Logo
Amanda Susanti
hits
Kisah Sukses Amanda Susanti, Berhenti Kerja Demi Bisnis Sayurbox
Photo: Instagram/prestiegeindonesia

ZIGI – Amanda Susanti, CEO dan Founder Sayurbox masuk daftar Forbes Under 30 pada kategori Industry, Manucfacturing & Energy 2019. Diketahui bahwa Sayurbox mengalami peningkatan permintaan saat PPKM berlangsung.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang diselenggarakan pada 3-20 Juli 2021, membuat aktivitas belanja online meningkat. Masyarakat mulai beralih belanja kebutuhan pokok melalui situs belanja online, seperti Sayurbox.

Dilansir dari Katadata, transaksi Sayurbox meningkat sejak kasus Covid-19 kembali naik, terutama saat penerapan PPKM. Chief Marketing Officer & Head of TaniHub Ritchie Goenawan mengatakan bahwa terjadinya peningkatan transaksi barang kebutuhan pokok saat PPKM diberlakukan. 

"Sebagai perbandingan, pada saat ini dibandingkan puncak kasus Covid-19 tahun lalu, jumlah transaksi meningkat sampai dengan dua kali lipat," ujar Ritchie.

Sebagai toko online di bidang penjualan produk pangan, Sayurbox menjadi situs yang diandalkan masyarakat selama pemberlakukan PPKM. Penasaran bagaimana kisah Sayurbox didirikan? Yuk ikuti kisah perjuangan Amanda Susanti!

Terinspirasi dari kesulitan para petani

Photo : Situs resmi Sayurbox

Sayurbox didirikan bersama dua mitra bisnis bernama Metha Trisnawati dan Rama Notowidigdo pada tahun 2016. Setelah menyelesaikan kuliahnya di Universitas Manchester, Amanda Susanti pulang ke Jakarta dan bekerja di sebuah perusahaan swasta. Setelah dua tahun bekerja, Amanda memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai pertanian sendiri.

Amanda mulai mengamati proses distribusi sayur mayur dari petani ke pasar. Saat itu, ia melihat berbagai masalah dan kesulitan yang dihadapi petani untuk mendistribusikan hasil panennya ke pasar. Tak mendapatkan akses langsung ke pasar, menjadi masalah klasik yang dialami para petani di seluruh negeri. Dari situlah, muncul ide untuk mendirikan Sayurbox. 

Konsep penjualan menggunakan teknologi

Photo : Instagram/forbesindonesia

Melihat adanya inefisiensi pada distribusi, Amanda menguraikan tantangan yang harus dihadapi saat mendirikan Sayurbox. Amanda melihat bahwa rantai pasok yang panjang menyebabkan harga produk semakin mahal. Meskipun produk semakin mahal, petani tidak merasakan manfaat ekonomi secara langsung.

Selain itu, kurangnya akses yang dapat membatasi petani untuk mengirim produk ke pelanggan yang tinggal di perkotaan pun menjadi salah satu hambatannya. Dengan melihat isu tersebut, Amanda menemukan cara untuk menjalankan bisnis pertanian dengan menggunakan teknologi.

Dengan memanfaatkan teknologi, petani mendapatkan akses yang lebih mudah untuk mengirimkan produk ke masyarakat perkotaan. Petani pun dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi. Pelanggan pun akan merasakan dampaknya, dimana memudahkan pelanggan untuk membeli produk segar secara praktis. Pelanggan akan mendapatkan produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Mulai berjualan di media sosial

Photo : Instagram/omandacole

Sayurbox mulai memasarkan sayur organik melalui media sosial WhatsApp dan Instagram. Tampaknya debut Sayurbox di media sosial cukup sukses, walaupun dari segi segmen untuk sayur organik terbatas.

Permintaan produk pun semakin meningkat, sehingga Amanda memperluas bisnisnya dengan membuat situs khusus Sayurbox, serta aplikasi yang tersedia untuk smartphone. Produk yang dijual Amanda pun laris manis dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Tantangan yang dihadapi

Photo : Instagram/sayurlife

Pada tahun 2017, Sayurbox sempat hampir tutup karena tidak dapat pendanaan. Namun, Amanda berhasil memutuskan untuk tidak menutup Sayurbox dengan tujuan memberikan keuntungan secara ekonomi kepada petani.

Saat mulai merambah ke dalam aplikasi, lagi-lagi Sayurbox harus menghadapi tantangan dimana para konsumen tidak puas dengan aplikasi yang disajikan. Para konsumen komplain karena aplikasi Sayurbox yang mengalami server down. Setelah menghadapi tantangan tentang aplikasi, Sayurbox mulai berkembang dengan menjual beragam produk segar seperti daging dan makanan.

Sayurbox semakin berkembang

Photo : Blog Sayurbox

Sayurbox semakin berkembang dengan membangun infrakstruktur logistik. Kini, Sayurbox bekerja sama dengan ratusan peternakan dan mitra petani lokal untuk melayani puluhan ribu pelanggan di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Saat pandemi Covid-19, Sayurbox mengalami peningkatan konsumen. Secara tidak langsung, Sayurbox mendukung kebijakan pemerintah untuk mendorong masyarakat agar tetap melakukan aktivitas di rumah.

Dengan adanya Sayurbox, masalah yang dihadapi masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok tanpa keluar rumah telah menemukan solusinya. Melalui aplikasi atau situs Sayurbox, konsumen dapat membeli kebutuhan pokok secara online. Setiap kurir Sayurbox, tetap mematuhi protokol kesehatan yang jelas yang dianjurkan WHO dan Kementrian Kesehatan. 

Amanda masuk dalam daftar Forbes

Photo : Instagram/omandacole

Amanda Susanti adalah salah satu wanita, yang memimpin perusahaan teknologi yang dianggap memberikan dampak signifikan kepada masyarakat. Keberhasilannya dalam mengembangkan Sayurbox, membuat wanita kelahiran Jakarta, 22 Juni 1990 ini masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 kategori Industry, Manufacturing, & Energy 2019. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Zhang Yiming

CEO TikTok Mengundurkan Diri Demi Membaca dan Melamun

  • 27 Mei 2021, 11:35 WIB
CEO TikTok Zhang Yiming memutuskan untuk mundur dari jabatannya meski sedang berada di puncak kesuksesannya.
Stanley Tang - Austin Russell - Andy Fang

Daftar Anak Muda Terkaya di Dunia 2021, Apa Saja Bisnisnya?

  • 08 Mei 2021, 09:59 WIB
Berikut ini daftar anak muda terkaya di Dunia 2021 dikutip dari Forbes mulai dari Stanley Tang sampai Austin Russell.
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Ernest Prakasa puasa Instagram selama satu minggu, berikut ini kesulitan dan dampak yang dirasakannya.
Resep Pizza Mini Roti Tawar

Resep Pizza Mini Roti Tawar Cocok Dicoba di Rumah

  • 26 Juli 2021, 14:46 WIB
Berikut resep pizza mini roti tawar lengkap dengan cara membuatala Chef William Gozali. Cocok dijadikan cemilan saat di rumah aja.
Tips Fashion

5 Tips Fashion ala Artis Korea Sesuai Bentuk Tubuh Agar Lebih Kurus

  • 26 Juli 2021, 14:17 WIB
Berikut 5 tips fashion sesuai bentuk tubuh, yakni tubuh apel, pir, jam pasir hingga penggaris agar lebih kurus ala artis Korea.
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Biodata Alica Schmidt dinobatkan sebagai atlet terseksi dan bertekad untuk bisa menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS