Fakta Album Baru The Panturas, Ombak Banyu Asmara - Hits ZIGI.ID
Logo
The Panturas
hits
The Panturas
Photo: Istimewa
The Panturas

ZIGI – Band surf rock asal Bandung, The Panturas akhirnya merilis album keduanya bertajuk Ombak Banyu Asmara yang penuh dengan ekspolorasi kreativitas. Band yang beken lewat lagu Sunshine ini mengaku bakal memberikan beragam kejutan yang tidak bisa ditebak.

Berikut ini, Zigi.id bagikan cerita menarik di balik album Ombak Banyu Asmara milik The Panturas. So, langsung saja simak ulasannya berikut ini sampai habis.

Padukan Unsur Rock dan Punk

image
Photo : Istimewa

Album yang bakal dirilis penuh tanggal 12 September 2021 ini menurut The Panturas sangat berbeda dengan yang lainnya. Pasalnya, The Panturas berani keluar dari bentuk konvensional guna menemukan otentisitas yang tidak ditemukan dari kebanyakan band surf rock yang lain.

“Kami menyebutnya kelab rock selancar kontemporer yang berbasis pada garage rock dan percampuran unsur punk,” cetus bassis  Reza ‘Gogon’ Patria menjelaskan visi musikal The Panturas dikutip dari keterangan persnya, Jumat, 10 September 2021.

Setelah mengarungi perjalanan panjang, akhirnya, kapal Ombak Banyu Asmara The Panturas berlabuh juga di dermaga terakhirnya: telinga para pendengar. Sebuah tempat yang disebut The Panturas sebagai titik tenggelamnya rasa ke dalam pusaran dendang rock selancar kontemporer. 

Lagu Demi Lagu Album Ombak Banyu Asmara

image
Photo : Istimewa

Album yang berisi 10 lagu ini dibuka oleh komposisi instrumentalia berjudul Area Lepas Pantai yang diberi transisi sempurna dari polosnya semi album mereka sebelumnya, Mabuk Laut. Sepuluh lagu yang ada, digubah mereka dengan unusr ragam budaya yang tersaji di setiap nomor album ini. 

“Kami banyak mendengarkan referensi baru di luar wilayah surf music puritan, semisal Takeshi Terauchi atau Yanti Bersaudara. Ombak Banyu Asmara coba mendobrak kebiasaan yang sudah pernah Panturas lakukan sebelumnya. Kami tidak ingin tertebak,” ujar sang drummer Surya ‘Kuya’ Fikri Asshidiq.

Benar saja, The Panturas sukses menciptakan dunia kecil di atas kapalnya. Ketika menceritakan seorang bandit penipu di perantauan dalam lagu Tipu Daya, mereka melukiskannya lewat corak melodi calypso Karibia yang perkusif dengan harmonisasi koor vokal ala Wilmoth Houdini bergitar fusion Turki dan rock selancar Jepang.

Kemudian muncul kisah tragis tentang Jim Labrador seorang preman fiktif yang DNA karakter penokohannya dicomot dari Hercules, Anwar Congo, dan Sugali. Lalu di track Balada Semburan Naga mereka mengawinkan unsur oriental Mandarin dengan gambang kromong di mana Adipati, sang vokalis band hc/punk The Kuda diundang sebagai tamu duel bagi penyanyi Abyan ‘Acin’ Zaki Nabilio. Menariknya, kolaborasi tersebut sukses mengimpersonifikasi selera humor cablak Benyamin S.

Jurus duet The Panturas selanjutnya hadir pada nomor pamungkas berjudul Masalembo. Mereka menggaet Nesia Ardi dari NonaRia yang bernyanyi genit bak June Carter menaklukkan karnival broadway. 

Track yang memanjakan disusuk dengan dalamnya unsur Sunda di lagu Menuju Palung Terdalam dan keroncong gipsi di lagu Tafsir Mistik. Kemudian sebundel tembang instrumental lain bertitel Menuju Palung Terdalam, Intana, dan Ombak Banyu Asmara.

Satu Lagu Bakal Dibuat Film Pendek

image
Photo : Istimewa

Dari sekian banyak lagu, The Panturas memilih All I Want sebagai single andalannya. Mereka bahkan membuatkan film pendek berdasarkan cerita lagu tersebut.

Di balik segala pencapaian maksimal album Ombak Banyu Asmara tidak bisa dilepaskan dari supervisi sang produser, Lafa Pratomo. Atas kerja kerasnya, hasrat artistik The Panturas pun dapat terakomodasi dengan baik termasuk dalam membantu mereka menemukan keseimbangan perihal ego aransemen.

Album ini diklaim sebagai satu hal penting bagi kelanjutan arah musikal The Panturas: integritas mereka dalam menemukan orisinalitas. Untuk diketahui, personel The Panturas meliputi Abyan Zaki Nabilio (Vokal/Gitar), Rizal Taufik (Gitar), Bagus ‘Gogon’ Patria (Bass), dan Surya Fikri Asshidiq (Drum).

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Sejarah Singkat Hari Musik Nasional, Diperingati Setiap 9 Maret

  • 09 Maret 2022, 12:49 WIB
Sejarah singkat Hari Musik Nasional hingga Presiden Joko Widodo ajak masyarakat kembangkan lagu daerah.

Bocoran Acara dan Sesi Talkshow di Synchronize Fest 2021

  • 08 Desember 2021, 21:12 WIB
Synchronize Fest 2021 di Radio digelar selama tiga hari mulai 11 hingga 13 Desember, Kahitna akan tampil.

8 Fakta Winamp, Pemutar Musik yang Bangkit dengan Logo Baru

  • 29 November 2021, 19:03 WIB
Winamp merupakan software pemutar musik legendaris yang beken di awal tahun 2000-an, kini siap dirilis kembali.

Rilis Film Pendek Lagu Serta Mulia, Sal Priadi Bikin Ibunya Menangis

  • 14 September 2021, 18:41 WIB
Penyanyi Sal Priadi menggandeng Ryan Adriandhy dan sutradara Aco Tenri dalam membuat film pendek untuk lagu Serta Mulia.

Rapper Dan Sur Implan Rambut dari Rantai Emas di Tengkorak Kepala

  • 14 September 2021, 16:44 WIB
Seorang rapper asal Mexico bernama Dan Sur nekat menanam rambut emas di kepalanya yang terikat di tengkorak kepalanya.

Fakta Lirik Lagu All I Want - The Panturas Lengkap Terjemahan

  • 12 September 2021, 17:58 WIB
Berikut adalah lirik lagu All I Want yang jadi lagu utama album baru The Panturas bertajuk Ombak Banyu Asmara.
The Latest
Arief Muhammad

Arief Muhammad Ikut Trending Usai Viralnya Kasus Esteh Indonesia

  • 26 September 2022, 15:52 WIB
Tedak Siten Ameena Hanna Nur Atta

9 Potret Tedak Siten Ameena, Anak Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

  • 26 September 2022, 14:56 WIB
Raffi Ahmad dan Dimas Ahmad

Ayah Dimas Ahmad Meninggal Dunia, Raffi Ahmad Ikut Berduka

  • 26 September 2022, 13:48 WIB
Trirona dan Gema Bawana Tanseki

9 Momen TikTokers Triarona dan Gema Bawana Menikah, Banyak Pose Konyol

  • 26 September 2022, 13:13 WIB
Rizky Febian dan Ziva Magnolya

Klarifikasi Rizky Febian Disebut Tak Profesional Jadi Rekan Duet Ziva

  • 26 September 2022, 09:52 WIB
INDEKS