7 Artis Tolak Tren Ikoy Ikoy, Audi Marissa Hingga Nana Mirdad - Hits ZIGI.ID
Logo
Audi marissa, nana mirdad
hits
Audi marissa, nana mirdad
Photo: Instagram
Audi marissa, nana mirdad

ZIGI – Tren ikoy ikoy yang diperkenalkan oleh YouTuber Arief Muhammad semakin populer. Warganet mulai membanjiri kolom komentar Instagram para selebriti agar ikut ikoy-ikoyan. Namun, beberapa dari mereka menolaknya termasuk Ernest Prakasa, Nana Mirdad hingga Audi Marissa.

Sebagai informasi, kata ikoy diambil dari nama panggilan salah satu staf Arief yakni Muhammad Rizqi Fadhilah. Ketika suami Tiara Pangestika ini ingin memberikan uang pada warganet, dia akan menyuruh stafnya tersebut seperti ‘Koy transferin uang ke akun...,’.

Tren ikoy-ikoy adalah aksi giveaway yang dimana warganet bebas meminta apapun sesuai kebutuhan mereka. Jika beruntung, mereka akan dikirimkan uang atau barang oleh si selebgram atau artis yang ikut tren ini.

Namun, tren tersebut menuai pro dan kontra. Banyak selebriti Tanah Air yang protes karena merasa tak nyaman saat diminta-mintai oleh warganet. Penasaran siapa saja artis yang menolak tren ikoy- ikoyan? Yuk simak artikelnya!

1. Nikita Mirzani

image
Photo : berbagai sumber

Nikita Mirzani turut berkomentar atas tren ikoy-ikoyan. Menurut Nikita Mirzani, tren ikoy-ikoy menjadikan masyarakat memiliki mental pengemis. Pasalnya, warganet juga sering berkomentar di Instagram Nikita Mirzani untuk meminta barang yang mereka inginkan.

“Siapa sih yang bikin awal ikoy-ikoyan ini. Bikin mental netizen makin kaya gembel suka minta-minta. Pengemis," tulis akun Instagram @nikitamirzanimawardi_172

2. Chelsea Olivia

image
Photo : berbagai sumber

Chelsea Olivia menolak tren ikoy-ikoyan yang diciptakan oleh Arief Muhammad. Chelsea menanggapi bahwa tren ini adalah tren yang memalukan karena mengajarkan pengikutnya untuk jadi peminta-minta. Chelsea mengatakan bahwa seharusnya yang dijadikan tren adalah hal yang baik bukan seperti ‘Ikoy-ikoy’.

"Saya enggak akan mengikuti tren ikoy-ikoyan. Saya tidak mau mengajarkan untuk followers saya menjadi orang minta-minta yah (pengemis),” tulis Chelsea di Instagram, pada 2 Agustus 2021. 

3. Audi Marissa

image
Photo : instagram/audimarissa

Audi Marissa memilih untuk tidak mengikuti tren kekinian ini. Menurut Audi Marissa, berbagi itu tidak perlu berkoar-koar cukup dengan dirinya dan Tuhan yang tahu. Ia juga memaparkan tentang perbandingan orang yang masih bisa memiliki kuota dengan orang yang kesulitan makan. 

"Sorry to say. Kalau kalian yang masih bisa punya kuota terus bilangnya susah lagi PPKM gini, apa kabar orang-orang yang emang bener-bener susah sebelum PPKM. Susat buat makan, enggak punya tempat tinggal. Ini pendapatku ya," kata Audi, dalam unggahan Instagram Story pada 2 Agustus 2021.

4. Lutfi Agizal

image
Photo : berbagai sumber

Lutfi Agizal turut memberikan pendapat tentang tren ikoy-ikoyan yang diciptakan oleh Arief Muhammad. Ia menyebutkan bahwa fenomena ini bisa merusak mental orang Indonesia dengan memberikan alasan cerita pilu yang dibagikan di media sosial. 

"Katanya sih berbagi rezeki, tapi disuruh DM untuk ceritain keadaannya. Gimana Indonesia gak krisis mental? Kalau caranya begini," ungkap Lutfi. 

Ia juga mengatakan bahwa petugas Satpol PP berusaha untuk mengurangi pengemis di jalanan, namun para publik figur justru mengajarkan masyarakat untuk meminta-minta. 

"Saat Satpol PP berusaha mati-matian menertibkan pengemis dan gelandangan di jalanan. Eh di sosmed pada diajarkan tren atau viral ngemis-ngemis," kata Lutfi Agizal, melalui unggahan Instagram Story.

5. Nana Mirdad

image
Photo : Instagram/nanamirdad

Nana Mirdad menolak tegas dengan tren ikoy-ikoyan dengan alasan bisa memperburuk mental bangsa Indonesia di kemudian hari. Nana lebih memilih untuk terus mendorong penggemar agar memiliki sikap berusaha tanpa mengharapkan banyak bantuan gratis dari orang yang tidak dikenal.

"Teman-temanku semua, DM yang masuk setiap hari ratusan minta ini itu dan jujur aja bikin aku khawatir. Maaf kalau aku mengecewakan ngga ikut main ikoy-ikoyan. Tapi setiap orang punya cara untuk memberi," ungkap Nana Mirdad. 

Istri Andrew White ini menegaskan bahwa dirinya tidak anti dengan tren berbagi rezeki kepada masyarakat sekitar. Namun, ia enggan ketika seseorang malah meminta tanpa berusaha terlebih dahulu.

"Jadi apakah aku anti dengan kegiatan beri memberi? Of course nggak! Aku masih percaya giveaway sekali-sekali itu seruuu dan menyenangkan. Tapi aku percaya memberi yang pada tempatnya, yang nggak malah membuat orang jadi males dan gampang meminta," tulis Nana.

6. Patricia Gouw

image
Photo : berbagai sumber

Patricia Gouw meminta pengikutnya untuk berhenti mengajak tren ikoy-ikoyan kepada dirinya. Ia tidak ingin bahwa pengikutnya memiliki mental pengemis. Dengan tren tersebut, wanita yang akrab disapa Patgouw ini akan memberikan giveaway disuatu hari nanti. Menurut Patricia, berbagi itu tidak perlu diumbar ke publik dengan cara mengunggah di media sosial.

"Guys seriously please stop minta Ikoy-ikoyan sama eikeu. Gua gamau followers gua jadi mental 'Minta'. I do giveaway sometimes," kata Patricia Gouw, dikutip dari unggahan Instagram Story pada 3 Juli 2021. 

7. Ernest Prakasa

image
Photo : Instagram/ernestprakasa

Ernest Prakasa turut mengungkapkan pendapat tentang tren ikoy-ikoyan. Menurut Ernest, Arief Muhammad tidak salah membuat tren tersebut karena lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan mudaratnya. 

"Menurut gua cara orang bersedekah atau orang berbagi itu berbeda-beda. Gue ngga bilang kalau cara Arief itu salah. It’s oke itu caranya dia," kata Ernest, yang dikutip dari unggahan video di Instagram pada 4 Agustus 2021. 

Ernest pribadi lebih memilih untuk bersedekah dengan cara tersembunyi, agar banyak orang tidak mengetahuinya. Ia memberikan pesan kepada seluruh teman-teman publik figure. 

"Buat temen-temen publik figure yang dibanjiri ikoy-ikoyan sabar aja ya. Sekarang kita berada di era yang berat buat semua orang," ungkap suami Meira Anastasia ini.

Itulah deretan artis yang menolak tren ikoy-ikoy yang digagas oleh Arief Muhammad. Tren ini mulai ramai sejak Minggu, 1 Agustus 2021 dan masih berlanjut hingga saat ini. Meski mereka telah menolak, masih ada saja warganet yang meminta agar Audi Marissa, Nana Mirdad hingga Nikita Mirzani untuk melakukan tren ini.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended

10 Artis Indonesia Jajal Jadi Sutradara, Terbaru Atta Halilintar

  • 18 November 2022, 08:00 WIB
Sederet artis Indonesia pernah menjadi sutradara film, ada Umay Shahab, Derby Romero dan terbaru Atta Halilintar lewat Ashiap Man.

Arief Muhammad Ikut Trending Usai Viralnya Kasus Esteh Indonesia

  • 26 September 2022, 15:52 WIB
Reaksi Arief Muhammad namanya ikut trending setelah viralnya Esteh Indonesia yang somasi pelanggan karena dinilai menghina.

Ernest Prakasa Ancam Ungkap Identitas Sutradara yang Diduga Aniaya Kru

  • 01 September 2022, 10:20 WIB
Ernest Prakasa akan sebut nama sutradara yang diduga aniaya kru wanita, pihak Paragon Pictures turut buka suara.

Stand Up Indonesia Minta Pendaftaran Merek Open Mic Dibatalkan

  • 25 Agustus 2022, 16:16 WIB
Komika Indonesia kunjungi PN Jakarta Pusat untuk melayangkan gugatan pembatalan merek Open Mic, Mo Sidik pernah disomasi Rp 1 M.

Nana Mirdad Klarifikasi Soal Isu Adopsi Anak Laki-laki

  • 22 Agustus 2022, 14:41 WIB
Bagikan video liburan bareng keluarga di Bali, Nana Mirdad buka suara soal isu adopsi anak laki-laki.

Arief Muhammad hingga Ernest Bantu Staf Alfamart yang Diancam UU ITE

  • 15 Agustus 2022, 14:42 WIB
Arief Muhammad, Ernest Prakasa hingga Bintang Emon ikut turun tangan soal pegawai Alfamart yang dituntut UU ITE oleh konsumen.
The Latest
Denira Wiraguna

Profil dan Biodata Denira Wiraguna: Agama, Umur, Pacar, Film, Akun IG

  • 26 November 2022, 15:00 WIB
Pablo Gavi

Profil dan Biodata Pablo Gavi: Agama, Umur, Karier, Pacar, Akun IG

  • 26 November 2022, 08:00 WIB
Kris Wu

3 Fakta Kris Wu Divonis 13 Tahun Penjara atas Kasus Pemerkosaan

  • 25 November 2022, 19:38 WIB
Wendy Walters dan Reza Arap

4 Fakta Mediasi Reza Arap dan Wendy Walters, Singgung Orang Ketiga

  • 25 November 2022, 17:49 WIB
Son Heung Min

Profil dan Biodata Son Heung Min: Umur, Pacar, Karier Sepak Bola, IG

  • 25 November 2022, 15:47 WIB
INDEKS