Logo
Ilustrasi
hits
Facebook Perketat Standar Postingan Bernada Sindiran
Photo: Freepik

ZIGI – Facebook adalah salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat, yang digunakan untuk mendiskusikan berbagai topik. Namun, sering kali topik yang diangkap dapat memicu konflik antar penggunanya.

Maka dari itu, Facebook siap untuk memperbarui kebijakan baru standar komunitas terkait sindiran untuk terus memperbaiki kinerjanya dalam menangani konten satir yang direkomendasikan oleh Dewan Pengawas. 

“Perubahan ini akan memungkinkan tim untuk mempertimbangkan satir ketika menilai potensi pelanggaran Ujaran Kebencian,”  ujar pengumuman dalam postingan blog Facebook, yang dilansir dari The Verge pada 21 Juni 2021. 

Berdasarkan rekomendasi Dewan Pengawas

Photo : Alex Castro / The Verge

Dilansir dari laman The Verge, pembaruan kebijakan atas rekomendasi Dewan Pengawas setelah Facebook salah menghapus komentar pengguna dengan referensi ke pemerintah Turki, berdasarkan meme dua tombol.

Meme tersebut menampilkan kartun layar terpisah yang sama dari meme aslinya, tetapi dengan wajah karakter kartun yang diganti dengan bendera Turki. Karakter kartun yang ditampilkan tampak berkeringat dan memiliki tangan kanan di atas kepala.

Di atas kartun tersebut, terdapat bagian lain layar yang terbagi, terdapat dua tombol merah dengan label dalam bahasa Inggris "Genosida Armenia adalah kebohongan" dan "Orang-orang Armenia adalah teroris yang pantas mendapatkannya". Meme tersebut dianggap sebagai tanda ujaran kebencian. 

Facebook hapus konten negatif

Photo : shutterstock

Facebook akan menghapus postingan negatif yang menargetkan korban pada kerusakan fisik atau emosional yang serius, mencakup penggunaan meme dan gif. Kemudian, Facebook akan mengklasifikasi ulang penghapusan tersebut yang berada di bawah Standar Komunitas Ujaran Kebencian.

Dewan Pengawas menunjukkan dalam rekomendasinya bahwa sementara Facebook mengatakan akan membuat pengecualian untuk sindiran, itu tidak menentukan bagaimana atau apa yang memenuhi syarat sebagai sindiran dalam pedomannya.

Facebook mengatakan dalam postingannya akan membuat pedoman seputar satir lebih jelas sehingga dapat melakukan tinjauan konten indentik dengan konteks paralel. Dengan begitu Facebook dapat mengambil tindakan lebih lanjut. Hal tersebut sebagai upaya Facebook mengikuti panduan dari Dewan Pengawas yang masih baru. 

Alat 'Conflict Alert'

Photo : FirstPost

Dilansir dari Firstpost, Facebook akan meluncurkan alat baru bagi admin grup pada sebuah komunitas. Alat tersebut membantu admin grup untuk membantu mengidentifikasi percakapan kontroversial atau tidak sehat dalam bagian komentar percakapan.

Fitur tersebut disebut 'Conflict Alert', dimana perusahaan menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi percakapan negatif. Conflict Alert dapat mengindentifikasi masalah dan memperingatkan admin, ketika ada percakapan yang mengandung kontroversi.

Setelah admin diberikan peringatan, admin dapat memperlambat percakapan tersebut sehingga admin dapat menindaklanjutinya dengan menghapus komentar, membatasi frekuensi individu untuk berkomentar, mem-boot pengguna grup, dan lain-lain. 

  • Editor: Anabel Yevina
  • Logo Tags:
Recommended
Facebook

Facebook Rilis Game Cloud ke Perangkat Apple

  • 26 Juli 2021, 16:32 WIB
Facebook resmi menghadirkan layanan game cloud terbarunya ke perangkat Apple termasuk iPhone dan iPad lewat aplikasi web.
Facebook

4 Fitur Live Audio Room Facebook, Bisa Dapat Uang

  • 22 Juni 2021, 15:06 WIB
Facebook telah resmi merilis Live Audio Rooms dengan berbagai fitur menarik yang disajikan bahkan bisa mendapatkan uang.
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Ernest Prakasa puasa Instagram selama satu minggu, berikut ini kesulitan dan dampak yang dirasakannya.
Resep Pizza Mini Roti Tawar

Resep Pizza Mini Roti Tawar Cocok Dicoba di Rumah

  • 26 Juli 2021, 14:46 WIB
Berikut resep pizza mini roti tawar lengkap dengan cara membuatala Chef William Gozali. Cocok dijadikan cemilan saat di rumah aja.
Tips Fashion

5 Tips Fashion ala Artis Korea Sesuai Bentuk Tubuh Agar Lebih Kurus

  • 26 Juli 2021, 14:17 WIB
Berikut 5 tips fashion sesuai bentuk tubuh, yakni tubuh apel, pir, jam pasir hingga penggaris agar lebih kurus ala artis Korea.
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Biodata Alica Schmidt dinobatkan sebagai atlet terseksi dan bertekad untuk bisa menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS