Logo
Koperasi Indonesia
hits
Fakta Sejarah Hari Koperasi Nasional, Diperingati Setiap 12 Juli
Photo: Situs Koparekraf

ZIGI – Hari Koperasi Nasional atau Harkopnas yang ke-74 diperingati pada Senin, 12 Juli 2021. Peringatan Harkopnas 2021 mengusung tema Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat dengan tagline Digitalisasi Menuju Koperasi Modern.

Lahirnya koperasi memiliki peran besar dalam perekonomian rakyat Indonesia. Penasaran dengan sejarah singkat Hari Koperasi Nasional? Berikut ulasan singkatnya yang dilansir dari situs resmi Dewan Koperasi Indonesia

Bermula dari Hulp en Spaarbank

Photo : Situs resmi DEKOPIN

Cikal bakal koperasi di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya, koperasi didirikan untuk menolong masyarakat yang terlilit utang dari rentenir. Melihat kondisi tersebut, seorang bangsawan Jawa bernama Raden Bei Aria Wijaatmadja mendirikan Hulp en Spaarbank pada 16 Desember 1886.

Hulp en Spaarbank merupakan lembaga dengan model koperasi kredit Reiffeisen. Inilah lembaga perkreditan rakyat untuk menolong kaum priyai dari cengkraman lintah darat. 

Koperasi Indonesia Semakin Berkembang

Photo : Situs Kemenkopukm

Hulp en Spaarbank yang didirikan R. Bei Aria Wijaatmadja mendapat dukungan dari pemerintahan kolonial. Pada tahun 1908, koperasi mulai berkembang sebagai gerakan masyarakat yang dimotori oleh Boedi Oetomo. Hal tersebut ditandai dengan pendirian koperasi rumah tangga.

Pada 1913, Syarikat Dagang Islam (SDI) yang digawangi oleh Samanhoedi membangkitkan kehidupan koperasi di kalangan pedagang dan pengusaha tekstil bumi putera. Seiring berjalannya waktu, koperasi di Indonesia semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Kemudian tahun 1927, kelompok Studie Club juga membangkitkan gerakan koperasi sebagai wahana pendidikan ekonomi rakyat dan nasionalisme kebangsaan.

Koperasi Setelah Kemerdekaan Indonesia

Photo : Wiss

Gerakan koperasi ini bermunculan di seluruh Hindia Belanda. Setelah Kemerdekaan Indonesia tahun 1945, gerakan koperasi yang terpencar-pencar akhirnya berhasil dipersatukan dalam situasi genting. Kongres Gerakan Koperasi Pertama diselenggarakan di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 12 Juli 1947. Kongres ini dihadiri oleh 500 utusan dari Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Sulawesi, yang menghasilkan 10 keputusannya adalah sebagai berikut.

  1. Dibentuk Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) yang berkedudukan di Tasikmalaya. 
  2. Koperasi Indonesia berasaskan gotong royong. 
  3. Menetapkan Peraturan Dasar SOKRI.
  4. Pengurus SOKRI disusun secara Presidium dengan menetapkan Niti Sumantri ketua yang diserahi kewajiban untuk menyusun Badan Pekerja serta segala sesuatu yang berhubungan dengan keputusan Kongres.
  5. Kemakmuran rakyat harus dilaksanakan berdasarkan pasal 33 UUD 1945 dengan koperasi rakyat dan koperasi ekonomi sebagai pelaksana.
  6. Mendirikan Bank Sentral Koperasi. 
  7. Ditetapkan pembentukan Koperasi Rakyat Desa yang menangani usaha kredit, konsumsi dan produksi dengan pernyataan bahwa Koperasi Rakyat Desa harus dijadikan dasar susunan SOKRI.
  8. Memperhebat dan memperluas pendidikan koperasi rakyat dikalangan masyarakat. 
  9. Distribusi barang-barang penting harus diselenggrakan oleh koperasi.
  10. Tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi yang setiap tahun harus diperingati.

Mohammad Hatta Sebagai Bapak Koperasi

Photo : Situs resmi DEKOPIN

Dalam UUD 1945 dan Pasal 33, terdapat dua macam kewajiban atas tujuan yang satu. Tujuannya ialah menyelenggarakan kemakmuran rakyat dengan jalan menyusun perekonomian sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

Mohammad Hatta dianggap sebagai pahlawan ekonomi karena beliau berhasil mengusung konsep gotong royong sebagai solusi untuk mengatasi ketimpangan ekonomi yang tengah terjadi di Indonesia pada 1951. 

Konsep yang diusung Bung Hatta, sapaan akrabnya, dinilai menguntungkan banyak orang. Saat itu, beliau mendirikan gerakan ekonomi kerakyatan mencakup pemerataan kerja dan pembagian hasil sehingga tidak ada lagi ketimpangan ekonomi yang terjadi. Dari gerakan tersebut, Mohammad Hatta akhirnya ditetapkan sebagai Bapak Koperasi.

SOKRI Jadi Dewan Koperasi Indonesia

Photo : Situs Dekopinda Bojonegoro

Koperasi di Indonesia terus mengalami pergantian nama beberapa kali. Pada tahun 1968, nama SOKRI diubah menjadi Dewan Koperasi Indonesia yang disingkat DEKOPIN. Hingga kini nama DEKOPIN digunakan menjadi suatu lembaga tunggal gerakan koperasi Indonesia, yang berlandaskan Undang-Undang Perkoperasian Nomor 25 Tahun 1992.

Sebagai lembaga gerakan koperasi yang otonom, DEKOPIN bertugas memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia. Dengan menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi yang berada di dalam dan luar negeri, serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi. 

Membentuk DEKOPINWIL dan DEKOPINDA

Photo : Situs resmi LSP Dekopin

Untuk menjalankan tugas dan perannya di seluruh wilayah Indonesia, gerakan koperasi di wilayah membentuk DEKOPINWIL (Dewan Koperasi Indonesia Wilayah) dan DEKOPINDA (Dewan Koperasi Indonesia Daerah), keduanya merupakan bagian integral dari DEKOPIN.  Saat ini DEKOPIN berkedudukan di Jakarta. Terdapat 34 DEKOPINWIL berkedudukan di tingkat propinsi dan 514 DEKOPINDA berkedudukan di tingkat kabupaten/kota. 

Sementara itu, mengutip laman resmi Dewan Koperasi Indonesia, tanggal 12 Juli dipilih sebagai Hari Koperasi Nasional karena bertepatan dengan Kongres Gerakan Koperasi Pertama di Tasikmalaya yang diselenggarakan tanggal 12 Juli 1947. Pada Senin, 12 Juli 2021, kini masyarakat Indonesia tengah memperingati Hari Koperasi Nasional atau Harkopnas yang ke-74.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Ernest Prakasa puasa Instagram selama satu minggu, berikut ini kesulitan dan dampak yang dirasakannya.
Resep Pizza Mini Roti Tawar

Resep Pizza Mini Roti Tawar Cocok Dicoba di Rumah

  • 26 Juli 2021, 14:46 WIB
Berikut resep pizza mini roti tawar lengkap dengan cara membuatala Chef William Gozali. Cocok dijadikan cemilan saat di rumah aja.
Tips Fashion

5 Tips Fashion ala Artis Korea Sesuai Bentuk Tubuh Agar Lebih Kurus

  • 26 Juli 2021, 14:17 WIB
Berikut 5 tips fashion sesuai bentuk tubuh, yakni tubuh apel, pir, jam pasir hingga penggaris agar lebih kurus ala artis Korea.
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Biodata Alica Schmidt dinobatkan sebagai atlet terseksi dan bertekad untuk bisa menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Monty Tiwa dan Jourdy Pranata bocorkan serial I Love You Silly season 2, bahas sosok ayah Ben, para pemain dan alur cerita.
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Berikut ini 10 fakta Grimes, pacar Elon Musk yang mencuri perhatian setelah membagikan fotonya bersama Jennie Blackpink.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS