Biodata dan Agama Rio Waida, Peselancar Bali di Olimpiade Tokyo 2020 - Hits ZIGI.ID
Logo
Rio Waida
hits
Rio Waida
Photo: @riowaida_/Instagram
Rio Waida

ZIGI – Rio Waida merupakan peselancar muda kebanggaan Indonesia yang kini berlaga di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Sayangnya, laju Rio Waida harus terhenti di babak 16 besar usai kalah dari peselancar Jepang, Kanoa Igarashi.

Meski gagal meraih medali emas, perjuangan Rio Waida dalam mengharumkan nama bangsa pantas mendapatkan apresiasi yang sebesar-besarnya. Nah, buat kamu yang masih asing dengan sosoknya, kali ini Zigi.id bakal mengajakmu mengenal lebih dekat dengan penakluk ombak ini.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah profil dan biodata Rio Waida yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak sampai habis ya guys!

Masa Kecil Rio Waida

image
Photo : Instagram/@riowaida_

Melansir dari laman World Surf League pada Rabu, 28 Juli 2021, Rio Waida merupakan atlet selancar Indonesia yang dilahirkan di Saitama, Jepang pada 25 Januari 2000. Kini, umur Rio Waida adalah 21 tahun.

Rio merupakan cowok blasteran dari seorang ayah asal Indonesia bernama Muhammad Zaini sedangkan ibunya Kaoru Waida berdarah Jepang. Sejak kecil, ia sudah diperkenalkan dengan dunia surfing oleh kedua orang tuanya saat pertama kali mereka pindah ke Bali.

Ketika pindah ke Bali dan diajarkan teknik berselancar, Rio baru berusia lima tahun lho guys! Rio pernah mengalami gangguan medis yang menghambat pertumbuhan fisiknya sehingga ia harus melakukan pengobatan hormon.

Saat ini, Rio diketahui tinggal di Uluwatu, Bali sehingga akses dirinya untuk terus mengasah kemampuan berselancar menjadi lebih mudah dan leluasa. Uluwatu sendiri merupakan salah satu daerah di Pulau Dewata yang mempunyai ombak besar favorit peselancar dari seluruh dunia.

Prestasi Rio Waida Sebagai Peselancar

image
Photo : Instagram/@riowaida_

Cowok dengan tinggi badan 170 cm ini dikenal memiliki teknik yang unggul soal kecepatan, tube riding, pengaturan waktu, hingga permainan udara besar yang begitu dikuasainya. Berbekal skill hebat yang dimilikinya itu, wajar jika Rio Waida mampu menaklukan ombak. 

Sejumlah prestasi yang pernah diraih Rio antara lain menyabet medali perak (Juara 2) di ajang SEA Games 2019 Filipina, kemudian menjadi Juara 3 White Buffalo Hyuga Pro 2019 serta Juara 3 Murasaki Shonan Open 2019.

Kekinian, Rio Waida menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 setelah dinyatakan lolos kualifikasi oleh International Surfing Association (ISA) dan pernah merebut posisi kedua dalam ajang ISA World Surfing Games 2019 di Miyazaki, Jepang.

Pacar Rio Waida

image
Photo : @riowaida_/Instagram

Buat kamu yang penasaran dengan pacar Rio Waida, sampai saat ini belum diketahui status hubungannya. Berdasarkan penelusuran Zigi.id di media sosial miliknya, Rio sangat jarang mengunggah foto kedekatan dengan perempuan manapun. Kemungkinan besar, saat ini Rio Waida masih jomblo dan lebih fokus pada kariernya sebagai seorang peselancar.

Prestasi Rio Waida di Olimpiade Tokyo 2020

image
Photo : Instagram/@riowaida_

Di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang saat ini sedang berlangsung, Rio Waida berhasil menempati posisi runner up pada papan pendek putra ajang tersebut. Dalam kompetisi yang dilangsungkan di Tsurigasaki Surfing Beach tersebut, Rio sukses mengalahkan peselancar asal Selandia Baru, B. Stairmand dan peselancar lainnya.  Rio Waida kokoh berada di posisi kedua dengan perolehan poin 11.53 sedangkan B. Stairmand meraih poin 11.34.

Sayangnya, perjuangan Rio Waida harus terhenti di babak 16 besar setelah kondisi angin kencang di pantai tersebut tidak bisa dijinakkan Rio. Di putaran ketiga nomor men's shortboard tersebut, ia hanya mampu mencatatkan poin 12.00, kalah dari peselancar tuan rumah, Kanoa Igarashi yang berhasil mengumpulkan skor 14.00.

Melalui rilis resmi KOI, menjelaskan bahwa angin kencang menjadi faktor utama kegagalannya menyumbagkan emas untuk Indonesia.

"Kondisi ombak sangat susah karena angin kencang seperti badai sehingga arus sangat deras. Saya masuk ke dalam laut, dan posisi di laut tidak saya mau. 10 menit pertama saya bingung mau ke mana," beber Rio dalam keterangannya dikutip dari rilis resmi KOI.

"Saya coba mencari ombak, akhirnya dapat juga. Saya mencoba tampil baik, tetapi mungkin di mata juri kurang bagus. Terakhir saya juga berusaha mengejar, tetapi tidak terkejar. Ombak sebenarnya banyak, tetapi sulit mencari yang bagus," sambungnya.

Biodata Rio Waida

image
Photo : Instagram/@riowaida_

Nama lengkap: Rio Waida
Nama panggilan: Rio
Tempat, tanggal Lahir: Saitama, Jepang, 25 Januari 2000
Usia: 21 tahun
Tempat tinggal: Uluwatu, Bali
Agama: Islam
Nama Orang Tua: Muhammad Zaini (ayah), Kaoru Waida (ibu)
Akun Instagram: @riowaida_
 
Walaupun tidak berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia, perjuangan Rio Waida di ajang Olimpiade Tokyo 2020 tetap harus mendapat apresiasi. Jangan patah semangat, Rio Waida!

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Fine Counsel, Bisnis Sepatu Greysia Polii Dipromosikan Presiden Jokowi

  • 13 Agustus 2021, 17:34 WIB
Presiden Jokowi membeli sepasang sepatu di brand milik Greysia Polii, Fine Counsel dan mempromosikan di Instagram.

10 Fakta Jonas Brothers, Band AS di Penutupan Olimpiade Tokyo 2020

  • 10 Agustus 2021, 12:02 WIB
Berikut fakta Jonas Brothers digawangi, Kevin Jonas, Joe Jonas dan Nick Jonas yang tampil di penutupan Olimpiade Tokyo 2020.

Kisah Qomarul Lailah dari Guru SD Jadi Wasit Bulutangkis di Olimpiade

  • 10 Agustus 2021, 10:05 WIB
Selain Wahyana, guru SD asal Surabaya bernama Qomarul Lailah juga menjadi wasit bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020.

13 Momen Spektakuler Closing Ceremony Olimpiade Tokyo 2020

  • 09 Agustus 2021, 12:20 WIB
Berikut ini 13 momen spektakuler di Closing Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 lengkap dengan klasemen akhir Olimpiade Tokyo 2020.

Main FF, Greysia Polii Dapat Diamond Free Fire Gratis Seumur Hidup

  • 05 Agustus 2021, 17:15 WIB
Garena sebagai pengembang game Free Fire, memberikan diamond free fire gratis seumur hidup untuk Greysia Polii dan Apriyani

Ternyata Segini Harga Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

  • 05 Agustus 2021, 15:55 WIB
Harga medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 ternyata lebih murah dari jam tangan mewah dan tiket pesawat Indonesia-Jepang.
The Latest
Raffi Ahmada dan Nagita Slavina

Heboh Medina Zein, Raffi Ahmad Beri Pesan Menohok untuk Penipu

  • 20 Mei 2022, 19:06 WIB
Kevin Aluwi Jadi Alumni Pembicara Tamu di USC Marshall

CEO Gojek Kevin Aluwi Beri Pidato di Wisuda USC Marshall 2022

  • 20 Mei 2022, 17:53 WIB
Mimi Bayuh

Profil dan Biodata Mimi Bayuh: Suami, Anak, Karier, Kontroversi

  • 20 Mei 2022, 17:41 WIB
Allo Bank Festival 2022

Cara Nonton dan Link Streaming Allo Bank Festival 2022 untuk Tiga Hari

  • 20 Mei 2022, 14:25 WIB
Hyun Bin dan Son Ye Jin

4 Potret Rumah Hyun Bin dan Son Ye Jin, Tetangga Han So Hee

  • 20 Mei 2022, 13:33 WIB
INDEKS