Logo
Aplikasi Shopee
hits
Aplikasi Shopee
Photo: Shutterstock/ Sulastri Sulastri
Aplikasi Shopee

ZIGI – Shopee baru saja meluncurkan fitur Aktivitas Teman atau Friend Activity. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka pengguna bisa saling membagikan riwayat belanja di Shopee. 

Tidak butuh waktu lama hingga fitur ini mendapatkan kritikan keras dari banyak orang. Simak fungsi fitu baru Shopee 'Aktivitas Teman' dan bagaimana cara mematikan fitur satu ini. 

Fitur Baru Shopee Bisa Intip Belanjaan Teman

Aplikasi Shopee
Photo : Techcrunch
Aplikasi Shopee

Shopee memiliki fitur baru di pengaturan privasi. Fitur ini disebut dengan Friend Activity atau Aktivitas Teman. Jadi pengguna bisa melihat barang belanjaan apa saja yang dibeli oleh pengguna lain yang kontak teleponnya tersimpan. Selain itu, aktivitas belanja yang kita lakukan juga akan dibagikan ke kontak telepon. 

Fitur ini terletak di bagian chat dengan nama 'aktivitas teman' atau 'friend activity'. Isinya berupa review barang, penilaian produk, hingga benda apa saja yang dibeli oleh pengguna lain. 

Namun untuk saat ini Shopee belum memberikan update yang merata bagi semua pengguna. Jadi tidak seluruh pemakai aplikasi Shopee yang sudah update memiliki fitur Friend Activity tersebut. 

Pro Kontra Fitur Baru Shopee

ShopeePay
Photo : Shopee
ShopeePay

Begitu diluncurkan untuk beberapa pengguna yang sudah update aplikasi Shopee, e-commerce satu ini lantas mendapat kritikan dari netizen. Para pengguna merasa bahwa langkah Shopee ini sudah termasuk pelanggaran privasi. Pasalnya, Shopee tidak meminta izin terlebih dahulu kepada pengguna untuk mengakses kontak. Selain itu, tidak semua pengguna memahami bahwa ada fitur baru tersebut. 

Admin akun Twitter @Shopee_ID sudah melakukan pembelaan terhadap adanya fitur ini. "Kami bantu infokan bhw kamu memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akun terkait riwayat kegiatan kamu," balas akun atas keluhan pelanggan tersebut. 

Akan tetapi, masalahnya sebelum pengaktifan akun, Shopee tidak mengirim notifikasi tertentu, membuat pengguna telat menyadarinya. Netizen juga meminta Shopee untuk lebih awas, mengingat tidak semua pemilik Shopee paham dengan teknologi baru. 

Selain itu, warganet juga merasa aplikasi ini tidak memiliki manfaat tertentu. Justru banyak orang meminta pihak Shopee untuk lebih memperhatikan tentang chat spam hingga link scamming yang sering masuk di fitur chat. 

Sepertinya fitur Friend Activity diterapkan untuk mengajak pelanggan agar lebih sering menggunakan Shopee. Dengan melihat daftar barang dari teman lain, diharapkan keinginan untuk berbelanja juga akan meningkat. 

Protes dari netizen ini sudah dijadikan masukkan oleh para admin Shopee. Namun hingga kini belum ada tangapan balik dari Shopee terkait masalah fitur baru ini. 

Cara Menonaktifkan Fitur Baru Shopee 'Aktivitas Teman'

Fitur Aktivitas Teman di Shopee
Photo : Shopee
Fitur Aktivitas Teman di Shopee
  1. Klik di bagian Saya 
  2. Masuk ke pengaturan Akun
  3. Pilih Pengaturan privasi. Sebelum masuk ke pengaturan privasi, ada baiknya untuk mengeklik bagian privasi ‘no’. handphone dan 'tidak terlihat oleh kontak'. Dengan begitu informasi pribadi tidak akan bisa dilihat oleh pengguna lain. 
  4. Di pengaturan privasi ada beberapa pilihan: sembunyikan aktivitas penilaian produk saya, sembunyikan aktivita saya saat menyukai penilaian produk, sembunyikan aktivitas saya untuk pesanan yang belum dinilai, dan sembunuyikan komentar saya pada postingan feed. Jika ingin seluruh aktivitas tidak terlihat, klik semuanya. 

Di beberapa kasus pengguna mendapatkan fitur Shopee baru 'Aktivitas Teman' tapi tidak bisa menonaktifkanna karena tidak muncul pilihan 'nonaktifkan' di pengaturan privasi. Jika sudah begini, segera hubungi costumer service Shopee ya!

Catatan: beberapa barang yang sifatnya sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna Shopee lain. 

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Terjemahan Lirik Lagu Little Garden - Taeyeon SNSD, OST Jirisan Part 8

  • 28 November 2021, 16:47 WIB
Makna lirik lagu Little Garden - Taeyeon SNSD dalam romanization hangul dan terjemahan Indonesia. OST Jirisan part 8.

Raffi Ahmad Bahas Perubahan dari Entertainer Jadi Entrepreneur RANS

  • 28 November 2021, 15:43 WIB
Cerita jatuh bangun Raffi Ahmad selama 20 tahun hingga bangun RANS Entertainment. Awal mula jadi pengusaha dari entertainer.

10 Fakta Hwang Se On, Model Beradegan Seks dengan Kim Soo Hyun

  • 28 November 2021, 13:33 WIB
Fakta Hwang Se On atau Seon Hwang, model sekaligus aktris lakoni adegan seks dengan Kim Soo Hyun di drama One Ordinary Day.

Go Se Won Akui Sebagai Aktor K Baru yang Tinggalkan Pacar Saat Hamil

  • 28 November 2021, 09:53 WIB
Go Se Won mengaku sebagai aktor K baru yang meninggalkan pacar saat hamil. Kini minta maaf dan akan bertanggung jawab.

Profil dan Biodata Frederika Cull, Agama, Karier, hingga Pacar Idaman

  • 28 November 2021, 07:12 WIB
Profil dan biodata Frederika Cull yang kini bermain di web series Layangan Putus bareng Reza Rahardian.

7 Fakta Han Hyo Joo, Anak Pejabat Hingga Gosip Pacar Lee Jong Suk

  • 27 November 2021, 20:59 WIB
Han Hyo Joo merupakan aktris yang aktif bermain film dan drama, salah satunya drama Happiness, berikut profil dan faktanya.
The Latest
Frederika Cull

Profil dan Biodata Frederika Cull, Agama, Karier, hingga Pacar Idaman

  • 28 November 2021, 07:12 WIB
Tom Liwafa

Viral, Sepupu Bongkar Aib Vanessa Angel, Tom Liwafa: Blunder!

  • 27 November 2021, 17:54 WIB
BTS

BTS Disebut Bakal Segera Tampil di Batam, Kepulauan Riau

  • 27 November 2021, 14:32 WIB
Reza Rahardian

Reza Rahadian Sentil Toxic Masculinity dan Kekerasan Seksual

  • 27 November 2021, 11:12 WIB
Fadi Alaydrus

Profil dan Biodata Fadi Alaydrus: Agama, Pacar, TikTok, Tanggal Lahir

  • 27 November 2021, 08:00 WIB
INDEKS