Logo
Dara nasution
  • Oleh Indriane

  • Kamis, 17 Juni 2021 | 13:17 WIB
hits
Kisah Dara Nasution, Raih Beasiswa di Oxford dan Cambridge
Photo: Instagram/@daranasution_

ZIGI – Maudy Ayunda ramai diperbincangkan karena lulus dari Stanford University jalur beasiswa. Bukan hanya Maudy, perempuan asal Pematang Siantar yakni Dara Nasution juga berhasil diterima di tiga universitas bergengsi yakni Oxford, Cambridge dan London School of Economics.

Dara akhirnya memilih Oxford untuk melanjutkan studi Magister. Berbeda dengan Maudy, Dara berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah. Namun, ia berhasil mewujudkan mimpi kuliah S2 di luar negeri dengan beasiswa. Penasaran? Yuk simak artikelnya sampai habis!

Latar Belakang Dara Nasution

Photo : Instagram/@daranasution_

Dara Nasution mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyangka bisa diterima di Oxford, Cambridge dan London School of Economics sekaligus. Ia bercerita bahwa dia bukan anak yang memiliki privilige sebab ayahnya bekerja sebagai office boy. Namun karena latar belakang keluarganya pula Dara menjadi pribadi yang tahan banting.

“Tapi kayaknya latar belakang itu juga yang bikin saya jadi tahan banting. Dari SD sampai kuliah selalu berusaha supaya rangking 1, karena diajarin sama orang tua ‘kamu harus sekolah tinggi karena kalau enggak, kita gak akan bisa merubah nasib’,” cerita Dara dikutip Zigi.id dari Facebook Metro TV pada Kamis, 17 Juni 2021.

Setelah lulus SMA, Dara kuliah di Universitas Indonesia (UI). Bahkan, ia menjadi lulusan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI pada 2017. Setelah lulus, Dara sempat bekerja untuk menabung demi melanjutkan pendidikan Magister. Merasa yakin dengan kemampuan bahasa Inggrisnya, Dara pun mencoba untuk mendaftar ke tiga kampus tersebut.

“Sebenernya modal nekat aja daftar ke tiga kampus itu. Sempet ada yang ngeledek juga sih kayak ‘Kok berani banget daftar ke tiga kampus itu. Memangnya bakal diterima semuanya?’. Tapi kan prinsipnya kalau kita gak pernah nyoba, gak pernah tahu ya hasilnya. Alhamdulillah diterima,” lanjutnya.

Rahasia Diterima di Tiga Universitas Bergengsi

Photo : Instagram/@daranasution_

Dara mengatakan bahwa rahasia bisa diterima di tiga universitas itu karena nilai akademis dan pengalaman. Ia juga tidak pantang menyerah dalam mencapai keinginannya.

“Tapi kalau dipikir-pikir saya diterima itu kombinasi dari nilai akademis, bahasa Inggris dan pengalaman di dunia politik praktis yang juga berkaitan dengan kebijakan publik. Jadi beneran dari kombinasi itu dan gak gampang menyerah juga,” tutur Dara.

Kini, ia juga mendapatkan beasiswa penuh dari Jardine Foundation. Sebelum itu, ia sempat ditolak oleh beasiswa lainnya namun Dara tak patah semangat dan terus berusaha mencari bantuan pendidikan.

Tips Kuliah S2 di Luar Negeri

Photo : Instagram/@daranasution_

Dara membagikan tips untuk masyarakat yang ingin kuliah S2 di negara lain. Pertama, Dara menyarankan jika ingin melanjutkan S2 maka harus dari hati dan bukan karena paksaan. Lalu, untuk kuliah S2 akan memerlukan banyak bantuan orang lain sehingga Dara menegaskan untuk tetap jalin hubungan baik dengan dosen atau kampus sebelumnya.

“Kita butuh banyak bantuan dari mentor, dosen dulu. Jadi penting banget untuk jaga hubungan sama mereka, karena kita nanti butuh banget untuk surat rekomendasi, masukkan buat esai kita,” kata perempuan 25 tahun ini.

Menurut Dara, yang paling penting untuk melanjutkan studi Magister adalah persiapan. Biasanya, akan dibutuhkan persiapan selama kurang lebih satu tahun. Dara bercerita bahwa persiapkan juga mental, tenaga hingga biaya.

“Jadi penting banget nyiapin energi, waktu dan biaya. Karena ibaratnya kita ini lagi lari marathon bukan lari sprint. Jadi harus punya kapasitas mental untuk mikirin ini, saya dulu sebelum berangkat setiap weekend ya ngerjain persiapan S2. Jadi harus benar-benar mengalokasikan waktu, tenaga dan biaya untuk persiapan itu,” ujar Dara.

Di akhir, mahasiswa Oxford ini mengatakan untuk teguh pada komitmen dan tidak gampang menyerah. Dara Nasution mengatakan bahwa harus lebih berdedikasi jika ingin melanjutkan pendidikan Magister.

  • Editor: Indriane
Recommended
Maudy ayunda

4 Curhatan Maudy Ayunda, Sempat Minder Kuliah di Stanford University

  • 23 Juli 2021, 15:00 WIB
Maudy Ayunda mengungkapkan perjuangan kuliah S2 di Stanford University, sempat minder dan jadi lebih sibuk karena double degree.
Beasiswa Luar Negeri

6 Beasiswa Kuliah Luar Negeri dengan Jaminan Biaya Hidup

  • 22 Juli 2021, 17:28 WIB
Berikut 6 beasiswa kuliah luar negeri 2021, yang juga bisa menjamin biaya hidup kamu. Salah satunya LPDP 2021.
Indra Rudiansyah

Indra Rudiansyah, Mahasiswa Indonesia di Balik Vaksin AstraZeneca

  • 21 Juli 2021, 21:29 WIB
Mengenal sosok Indra Rudiansyah, mahasiswa peraih beasiswa LPDP ikut andil dalam penelitian vaksin AstraZeneca di Inggris.
Maudy ayunda

Arti Lirik Lagu Don't Know Why - Maudy Ayunda dan Terjemahan

  • 16 Juli 2021, 18:38 WIB
Arti lirik lagu baru Maudy Ayunda berjudul Don't Know Why lengkap terjemahan Indonesia, dirilis pada Jumat, 16 Juli 2021
Beasiswa Unggulan 2021

Cara Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021 Jenjang S1, S2, S3

  • 01 Juli 2021, 17:24 WIB
Syarat dan cara daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021. Pendaftaran mulai dibuka 1 Juli 2021 hingga 15 Agustus 2021.
Mahasiswa UGM

Survei KIC: Jurusan Teknik Paling Diminati Calon Mahasiswa

  • 21 Juni 2021, 15:11 WIB
Hasil survei Katadata Insight Center dan aplikasi Aku Pintar, jurusan Teknik paling diminati karena peluang kerja setelah lulus.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS