Logo
Doja Cat
hits
7 Fakta Doja Cat, Ternyata Nama Aslinya Amala Ratna
Photo: Billboard

ZIGI – Doja Cat semakin populer berkat lagu-lagunya yang selalu viral di kalangan masyarakat mulai dari Rules (2019), Streets (2019), Say So (2020), Need To Know (2021) hingga Kiss Me More (2021). Lantas kehidupan sang pemilik nama asli Amala Ratna Zandile Dlamini ini menarik untuk dikulik. 

Resmi debut di industri musik sejak 2014, Doja Cat telah meraup kesuksesan luar biasa. Terlebih lagi, karya-karyanya selalu berhasil memuncaki berbagai chart musik. Ada sederet fakta menarik tentang Doja Cat yang patut kamu ketahui. Penasaran? Baca artikel selengkapnya di bawah ini yuk!

Keluarga Doja Cat Terpecah Belah

Photo : Twitter.com

Doja Cat sendiri bukanlah nama aslinya. Dia lahir dengan nama Amala Ratna Zandile Dlamini pada 21 Oktober 1995 di Los Angeles, Amerika Serikat. Doja Cat sendiri memiliki seorang ayah keturunan Afrika Selatan, Dumisani Dlamini, dan ibu berdarah Yahudi-Amerika bernama Deborah Elizabeth Sawyer.

Ayah kandung Doja Cat yakni Dumisani Dlamini adalah sosok terkenal. Dia kini berprofesi sebagai aktor, komposer dan produser film di Afrika Selatan. Sedangkan ibunya adalah seorang seniman. Namun diketahui bahwa Doja Cat tidak diurus oleh ayahnya dan dibesarkan oleh ibunya seorang diri (single mother).

Dalam sebuah wawancara, Doja Cat menyebutkan bahwa dia belum pernah berkomunikasi langsung dengan ayahnya.

"Aku belum pernah (bertemu dengannya), dan dia ada di Instagram. Dia penari yang luar biasa dan aktor hebat, tapi ya aku tidak terlalu mengenalnya,” ungkap Doja Cat tahun 2019 silam. 

Doja Cat ternyata juga memiliki saudara kandung, tetapi mereka semua hidup di kota terpisah-pisah. 

"Selalu menyenangkan memiliki kedua orang tua dalam hidupmu dan semua saudara lelaki dan perempuanmu dan semua orang saling mencintai. Tapi kadang-kadang tidak seperti itu,” ucapnya. 

Awal Mula Karier Doja Cat Tahun 2014

Photo : Spotify

Sejak dahulu, Doja Cat sudah tertarik di dunia tarik suara. Dia memutuskan untuk berhenti sekolah demi mengejar karier sebagai penyanyi. Saat masih muda, Doja Cat sering membuat demo lagu menggunakan GarageBand dan dirilis di akun SoundCloud pribadinya.

Doja Cat resmi debut dengan merilis lagu pertamanya bertajuk So High pada 2014. Lagu tersebut dideskripsikan sebagai genre R&B dengan nuansa ketimuran. Sebelum itu, dia pernah muncul di salah satu episode serial Empire Season 1. Tahun 2017, Doja Cat perdana melakukan kolaborasi dengan L8LOOMER lewat lagu Right Side.

Sosok Doja Cat akhirnya viral berkat lagu Mooo! dan Juicy yang dirilis tahun 2018. Dari sinilah, popularitas sang penyanyi mulai melejit. Kemudian, dia meluncurkan album perdana bertajuk Amala juga di tahun yang sama. 

Viral Lagu Say So Milik Doja Cat

Photo : @dojacat/Instagram

Pada 2019, Doja Cat merilis album keduanya bertajuk Hot Pink. Namanya semakin dikenal publik usai lagunya berjudul Say So viral di media sosial. Tidak hanya itu, lagu ini juga sukses merajah platform Tik Tok, hingga populer dengan koreografinya.

Tak hanya itu, ada juga lagu Candy dan Boss Bitch yang tidak kalah sukses seperti lagu Say So. Hingga kini, Doja Cat menjadi salah satu penyanyi yang sangat diidolakan oleh berbagai kalangan.

Lagu Say So sendiri berhasil membawa Doja Cat mendapat tiga nominasi Grammy Awards 2020 kategori Artis Pendatang Baru, Record of the Year (Say So) serta Penampilan Pop Solo Terbaik (Say So). Namun sayang, wanita kelahiran 1995 ini belum berhasil membawa pulang trofi kemenangan.

Saking viralnya, lagu Say So yang termasuk dalam album Hot Pink ini, berhasil memuncaki chart Billboard Hot 100 selama berminggu-minggu. 

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended
Alex Landi

7 Fakta Alex Landi, Model MV Kiss Me More Keturunan Korea-Italia

  • 20 Juli 2021, 15:31 WIB
Fakta, profil, biodata Alex Landi model video klip lagu Kiss Me More - Doja Cat keturunan Korea-Italia. Bintangi Grey's Anatomy.
Doja Cat feat SZA

4 Fakta Lagu Kiss Me More - Doja Cat ft SZA, Lirik dan Terjemahan

  • 20 Juli 2021, 06:06 WIB
Lirik lagu Kiss Me More - Doja Cat (ft. SZA) lengkap terjemahan bahasa Indonesia dan fakta menarik. Dirilis 8 April 2021.
Doja cat need to know

Fakta dan Lirik Lagu I Need to Know - Doja Cat, Viral di TikTok

  • 19 Juli 2021, 19:05 WIB
Lagu baru Doja Cat berjudul I Need to Know viral di TikTok, ini fakta-faktanya lengkap dengan lirik lagu.
Saweetie - Doja Cat

Arti Lirik Lagu Best Friend - Saweetie feat. Doja Cat dan Terjemahan

  • 17 Juli 2021, 11:21 WIB
Berikut ini arti lirik lagu Best Friend - Saweetie feat. Doja Cat lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia.
Justin Bieber & Ariana Grande

Daftar 42 Lagu Dilarang KPI Diputar di Radio Sebelum 22.00 WIB

  • 13 Juli 2021, 15:30 WIB
KPI melarang 42 lagu Barat diputar di radio sebelum pukul 22.00 WIB. Ada lagu Justin Bieber, Doja Cats hingga Ariana Grande.
Taeyeon dan Doja Cat

Kritikus Musik Tuding Lagu Weekend - Taeyeon SNSD Jiplak Doja Cat

  • 12 Juli 2021, 09:41 WIB
Kritikus musik Korea menuding lagu Weekend - Taeyeon SNSD punya kesamaan dengan lagu Say So dan Kiss Me More - Doja Cat.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS