Logo
Deddy Corbuzier
hits
Deddy Corbuzier Disomasi 80 Organisasi Karena Sebutan Orang Gila
Photo: Instagram/@mastercorbuzier

ZIGI – Deddy Corbuzier mendapat somasi dari Perkumpulan Jiwa Sehat (PJS) dan 80 organisasi penyandang disabilitas lainnya. Tidak hanya Deddy, komika, Mongol Stres sebagai bintang tamu juga ikut disomasi. Hal ini berawal dari obrolan mereka di podcast YouTube-nya berjudul ORANG GILA BEBAS COVID.

Organisasi-organisasi itu merasa keberatan dengan sebutan orang gila. Deddy Corbuzier pun diminta untuk meminta maaf dan menarik video tersebut. Seperti apa somasi yang dilayangkan kepada Deddy Corbuzier? Simak artikel ini sampai habis ya!

Deddy Corbuzier Disomasi

Photo : Instagram/@mastercorbuzier

Deddy Corbuzier membagikan tangkapan layar berisi pesan adanya somasi dari Perkumpulan Jiwa Sehat (PJS) dan 80 organisasi lainnya pada Rabu, 30 Juni 2021. Dalam pesan yang diunggah ke Instagramnya itu, mereka mengaku keberatan dengan sebutan orang gila yang diucapkan oleh Deddy dan bintang tamunya komika, Rony Imannuel atau yang disapa Mongol Stres. 

Menurut PJS, sebutan yang lebih tepat adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ataupun Penyandang Disabilitas Mental. Mereka juga menegaskan bahwa ODGJ tidak kebal Covid-19. PJS dkk pun meminta agar Deddy Corbuzier menyampaikan permintaan maaf dan menarik podcast-nya dalam waktu 6x24 jam.

Mengiringi unggahan itu, Deddy pun menuangkan pikirannya untuk merespon somasi yang dilayangkan kepadanya. Ayah satu orang anak ini juga bersedia meminta maaf karena sebutan orang gila yang menjadi persoalan tersebut.

"Akhirnya kena somasi. Ya sudah. Ga apa apa. Namanya manusia. Minta maaf kan baik. Jadi saya minta maaf kalau ada yang tersinggung krn kata kata GILA," tulis Deddy Corbuzier yang dikutip Zigi.id pada Kamis, 1 Juli 2021.

Deddy mengaku tidak tahu jika penggunaan sebutan gila di dalam podcast-nya merupakan tindakan yang salah. Ini karena Deddy Corbuzier melihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata gila tersebut masih digunakan.

"Sumpah deh. Saya ga tau kalau kata kata itu salah. Jujur sih saya kaget krn saya cek di KBBI masih pakai kata 'Gila' dan saya baru Paham ada kata ODGJ. Artinya saya ga pinter dan gak update nih," sambungnya. 

"Maaf kan yaa. Maafkan kamiiii. Maafkan kebodohaaaan dan sempitnya pengetahuan sayaaaaaa. Saya cuma youtuber biasa yang banyak salaaaaaah. Maaf. Mudah mudahan KBBI nya juga segera di rubah yaaaa," ungkap Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier Sebut Mongol Stres Berkomedi

Photo : Instagram/@mastercorbuzier

Lebih lanjut, Deddy Corbuzier juga memberikan penjelasan tentang pernyataan Mongol Stres terkait orang gila bebas dari Covid-19 yang juga dipermasalahkan. Mantan suami Kalina Oktarani ini meluruskan kalau konten itu dibuat dalam konteks berkomedi.

"Kedua, saya minta maaf juga kalau saya dan @mongolstres bicara ttg orang ODGJ ga kena covid. Saya rasa di konteks tsb @mongolstres konteks nya adalah ber komedi. Dan kadang komedi memang tidak masuk dgn kenyataan atau logika. Ini setau saya," lanutnya.

Deddy Corbuzier juga menegaskan pada dasarnya dia tidak bermaksud menghina ODGJ. Dia lantas berkali-kali mengungkapkan permintaan maafnya kepada pihak yang merasa tersinggung dengan ucapannya.

"Ga mungkin ada tujuan menghina siapapun secara sengaja dr komedi tersebut di Podcast menurut saya. Maaf kami mungkin gak paham konteks. Maaaaaaaf. Maaf. Maaf. Maaf. Sementara ini jawaban saya. Mohon maaf bagi pihak yang tersinggung," tandas Deddy Corbuzier.

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
Mongol Stres

Profil, Keluarga, dan Biodata Mongol Stres, Ibunya Dipasung

  • 02 Juli 2021, 12:32 WIB
Berikut ini profil dan biodata Mongol Stres atau bernama asli Rony Imannuel yang dilengkapi dengan cerita tentang ibunya dipasung.
Raffi ahmad, deddy corbuzier

5 YouTuber Penghasilan Tertinggi, Deddy Corbuzier Geser Raffi Ahmad

  • 23 Juni 2021, 18:57 WIB
Deretan YouTuber penghasilan tertinggi bisa capai miliaran rupiah per bulan, Deddy Corbuzier kalahkan Raffi Ahmad.
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Profil dan biodata lengkap Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis yang dijuluki The Minions dengan Marcus Gideon.
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Fakta, profil, agama Axel Matthew Thomas. Pemeran Lionel di web series Antares pernah terseret kasus narkoba.
Hospital Playlist 2

Link Nonton Hospital Playlist 2 Episode Spesial 29 Juli 2021

  • 29 Juli 2021, 18:26 WIB
Hospital Playlist 2 episode 7 tidak tayang minggu ini, digantikan episode spesial. Ada pula konten pemain di YouTube Na Young Suk.
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Profil, biodata, agama Vanesha Prescilla, sering dikira keturunan bule padahal asli Indonesia. Siapa pacarnya sekarang?
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS