Logo
John McAfee
hits
Kontroversi Pencipta Antivirus John McAfee, Meninggal Dunia di Penjara
Photo: bitcoinnews

ZIGI – Pengusaha teknologi John McAfee ditemukan tewas di penjara Barcelona, Spanyol, Rabu, 23 Juni 2021. Pencipta perangkat anti-virus McAfee ini meninggal diduga karena bunuh diri, setelah terlibat kasus penggelapan pajak dan didakwa dalam kasus penipuan cryptocurrency di New York.

Dilansir dari Reuters, pengacara McAfee bernama Javier Villalba mengatakan bahwa McAfee meninggal dengan cara gantung diri setelah dipenjara selama sembilan bulan. Otoritas penjara pun sedang melakukan penyelidikan terkait penyebab kematiannya. Berikut informasi selengkapnya!

Tuduhan penggelapan pajak 

Photo : deadline

Pengadilan Spanyol menyetujui untuk mengesktradisi McAfee, yang melakukan penggelapan pajak dan biaya keuangan lainnya di Amerika Serikat. McAfee sebagai seorang maestro teknologi yang mengembangkan perangkat lunak antivirus McAfee, ditangkap polisi pada bulan Oktober 2020, karena tidak membayar pajak atas pendapatannya selama delapan tahun. Ia diduga menghindari pajak jutaan dollar dari tahun 2014 hingga 2018.

Pada tahun 2019, McAfee mengakui bahwa dirinya tidak membayar pajak karena alasan ideologis. Saat itu, ia meninggalkan Amerika Serikat untuk menghindari pengadilan. McAfee pernah menawarkan bantuan untuk Kuba menghindari embargo perdagangan Amerika Serikat, dengan menggunakan cryptocurrency. Ia juga berusaha mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat untuk Partai Libertarian. 

Didakwa penipuan Cryptocurrency

Photo :

Pengusaha teknologi ini terjerat kasus penipuan cryptocurrency. Pada bulan Maret 2021, McAfee didakwa oleh pengadilan federal Manhattan karena menjalankan dua skema untuk menipu para investor cryptocurrency sekitar US$13 juta. Dalam kasus tersebut, McAfee dan seorang rekan konspirator bernama Jimmy Watson diduga membeli cryptocurrency dalam jumlah yang besar. 

Kemudian McAfee dan rekannya menaikan nilai cryptocurrency dengan mempublikasikannya melalui media sosial McAfee. Sebagai pengguna media sosial yang produktif, McAfee memiliki 1,1 juta pengikut di Twitter. Ia mengajak pengikutnya untuk membeli Altcoin. Memanfaatkan momentum pembelian yang tinggi, McAfee dan rekannya menjual Altcoin miliknya dan meraup keuntungan yang tinggi. 

Bersama Jimmy Watson, McAfee menjual produk tersebut dan menghasilkan sekitar US$ 2 juta dalam skema 'pump and dump'. Melakukan teknik 'pump and dump', McAfee bersama tim mengambil dana dari penerbit cryptocurency pemula untuk mempromosikan acara yang disebut 'penawaran koin awal'.

Tewas setelah ekstradisi

Photo : news.com

Diketahui bahwa McAfee tewas pada usia 75 tahun. Selama sidang berlangsung, pengadilan mengatakan bahwa jika McAfee terbukti bersalah, maka ia akan menghabiskan sisa umur hidupnya di penjara. Sebagai pengacara McAfee, Javier Villalba berharap pengadilan Spanyol melihat ketidakadilan yang dialami McAfee. 

Pada 23 Juni 2021, pengadilan tinggi Spanyol telah menyetujui McAfee akan diekstradisi ke Amerika Serikat. Namun, departemen kehakiman regional mengkonfirmasi bahwa McAfee sebagai seorang pria yang menunggu ekstradisi, ditemukan tewas di dalam selnya. 

"Padahal McAfee masih memiliki kesempatan untuk mengajukan banding atas hukumannya, tetapi McAfee sudah tidak tahan berada dalam penjara," ungkap Javier Villalba, yang dikutip dari Reuters pada Kamis, 24 Juni 2021. 

Terlibat kasus pembunuhan

Photo : Abc.com

McAfee pernah menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan tetangganya pada tahun 2012. Ketika polisi mencari dirinya, McAfee melarikan diri untuk menghindari interogasi dari polisi. Akhirnya, polisi menemukan tersangka pembunuhan dan McAfee terbebas dari tuduhan tersebut. 

Selain itu, John McAfee pernah memposting sebuah video yang mengandung kata-kata tidak senonoh di YouTube pada tahun 2013, mengejek perangkat lunak yang sulit dihapus di komputer yang menyandang nama McAfee. 

Karier John McAfee

Photo : bitcoinnews

John McAfee lahir 18 September 1945 di Cinderfold, Inggris dan dibesarkan di Virginia, Amerika Serikat. Terlepas dari sederet kontroversinya di atas, McAfee yang merupakan sarjana Matematika dari Ranaoke Collage dikenal sebagai jenius teknologi.  

Di awal karier, McAfee pernah bekerja sebagai programer di perusahaan teknologi seperti NASA, General Electric, Siemens, Univac, dan Xerox. Sayangnya, pria yang pernah gagal meraih gelar PhD karena meniduri adik kelas ini kecanduan narkoba dan kehilangan pekerjaan.

Setelah berhasil bangkit, McAfee bekerja di Lockheed Martin yang memperkenalkannya dengan teknologi antivirus. Di tahun 1987, John membangun perusahaan sendiri bernama McAfee Associatest. Antivirus McAfee kemudian dibeli oleh Intel pada 2011.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Profil dan biodata lengkap Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis yang dijuluki The Minions dengan Marcus Gideon.
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Fakta, profil, agama Axel Matthew Thomas. Pemeran Lionel di web series Antares pernah terseret kasus narkoba.
Hospital Playlist 2

Link Nonton Hospital Playlist 2 Episode Spesial 29 Juli 2021

  • 29 Juli 2021, 18:26 WIB
Hospital Playlist 2 episode 7 tidak tayang minggu ini, digantikan episode spesial. Ada pula konten pemain di YouTube Na Young Suk.
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Profil, biodata, agama Vanesha Prescilla, sering dikira keturunan bule padahal asli Indonesia. Siapa pacarnya sekarang?
ENHYPEN

Lirik Lagu Hey Tayo - ENHYPEN dan Terjemahan, OST Little Bus Tayo

  • 29 Juli 2021, 17:57 WIB
Lirik lagu Hey Tayo - ENHYPEN dalam romanization hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. OST kartun Little Bus Tayo versi remake.
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Perusahaan game asal Amerika Serikat, Riot Games meraup untung besar berkat game seperti League of Legends dan Valorant.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS