Logo
Dari Jendela SMP Dituduh Jiplak Squid Game
hits
Dari Jendela SMP Dituduh Jiplak Squid Game
Photo: Berbagai Sumber
Dari Jendela SMP Dituduh Jiplak Squid Game

ZIGI – Sinetron Dari Jendela SMP menjadi perbincangan setelah dituduh menjiplak serial original NetflixSquid GameHal ini karena, sinetron yang tayang di SCTV tersebut menampilkan adegan yang mirip dengan Squid Game. Netizen pun menyuarakan kritikan karena kasus dugaan plagiat semacam ini bisa terkena tuntutan hukum.

Terkait tuduhan ini, Netflix justru memberikan reaksi singkat. Namun Ernest Prakasa ikut memberikan kritikan dengan nada sindiran. Netizen pun membahas kalau China juga sempat terkena tuduhan yang sama lantaran variety show berjudul Squid's Victory. Simak berita lengkapnya di sini!

Baca juga: 34 Daftar Serial Netflix Terpopuler, Squid Game Paling Banyak Ditonton

Netflix dan Ernest Prakasa Komentari Dugaan Penjiplakan

Dari Jendela SMP - Squid Game
Photo : Berbagai Sumber
Dari Jendela SMP - Squid Game

Popularitas Squid Game ikut mencuri perhatian stasiun TV Indonesia, SCTV. Sinetron Dari Jendela SMP yang ditayangkannya tengah jadi sorotan karena disebut meniru adegan di Squid Game. Di mana, para siswa tampak dikumpulkan di tengah lapangan dengan memakai seragam biru hitam dan diikutkan dalam kegiatan yang dinamakan Festival Dolanan Game dengan iming-iming hadiah Rp20 juta.

Aturan main yang dipakai sinetron tersebuut nyaris sama dengan serial Netflix, Squid Game. Para staf juga menggunakan topeng. Potongan adegan tersebut kemudian menyebar di media sosial. Beberapa akun Instagram seperti @cenayangfilm ikut mengunggah potongan adegan Dolanan Game di sinetron Dari Jendela SMP itu. Mereka kemudian mempertanyakan kemiripan adegan tersebut. 

"Mirip sesuatu, tapi apa yah?," tulis @cenayangfilm di bagian caption. Kemudian Ernest Prakasa dengan akunnya, @ernestprakasa mengomentari unggahan tersebut dengan mengatakan, “WTF”

Tidak lama setelahnya, Ernest membagikan poster permainan itu di feed Instagramnya. Sutradara sekaligus komika ini kemudian menuliskan sindiran pada stasiun televisi SCTV tentang rasa malu. "Halo @sctv, numpang tanya nih. Emang gak ada malu-malunya gitu? Dikiiiiiit aja…," tulis Ernest Prakasa di caption foto yang diunggah 23 Oktober 2021. 

Kabar dugaan plagiat Squid Game ini juga dimuat dalam akun fanbase Korea seperti @panncafe. Banyak netizen yang terang-terangan ikut menunjukan sikap tidak suka dengan tindakan SCTV melalui akun Instagram Ernest Prakasa, Cenayang Film, maupun Panncafe. Base film @Moviefess juga mengunggah potongan adegan tersebut di Twitter.

Mendapat lebih dari seribu tanggapan, ternyata Netflix Indonesia juga ikut meninggalkan komentar di cuitan tersebut. Namun berbeda dari Ernest, layanan streaming tersebut membalas singkat dengan menggunakan GIF dari bintang utamanya, Lee Jung Jae yang sempat populer. GIF tersebut diambil dari adegan ketika Jung Jae diminta untuk tersenyum saat difoto sebelum Squid Game dimulai. 

Game Show China Dikritik Habis Setelah Tiru Squid Game

Squids Victory Dari Cina yang Tiru Squid Game
Photo : SCMP
Squids Victory Dari Cina yang Tiru Squid Game

Aplikasi video di China yang bernama Youku juga sempat mendapat kritikan keras setelah diduga meniru konsep Squid Game untuk variety show terbarunya. Bahkan pihak Youku memberi nama acara tersebut yang juga mirip yaitu Squid's Victory. Tidak hanya itu, kemiripan juga terlihat pada pemakaian font yang sama, simbol lingkaran merah, hingga bentuk persegi dan segitiga yang muncul di Squid Game

Squid's Victory sendiri merupakan acara yang menampilkan permainan untuk memperlihatkan kerja sama. Akan tersedia sejumlah permainan anak hingga pengembangan cerita yang menonjolkan kekuataan fisik dan kecerdasan otak. Dilansir dari SCMP, kontorversi ini menjadi trending di Weibo, platform media sosial di China pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Sejumlah netizen terang-terangan menyebut Squid’s Victory sebagai plagiarisme dan dianggap memalukan. Terkait hal ini, pihak Youku memberikan keterangan. Mereka meminta maaf lantaran tidak teliti dalam membuat desain awal untuk program barunya.

"Kami membuat kesalahan. Kami keliru menggunakan desain awal yang sudah dipakai sebelumnya. Kami dengan tulis minta maaf atas kesalapahaman yang terjadi," begitu tanggapan dari pihak Youku. 

Meski begitu, permintaan maaf dari pihak Youku tetap menjadi sasaran kritik netizen. Pasalnya, perusahaan tersebut tidak mengakui secara terbuka kesalahan mereka yang menjiplak serial Squid Game

Sementara itu, SCTV belum memberikan komentar apapun soal dugaan penjiplakan yang dilakukan sinetron Dari Jendela SMP dari serial Netflix, Squid Game tersebut. Hingga kini netizen masih ramai membicarakan kasus ini karena konsep Dolanan Game yang nyaris sama persis dengan Squid Game

Baca juga: 6 Pemain Dari Jendela SMP Punya Bisnis, Rey Bong hingga Ratu Sofya

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Daftar Pemenang Gotham Awards 2021, Squid Game Breakthrough Series

  • 30 November 2021, 13:35 WIB
Daftar pemenang ajang penghargaan film 31st Gotham Independent Film Award 2021, Squid Game menang Breakthrough Series - Long Form.

4 Fakta dan Lirik Lagu Menunggu Cinta - Aqeela Calista

  • 29 November 2021, 20:02 WIB
Deretan fakta menarik dan lirik lagu Menunggu Cinta yang dinyanyikan Aqeela Calista, tentang ingin 'ditembak' seseorang.

Park So Dam Akui Bisa Tampil di Parasite Berkat Choi Woo Shik

  • 25 November 2021, 16:40 WIB
Park So Dam ungkap kemiripan dengan Choi Woo Shik buat dirinya terpilih untuk main di film Parasite garapan Bong Joon Ho.

Remaja Korea Utara Dihukum Mati Usai Nekat Nonton Squid Game

  • 25 November 2021, 13:50 WIB
Tujuh remaja Korea Utara ketahuan nonton drama Squid Game, berakhir ditembak mati hingga dihukum penjara seumur hidup.

Daftar Nominasi dan Cara Nonton Gotham Awards 2021, Ada Lee Jung Jae

  • 25 November 2021, 11:19 WIB
Daftar nominasi dan cara nonton link streaming Gotham Awards 2021. Lee Jung Jae perwakilan Squid Game dipastikan hadir.

Lee Yoo Mi Pernah Jadi Supir Pengantar Makanan Sebelum Squid Game

  • 25 November 2021, 09:26 WIB
Pengakuan Lee Yoo Mi, pemeran Ji Yeong pernah jadi supir pengantar makanan sebelum terkenal berkat drama Squid Game.
The Latest
Maudy Ayunda dan Jerome Polin

5 Kemiripan Maudy Ayunda dan Jerome Polin, Dari Wajah sampai Hobi

  • 30 November 2021, 18:53 WIB
Badai Kerispatih

Badai eks Kerispatih Ungkap Kisah Horor di Balik Lagu Mengenangmu

  • 30 November 2021, 15:42 WIB
Daffa Wardhana

Daffa Wardhana Rayakan Ultah ke-23 dengan Bantu Pendidikan di NTT

  • 30 November 2021, 14:37 WIB
Squid Game Gotham Awards 2021

Daftar Pemenang Gotham Awards 2021, Squid Game Breakthrough Series

  • 30 November 2021, 13:35 WIB
Bradley Cooper

Bradley Cooper Ditodong Pisau Saat Naik Kereta Bawah Tanah

  • 30 November 2021, 12:59 WIB
INDEKS