
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Profil, biodata, agama Vanesha Prescilla, sering dikira keturunan bule padahal asli Indonesia. Siapa pacarnya sekarang?
ENHYPEN

Lirik Lagu Hey Tayo - ENHYPEN dan Terjemahan, OST Little Bus Tayo

  • 29 Juli 2021, 17:57 WIB
Lirik lagu Hey Tayo - ENHYPEN dalam romanization hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. OST kartun Little Bus Tayo versi remake.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS