Alasan Choky Sitohang Enggan Kembalikan Uang dari DNA Pro - Hits ZIGI.ID
Logo
Choky Sitohang
hits
Choky Sitohang
Photo: @sitohangchoky/Instagram
Choky Sitohang

ZIGI – Choky Sitohang menjadi salah satu saksi dari kalangan selebriti Tanah Air yang terseret kasus investasi bodong berkedok trading DNA Pro. Presenter berdarah Batak ini telah diminta Bareskrim Polri untuk memberikan kesaksisan pada akhir April 2022.

Berbeda dengan Rossa maupun artis lain yang bersedia mengembalikan uang yang didapatkan dari DNA pro, Choky Sitohang justru tegas menolak mengembalikan uang tersebut. Lantas kenapa Choky Sitohang menolak mengembalikan uang pemberian dari DNA Pro? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Billy Syahputra Diperiksa Polisi karena Jual Mobil ke Petinggi DNA Pro

Choky Sitohang Tolak Kembalikan Uang DNA Pro

Choky Sitohang
Photo : Toba TV/YouTube
Choky Sitohang

Presenter kenamaan Choky Sitohang menjadi saksi untuk kasus robot trading DNA Pro pada April 2022. Menurut keterangan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko, presenter kondang ini sempat mengajukan jadwal ulang untuk pemeriksaan.

Setelah namanya muncul sebagai salah satu selebriti Indonesia yang terserat kasus DNA Pro, Choky Sitohang baru-baru ini memberikan keterangan mengenai uangnya yang diterima. Dia menjelaskan bahwa dirinya bekerja sebagai tim pengajar sebagaimana prosedur perusahaan yang diatur hukum.

“Tapi secara logis, saya kerja profesional. Kerja sama antar perusahaan mereka dengan saya, pajak sudah timbul. Kami pengajar sudah diberikan harga,” ujar Choky Sitohang dikutip dari YouTuber Toba TV pada Kamis, 12 Mei 2022.

Menurut Choky, pihaknya tidak bisa mengembalikan uang tersebut dengan begitu saja karena sudah dibagi untuk berbagai keperluan termasuk membayar pajak..

“Uang sudah kami pakai, sudah kami bayarkan pajak negara, operasional di kantor sudah keluar, pembagian saham investasi di perusahaan sudah saya lakukan. Terus yang dikembalikan apa?” imbuhnya.

Dengan bukti-bukti tersebut, Choky menegaskan bahkan dirinya menolak untuk mengembalikan uang itu karena hasil jerih payahnya sebagai pengajar di DNA Pro.

“Kalau ada rekan-rekan saya yang lain mengembalikan karena alasan moril, itu urusan pribadi mereka karena mungkin saja mereka menerimanya secara suka rela tanpa adanya legalitas yang jelas seperti saya yang punya legalitas,” ujar suami Melissa Aryani ini.

Sementara itu, Choky Sitohang belum mendapatkan kembali panggilan dari Bareskrim Polri untuk memberikan kesaksian. Pasalnya pada tanggal 24 April, Choky diinformasikan oleh pihak polisi untuk menunda memberikan saksi hingga batas yang tidak ditentukan.

Korban Baru DNA Pro Akademi Rugi Hingga Rp50 Miliar

Bos DNA Pro Daniel Abe
Photo : @thisisdanielabe/Instagram
Bos DNA Pro Daniel Abe

Pengacara dari Warda Larosa & Partners Law Firm, Holanda Yurist Tobing mengatakan jumlah korban DNA Pro Akademi batch tiga bertambah lebih dari 100 orang. Holanda menyebutkan bahwa total kerugian dari korban mencapai Rp50 miliar.

“Di batch tiga ini sudah ada 100-an (korban). Terkini, total korban 280 orang, total kerugian Rp50 miliar,” ujar Holanda Yurist Tobing.

Holanda mengatakan untuk pemberkasan yang diminta polisi, pihaknya perlu mengumpulkan terlebih dahulu formulir dari masing-masing korban batch satu hingga tiga.

“Mungkin untuk menyamaratakan formatnya, karena beda paguyuban, beda-beda pemberkasannya,” imbuhnya.

Holanda mengungkapkan hingga saat ini belum ada perkembangan dari pihak Bareskrim Polri. Pihaknya sementara hanya fokus untuk penanganan hukum DNA Pro Akademi yang sudah ada yakni batch pertama hingga ketiga.

Menurut Holanda, kasus yang dialami oleh korban robot trading DNA Pro Akademi sama yakni tidak dapat menarik uang dari aplikasi robot trading tersebut.

Kasus robot trading DNA Pro telah menyeret sejumlah artis Indonesia seperti Choky Sitohang hingga Ivan Gunawan. Jika Ivan Gunawan hingga Rossa mau untuk mengembalikan uang, Choky Sitohang tegas menolak permintaan tersebut karena bagian dari pekerjaannya.

Baca Juga: Polisi Ungkap Alasan Honor Rossa dari DNA Pro Batal Disita

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Mobil Bekas Billy Syahputra Disita Polisi

  • 30 April 2022, 09:10 WIB
Billy Syahputra pernah terlibat transaksi jual beli mobil mewah dengan Co Founder DNA Pro, Steven Richard.

Billy Syahputra Diperiksa Polisi karena Jual Mobil ke Petinggi DNA Pro

  • 28 April 2022, 16:30 WIB
Billy Syahputra jalani pemeriksaan di Bareskrim Polri terkait kasus DNA Pro, awalnya ragu jual mobil Alphard ke Steven Richard.

Polisi Ungkap Alasan Honor Rossa dari DNA Pro Batal Disita

  • 27 April 2022, 09:11 WIB
Rossa diketahui pernah menerima aliran dana dari DNA Pro sebesar Rp172 juta setelah tampil di salah satu acaranya.

Kronologi Bos DNA Pro Daniel Abe Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

  • 26 April 2022, 15:54 WIB
Bos DNA Pro, Daniel Abe, yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan investasi bodong, ditangkap di bandara.

Terseret Kasus DNA Pro, DJ Una Tidak Akan Kembalikan Uang Honor

  • 26 April 2022, 09:23 WIB
DJ Una diperiksa oleh kepolisian terkait kasus DNA Pro, diperiksa sebagai saksi dan korban karena pernah ikut investasi.

Honor Sederet Artis Terungkap Karena Kasus DNA Pro

  • 25 April 2022, 12:20 WIB
Sejumlah artis seperti Rossa, Ivan Gunawan hingga Nowela Idol tercatat pernah menerima aliran dana dari DNA Pro.
The Latest
Laksmi Suardana

Profil dan Biodata Laksmi Suardana: Asal, Agama, Prestasi, Pacar

  • 28 Mei 2022, 16:46 WIB
Buluk Superglad

5 Kasus Buluk Superglad, Kini Mengilang karena Dugaan Investasi Bodong

  • 28 Mei 2022, 16:02 WIB
Kenwilboy

Kenwilboy Minta Maaf Usai Singgung Anak Ridwan Kamil yang Hilang

  • 28 Mei 2022, 14:39 WIB
JoJo

JoJo Beri Tribute untuk Korban Penembakan Texas di Java Jazz 2022

  • 28 Mei 2022, 12:29 WIB
Citra Kirana

4 Pernyataan Citra Kirana Soal Masa Lalu Rezky Aditya dan Wenny Ariani

  • 28 Mei 2022, 11:29 WIB
INDEKS