6 Artis Divonis Hukuman Penjara Terberat karena Narkoba - Hits ZIGI.ID
Logo
Artis Narkoba
hits
Artis Narkoba
Photo: Berbagai Sumber
Artis Narkoba

ZIGI – Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie baru-baru ini ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Lantas keduanya masuk dalam daftar panjang artis Tanah Air yang pernah mengkonsumsi obat-obat terlarang terlarang menyusul Roro Fitria hingga Steve Emmanuel.

Selama ini, perbedaan antara kasus narkoba selebriti berhubungan dengan hukuman yang mereka terima. Ada yang hanya direhabilitasi, divonis hukuman penjara beberapa bulan saja atau harus membayar denda. 

Namun beberapa di antara mereka ada yang dijatuhi hukuman berat dengan dijebloskan ke dalam penjara selama bertahun-tahun lamanya. Siapa saja mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini. 

Roro Fitria

image
Photo : @roro.fitria1989/Instagram

Pada 2018, Roro Fitria ditangkap polisi usai kepergok memesan 2,4 gram sabu dari seorang kurir bernama Wawan. Akhirnya dia divonis hukuman penjara selama dua tahun dengan mendekam di rutan Pondok Bambu.

Roro Fitria mendapatkan Pembebasan Bersyarat sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Meski sudah bebas sejak awal 2020, Roro tetap harus menjalani wajib lapor di bawah pengawasan Balai Pemasyarakatan hingga Agustus 2020. Ia tidak harus datang ke Bapas, tapi bisa melalui video call. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Steve Emmanuel

image
Photo : @kerenina_sunny/Instagram

Kasus narkotika yang menjerat Steve Emmanuel bermula dari penangkapannya di lobi Kondominium Kintamani, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 21 Desember 2018. 

Saat menangkap Steve, polisi mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis kokain seberat 92,04 gram. Namun, berdasarkan fakta-fakta di persidangan, ia tidak terbukti mengedarkan kokain.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat akhirnya menjatuhkan vonis 9 tahun penjara kepada Steve Emmanuel dalam kasus kepemilikan kokain. Putusan itu dibacakan dalam sidang yang digelar pada 16 Juli 2019 silam.

Aris Idol

image
Photo : @aris_idol/Instagram

Januarisman alias Aris Idol diamankan Sat Resnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok pada 15 Januari 2019. Saat itu, ia kepergok pesta sabu di sebuah apartemen di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, bersama keempat rekannya.  

Barang bukti yang diamankan polisi berupa satu bungkus plastik bening berisi sabu 0,23 gram serta satu unit bong. Tak hanya tengah menggunakan sabu, Aris Idol dan teman-temannya juga kedapatan sedang pesta miras. Ia lalu divonis pidana penjara dua tahun tujuh bulan pada 27 Agustus 2019.  

Zul Zivilia

image
Photo : @zulzivilia81/Instagram

Vokalis grup musik Zivilia, Zulkifli alias Zul, ditangkap pada 1 Maret 2019 di apartemen di kawasan Jakarta Utara dengan barang bukti sabu-sabu dan ekstasi. Jumlahnya tak main-main, yakni 9,54 kilogram sabu dan 24 ribu butir ekstasi. Ia diduga bukan hanya mengonsumsi, melainkan juga mengedarkan narkoba.  

Sempat ditunda berkali-kali, sidang putusan akhirnya digelar pada 18 Desember 2019. Zul Zivilia divonis hukuman penjara 18 tahun dan denda Rp1 miliar atau pidana satu tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. 

Ibra Azhari

image
Photo : Istimewa

Ibra Azhari sudah terjerat kasus narkoba sebanyak empat kali. Terbaru, dia kembali ditangkap di kediamannya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan pada 22 Desember 2019. Adik Ayu Azhari tersebut kedapatan memiliki barang bukti berupa sabu dan heroin. 

Oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ibra Azhari divonis 15 tahun penjara. Sebab ia tak hanya mengkonsumsi narkoba tapi juga menjadi pengedar. Di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, barang bukti mencakup 0,5 kokain, 230 butir pil ekstasi dan 16,7 gram sabu-sabu.

Revaldo

image
Photo : @revaldo.f.s.p/Instagram

Revaldo sudah dua kali merasakan hidup di balik jeruji besi penjara. Pemain serial Ada Apa Dengan Cinta ini pertama kali ditangkap karena kasus narkoba pada 20 April 2020. Kala itu, dia terciduk dengan barang bukti berupa sabu seberat 1 gram, satu linting ganja dan lima butir pil ekstasi. Revaldo pun dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan denda sebesar Rp1 juta rupiah subsider satu bulan kurungan. 

Hal itu nyatanya tidak membuatnya kapok. Meski pernah berjanji untuk menjauhkan diri dari narkoba, Revaldo kembali terjerat kasus serupa pada 20 Juli 2010 di kawasan Jakarta Barat dengan barang bukti sabu seberat 62 gram dan satu paket ganja. Revaldo divonis 7 tahun penjara.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended

Kronologi Perhiasan Roro Fitria Dicuri ART, Kerugian Capai Rp 300 Juta

  • 26 Mei 2023, 09:01 WIB
Roro Fitria melaporkan dugaan pencurian diduga dilakukan oleh pembantunya, kerugian berupa emas senilai Rp 300 juta.

Aktor Revaldo Direhabilitasi, Proses Hukum Kasus Narkoba Tetap Jalan

  • 17 Januari 2023, 11:24 WIB
Aktor Revaldo akan jalani rehabilitasi selama 12 bulan di BNN Lido, sempat minta maaf dan aku pecandu.

Profil dan Biodata Revaldo: Agama, Umur, Istri, Film, Kasus Narkoba

  • 12 Januari 2023, 16:20 WIB
Profil dan biodata Revaldo, aktor yang ditangkap polisi untuk ketiga kalinya karena kasus penggunaan narkoba.

Kronologi Revaldo Ditangkap Atas Kasus Narkoba yang Ketiga Kali

  • 12 Januari 2023, 14:36 WIB
Revaldo kembali ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkoba, tiga kali ditangkap dan terakhir bebas pada tahun 2015 lalu.

Idol Korea Inisial L Diisukan Terlibat Skandal Narkoba, dari Big Label

  • 17 Oktober 2022, 13:15 WIB
Idol Korea pria berinisial L diduga terlibat penggunaan narkoba, skandal disebut akan dibongkar pacarnya sendiri.

Profil dan Biodata Roro Fitria: Umur, Suami, Karier, Kekayaan, Cerai

  • 15 September 2022, 17:51 WIB
Profil dan biodata lengkap Roro Fitria, kini gugat cerai Andre Irawan meski baru dikaruniai anak pertama pada Agustus 2022.
The Latest
Natalie Portman dan Benjamin Millepied

3 Fakta Suami Natalie Portman Selingkuh, Bersikukuh Tak Akan Cerai

  • 05 Juni 2023, 12:37 WIB
Young Lex, Eriska Nakesya, Zaenab Alexander

Kronologi Hidung Anak Young Lex Kemasukan Sepatu Barbie, Dibawa ke IGD

  • 05 Juni 2023, 12:07 WIB
Fiersa Besari

Kronologi Fiersa Besari Kecelakaan, Mobil Nyaris Masuk Jurang

  • 05 Juni 2023, 11:19 WIB
Mahalini Raharja

Reaksi Mahalini Usai Lagunya Dituding Singgung Soal Pindah Agama

  • 05 Juni 2023, 10:43 WIB
Noor Alfallah

Profil dan Biodata Noor Alfallah, Pacar Al Pacino 54 Tahun Lebih Muda

  • 04 Juni 2023, 08:00 WIB
INDEKS