Aktor Riverdale, Ryan Grantham Dipenjara Seumur Hidup Usai Tembak Ibu - Hits ZIGI.ID
Logo
Ryan Grantham
hits
Ryan Grantham
Photo: Instagram @celebrities.zoom
Ryan Grantham

ZIGI – Ryan Grantham menembak ibu kandungnya, Barbara Waite, pada 31 Maret 2020. Sang ibu dibunuh anaknya sendiri ketika tengah bermain piano, tepat di kepala bagian belakang. Pemain serial Riverdale (2017) ini lantas menjalani persidangan pada Juni 2022. 

Terbaru, Mahkamah Agung menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Ryan Grantham. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: 7 Fakta Tentang Ryan Grantham, Aktor yang Bunuh Ibu Kandungnya

Ryan Grantham Dihukum Penjara Seumur Hidup

Ryan Grantham
Photo : Independent
Ryan Grantham

Melansir dari Entertainment Weekly pada Jumat, 23 September 2022, aktor film The Diary of a Wimpy Kid ini dijatuhi hukuman oleh Mahkamah Agung British Columbia di Vancouver, Kanada pada Selasa, 20 September 2022. Pengadilan menekankan bahwa Ryan Grantham juga tidak memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat selama 14 tahun ke depan.

Kasus Ryan Grantham masuk dalam pembunuhan tingkat dua yang otomatis akan dijatuhi hukuman seumur hidup. Kini media dan juga publik tengah menunggu kapan Ryan akan diperbolehkan untuk mengajukan pembebasan bersyarat. 

Kathleen Ker, hakim dalam kasus Ryan Grantham melaporkan bahwa keputusan sang aktor berusia 24 tahun untuk menyerahkan diri adalah ‘anugerah yang menyelamatkan’. Hakim juga mencatat dampak dari pembunuhan Ryan kepada sang ibu kandung terhadap saudara-sudaranya sendiri.

Pengadilan Putar Video Saat Ryan Grantham Membunuh sang Ibu

Ryan Grantham
Photo : US Magazine
Ryan Grantham

Pengadilan memutar video dari GoPro yang diambil Ryan Grantham sesaat setelah pembunuhan. Dari video singkat tersebut, sang aktor mengakui melakukan penembakan tersebut sembari menunjukan tubuh ibunya yang tergeletak.

Keesokan harinya, ia menutup tubuh Barbara Waite dengan selembar kain, mengatur lilin agar menyala di sekitarnya, lantas menggantung rosario dari piano sebelum akhirnya mengemudi dengan mobil. Kendaraan tersebut sudah diisi oleh Ryan dengan senjata api, amunisi, dan bom molotov.

Ryan kemudian berkendara menuju Ottawa dengan tujuan untuk membunuh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Ia berkendara ke arah Hope, British Columbia. Namun tiba-tiba ia berbalik dengan rencana baru untuk melakukan penembakan massal di Universitas Simon Fraser tempat ia berkuliah. Jika tidak berhasil, Ryan Grantham akan melakukan penembakan di Lions Gate.

Menurut hakim, Ryan mengalami masa naik turun menjelang pembunuhan sang ibu. Ia menghabiskan waktu dengan mengonsumsi rokok ganja, menonton video kekerasan di dark web, hingga muncul perasaan terisolasi hingga kesepian yang mendorong keinginan membunuh dan bunuh diri.

Pengadilan telah menyediakan bimbingan kesehatan mental selama di penjara. Menurut psikiater penjara, Ryan menunjukan perilaku positif dan menunjukan kemajuan. Hakim Kathleen juga menekankan bahwa Ryan Gratham menunjukan penyesalan yang sesungguhnya setelah melakukan pembunuhan.

Pada Juni 2022, Ryan Grantham mengakui sang ibu, Barbara Waite adalah sosok yang peduli dan penuh kasih sayang sehingga tidak pantas dibunuh. Ryan pun meminta maaf untuk orang-orang yang telah disakiti dalam kasus ini.

Baca juga: 5 Fakta Kasus Ryan Grantham, Aktor Riverdale Bunuh Ibu Kandung

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

7 Fakta Tentang Ryan Grantham, Aktor yang Bunuh Ibu Kandungnya

  • 17 Juni 2022, 16:02 WIB
Ryan Grantham mengakui perbuatannya telah membunuh ibu kandung, dia memulai karier aktor sejak usia 9 tahun.

5 Fakta Kasus Ryan Grantham, Aktor Riverdale Bunuh Ibu Kandung

  • 17 Juni 2022, 14:21 WIB
Ryan Grantham mengaku telah membunuh ibu kandungnya sendiri dengan menembak kepala. Terancam hukuman penjara seumur hidup.

Nonton The Golden Spoon Episode 5 Sub Indo, Seung Cheon Pembunuh?

  • 07 Oktober 2022, 19:16 WIB
Spoiler dan link nonton The Golden Spoon episode 5 sub Indo tayang 7 Oktober 2022, Seung Cheon (Yook Sung Jae) didakwa pembunuh.

3 Jam Diperiksa Polisi, Baim Wong Ungkap Alasan Buat Konten Prank KDRT

  • 07 Oktober 2022, 18:49 WIB
Usai jalani pemeriksaan dengan Paula Verhoeven, Baim Wong mengaku buat konten prank KDRT untuk lihat reaksi polisi.

Curhat sama Fuji, BTR Meyden Bahas Penghasilan dari Live TikTok

  • 07 Oktober 2022, 17:52 WIB
Curhat bareng Fuji Utami, BTR Meyden bahas soal penghasilan dari jualan di live TikTok hingga mengaku banyak yang hujat.

Spotify Hentikan 11 Podcast Orisinal, Karyawan Terancam di PHK

  • 07 Oktober 2022, 16:51 WIB
Spotify berencana akan menghentikan sebelas program podcast orisinalnya, berdampak PHK sekitar 5 persen karyawan di divisi ini.
The Latest
Baim Wong dan Paula Verhoeven

3 Jam Diperiksa Polisi, Baim Wong Ungkap Alasan Buat Konten Prank KDRT

  • 07 Oktober 2022, 18:49 WIB
BTR Meyden

Curhat sama Fuji, BTR Meyden Bahas Penghasilan dari Live TikTok

  • 07 Oktober 2022, 17:52 WIB
Ayu Ting Ting dan Sahrul Gunawan

Niat PDKT, Sahrul Gunawan Bongkar Chat Saat Ditolak Ayu Ting Ting

  • 07 Oktober 2022, 15:44 WIB
Rizky Billar

Penghargaan Rizky Billar di Infotainment Awards 2022 Ditangguhkan

  • 07 Oktober 2022, 14:55 WIB
Johan Tjasmadi

Sosok Johan Tjasmadi, Tokoh Bioskop Indonesia Meninggal Dunia

  • 07 Oktober 2022, 13:45 WIB
INDEKS