Buntut Kasus Kris Wu, Pemerintah China Perketat Aturan Untuk Idol - Hits ZIGI.ID
Logo
Kris Wu
hits
Kris Wu
Photo: Instagram/@kriswu
Kris Wu

ZIGI – Kris Wu alias Wu Yi Fan resmi ditangkap menyusul tuduhan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur. Perkembangan terakhir menyebutkan mantan member EXO ini juga melakukan pelecehan terhadap siswa di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Kasus Kris Wu ini menjadi skandal besar di China. Lembaga berwenang bergerak cepat melihat masifnya perhatian masyarakat terhadap peristiwa ini. Sayangnya beberapa fans fanatik Kris Wu masih menyangkal kasus yang menimpa penyanyi berusia 30 tahun ini.

Kelompok fans ini melakukan tindakan berlebih untuk membela sang idol. Dampak dari kasus dan reaksi fans Kris Wu membuat pemerintah  Cina keluarkan aturan baru soal manajemen idol dan penggemar. Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Wanita Diduga Istri Kris Wu Bantah Menikah dan Sembunyikan Anak

Fandom Idol Diawasi Secara Ketat

image
Photo : Instagram/@artjoey_old_wang

Dilansir Zigi dari Allkpop.com pada 28 Agustus 2021, seiring dengan kasus yang dihadapi Kris Wu,  Cyberspace Administration of China (CAC) akan melakukan pengawasan terhadap fandom-fandom para idol. Lebih lanjut, manajemen terhadap idol juga akan diperketat.

Tercatat pada 27 Agustus 2021, CAC mengirimkan surat pemberitahuan kepada tiap provinsi di China yang berisi permintaan bagi lembaga terkait untuk menangkal pemujaan berlebih yang dilakukan oleh para fandom artis dan idol China. 

Tindakan ini mencegah para penggemar mengidolakan artis secara membabi buta. Termasuk dengan menghabiskan uang berlebih, penggalangan dana ilegal, hingga cyberbullying.

Sebagai informasi, Pemerintah China memiliki Cyberspace Administration of China (CAC) yang dibentuk sejak 2014 lalu. Lembaga ini bertugas mengatur, mengawasi, dan juga mensensor konten yang beredar di internet.

Peringkat Popularitas Artis Dihapus

image
Photo : Instagram/@youthwithyou.3

Rencana baru yang akan segera diterapkan adalah penghapusan peringkat popularitas artis di China. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak-anak di bawah umur menghabiskan terlalu banyak uang untuk mendukung artis ataupun idola yang disukai demi menaikkan peringat idolanya. 

Sistem bayar untuk satu suara dalam program hiburan juga akan ditiadakan. Tiap acara TV dilarang mendorong penggemar membelanjakan uang untuk produk yang berhubungan dengan artis maupun idol. Sebelumnya, sejumlah program TV mempertontonkan idol dan artis bersaing membuat fandom saling bertengkar via internet.

Untuk itu, klub penggemar juga akan dilarang untuk mengumpat dan menyebarkan informasi palsu. Agensi hiburan pun diminta lebih ketat untuk mengawasi klub penggemar masing-masing. Kasus Kris Wu menunjukan adanya masalah serius terkait budaya para penggemar idol dan juga artis ini. 

Idol di Bawah Umur Dibubarkan

image
Photo : Instagram/@mdasiatico

Mengutip dari globaltimes.com, pada 28 Agustus 2021, boygoroup baru China bernama Panda Boys sudah dibentuk. Boygroup ini terdiri dari 7 member dengan anggota termuda berusia 7 tahun dan tertua 11 tahun. Tapi baru 5 hari, Panda Boys dinyatakan bubar. 

Kemunculan boygroup ini dikritik oleh netizen China. Memang kini, aktivitas anak-anak di bawah umur dalam industri hiburan juga menjadi perhatian lebih mengingat kasus kontroversi Kris Wu yang melibatkan kalangan annak-anak di bawah umur.  

Penggemar Kris Wu Bela Sang Artis 

image
Photo : Berbagai Sumber

Kasus Kris Wu menunjukan masalah serius dalam lingkaran budaya penggemar artis dan juga idol. Ketika beberapa korban angkat bicara terkait pemerkosaan yang dilakukan Kris, fans justru melakukan bully kepada korban bahkan tidak sedikit yang menuliskan komentar ancaman. 

"Hanya ada 2 juta Tentara Pembebasan, dan sekitar 2,5 juta polisi di China. Akan tetapi Kris Wu memiliki 50 juta pengikut di Weibo. Kami pasti bisa menyelamatkannya dari penjara," tulis seorang penggemar. 

Penggemar lainnya bahkan mengatakan sikap pembelaan fans terhadap Kris dibentuk oleh banyak hal: waktu, uang yang sudah dikeluarkan, serta emosi yang dihabiskan untuk sang idol. Pada kenyataannya, fans Kris Wu kini terbelah menjadi dua: ada mereka yang masih membela dan ada yang akhirnya mendukung upaya kepolisian. 

Kasus dugan pemerkosaan yang dilakukan Kris Wu sampai membuatnya mendekam ditahanan memang menjadi skandal besar di China. Untuk mencegah hal yang sama, Pemerintah China kini menerapkan beberapa aturan terkait manajemen idol dan juga penggemar. 

Baca juga: Kasus Baru, Kris Wu Diduga Pernah Bius Wanita di Los Angeles

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Dituding Rekayasa Skandal Kris Wu, Du Meizhu Laporkan Penuduh

  • 17 Maret 2022, 09:26 WIB
Du Meizhu akan melaporkan dua temannya yang menyebarkan rekaman suara telah di-edit terkait skandal Kris Wu yang masih bergulir.

Viral Rekaman Du Meizhu di Weibo, Kris Wu Diduga Tak Bersalah

  • 06 Maret 2022, 13:42 WIB
Rekaman suara Du Meizhu yang diduga membuktikan Kris Wu tidak bersalah atas dugaan pemerkosaan dan pelecehan viral di Weibo.

Tao eks EXO Diduga Sindir Kris Wu yang Sedang di Penjara

  • 15 Februari 2022, 11:35 WIB
Tao eks EXO diduga sindir Kris Wu yang sedang di penjara, dalam live streaming pada 14 Februari 2022.

Rumor Kris Wu Dijatuhi Hukuman 17 Tahun dan Denda Rp13,5 Triliun

  • 03 Februari 2022, 18:32 WIB
Rumor menyebut Kris Wu bakal dijatuhi hukuman 17 tahun dan denda Rp13,5 Triliun. Hukuman terberat sepanjang sejarah Showbiz Cina.

Dipenjara, Foto Kris Wu Bertubuh Gemuk Viral hingga Fans Bereaksi

  • 19 Januari 2022, 17:19 WIB
Media sosial dihebohkan dengan foto Kris Wu yang dikabarkan bertubuh gemuk, penggemar selidiki keasliannya.

Kris Wu Masuk Daftar 88 Artis yang Dilarang Streaming di China

  • 24 November 2021, 13:26 WIB
Buntut skandal yang menimpanya, Kris Wu kini telah dilarang live streaming dan berdampak pada industri hiburan di China.
The Latest
Raffi Ahmada dan Nagita Slavina

Heboh Medina Zein, Raffi Ahmad Beri Pesan Menohok untuk Penipu

  • 20 Mei 2022, 19:06 WIB
Kevin Aluwi Jadi Alumni Pembicara Tamu di USC Marshall

CEO Gojek Kevin Aluwi Beri Pidato di Wisuda USC Marshall 2022

  • 20 Mei 2022, 17:53 WIB
Mimi Bayuh

Profil dan Biodata Mimi Bayuh: Suami, Anak, Karier, Kontroversi

  • 20 Mei 2022, 17:41 WIB
Allo Bank Festival 2022

Cara Nonton dan Link Streaming Allo Bank Festival 2022 untuk Tiga Hari

  • 20 Mei 2022, 14:25 WIB
Hyun Bin dan Son Ye Jin

4 Potret Rumah Hyun Bin dan Son Ye Jin, Tetangga Han So Hee

  • 20 Mei 2022, 13:33 WIB
INDEKS