Logo
Kris Wu
hits
Kris Wu
Photo: Allkpop
Kris Wu

ZIGI – Setelah skandal yang menimpanya, Kris Wu dinyatakan sebagai salah satu dari 88 artis yang dilarang melakukan live streaming di China. Negeri Tirai Bambu ini memang dikenal sebagai negara yang ketat terhadap industri hiburan.

Pelarangan live streaming ini merupakan dampak dari kasus yang menimpa Kris Wu yang diduga telah melakukan pemerkosaan terhadap beberapa anak di bawah umur.

Mantan member EXO-M tersebut akhirnya masuk penjara. Untuk lebih lengkapnya, simak yuk artikel di bawah ini!

Kris Wu Dilarang Streaming oleh Pemerintah China

Kris Wu
Photo : Allkpop
Kris Wu

Mantan anggota EXO, Kris Wu beberapa waktu lalu telah dilaporkan oleh seorang wanita yang mengklaim sebagai mantan pacarnya bernama Du Meizhu atas tuduhan pemerkosaan. Akibat skandal yang menimpa Kris Wu ini, pihak pemerintah China memberikan peraturan yang ketat.

Pada Selasa, 23 November 2021, Cyberspace Administration of China (CAC) mengumumkan bahwa Kris Wu masuk ke dalam 88 artis yang dilarang melakukan live streaming. CAC memperketat aturan tersebut untuk menciptakan lingkungan internet yang positif dan sehat bagi masyarakat.

Selain menciptakan lingkungan internet yang positif, larangan live streaming tersebut juga menjaga nilai-nilai budaya masyarakat China yang lebih baik dari gosip serta mengendalikan obsesi berlebihan terhadap idol atau artis yang digemari.

Sementara itu, pada Agustus 2021 lalu, pihak Asosiasi Netcasting China (CNSA) menghapus 1,9 juta video pendek dan 7.000 cuplikan drama yang diperankan oleh Kris Wu baik pada platform Youku maupun iQiyi. Selain itu, Weibo juga telah membekukan akun dari mantan anggota EXO tersebut.

China Perketat Aturan Dalam Industri Hiburan Hingga Artis Yang Terlibat Skandal

Kris Wu
Photo : Allkpop
Kris Wu

CAC memperketat peraturan dalam industri hiburan melihat banyaknya artis atau penyanyi yang memiliki skandal seperti Kris Wu. Berdasarkan pelarangan live streaming tersebut, CAC juga mengatur iklan yang dibintangi artis, kerja sama brand dan promosi komersial.

Skandal yang menimpa Kris Wu dikategorikan sebagai skandal besar sehingga pihak pemerintah China mengeluarkan ketetapan dan peraturan yang ketat terhadap industri hiburan. Sebelumnya, fandom idol di China juga mendapat pengawasan untuk lebih diperketat.

Aturan tersebut bertujuan untuk mencegah fandom idol melakukan tindakan yang anarkis dan membabi buta. Selain itu, agar penggemar artis tidak menghabiskan banyak uang, penggalangan dana secara ilegal serta cyberbullying.

Pemerintah China juga telah menghapus seluruh daftar peringkat artis dan penyanyi di internet serta pengurangan tombol like dan comment di platform atau sosial media.

Dampak yang mengatur tentang industri hiburan lainnya adalah anak dibawah umur 16 tahun dilarang untuk menonton live streaming. Begitu pula dalam penyiaran baik di radio maupun televisi, penyiar atau artis juga dilarang menggunakan aksesoris, pakaian atau berperilaku yang menyerupai lawan jenisnya.

Lembaga penyiaran China juga menolak apabila terdapat selebriti memperlihatkan perilaku yang vulgar, skandal dan pamer harta kekayaan. Bukan hanya itu saja, program yang memperlihatkan anak-anak juga dilarang.

Daftar 88 Nama yang Dilarang Live Streaming

Kris Wu, Zhang Shuang, Zhang Zhehan
Photo : Whatsonweibo
Kris Wu, Zhang Shuang, Zhang Zhehan

88 nama selebriti China yang termasuk daftar Warning List merupakan mereka yang memiliki skandal karena kejahatan seksual, penghindaran pembayaran pajak dan kontroversi lainnya.

Kris Wu adalah salah satu penyanyi sekaligus aktor yang mendapatkan sorotan karena namanya terkenal di kalangan pecinta idol K-pop. Selain Kris Wu terdapat pula artis terkenal lainnya yakni Zhang Zhehan dan Zheng Shuang.

Zheng Shuang masuk ke dalam warning list karena skandalnya sebagai ibu pengganti di Amerika Serikat. Skandal ini ramai setelah kedua anaknya lahir di tempat yang berbeda. Netizen juga curiga bahwa Zheng Shuang tidak pernah terlihat sedang hamil. Selain itu, Zheng Shuang juga didenda Rp657 miliar karena penghindaran pajak.

Sedangkan Zhang Zhehan terlibat kontroversi setelang mengunggah foto saat menghadiri pernikahan di Jepang. Kala itu, Zhang Zhehan juga menggunggah foto Dewi Sukarno yang pernah membuat pernyatan anti china di masa lalu.

“Dari 88 nama dalam list, terdapat 85 yang aku tidak tahu namanya,” komentar salah satu orang. Pasalnya, banyak orang bertanya-tanya, mengapa beberapa nama yang tidak ditulis dalam list tersebut.

Sejak 2018, sudah terdapat 446 situs online milik seorang selebriti mulai dari aktor/aktris, influencer, dan lain-lain. Pemerintah China semakin ketat sejak skandal Kris Wu.

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
  • Logo Tags:

How does this article make you feel?

Recommended

Viral Video Diduga Kris Wu Kunjungi RS dengan Kaki Diborgol

  • 09 September 2021, 22:16 WIB
Viral video seorang pria dengan kaki diborgol di rumah sakit, netizen menduga sosok itu adalah Kris Wu.

Fans Tzuyu TWICE Juga Kena Dampak Aturan Baru Pemerintah China

  • 02 September 2021, 10:48 WIB
Fandom Tzuyu TWICE di China diminta untuk mengubah nama sesuai dengan ketentuan dari Cyberspace Administration of China.

Buntut Kasus Kris Wu, Pemerintah China Perketat Aturan Untuk Idol

  • 28 Agustus 2021, 10:48 WIB
Kasus Kris Wu jadi skandal besar dan akhirnya buat Pemerintah China keluarkan aturan baru terkait manajemen artis dan fans idol.

Wanita Diduga Istri Kris Wu Bantah Menikah dan Sembunyikan Anak

  • 24 Agustus 2021, 22:36 WIB
Selebgram yang disebut sebagai istri Kris Wu muncul dan klarifikasi rumor pernikahan dan memiliki anak. Tapi publik masih curiga.

Kasus Baru, Kris Wu Diduga Pernah Bius Wanita di Los Angeles

  • 09 Agustus 2021, 13:57 WIB
Kris Wu dihadapkan kasus baru, seorang wanita di Los Angeles, Amerika Serikat ikut mengaku sebagai korbannya.

Kris Wu Diisukan Lakukan Percobaan Bunuh Diri di Penjara

  • 06 Agustus 2021, 09:31 WIB
Beredar kabar bahwa Kris Wu atau Wu Yi Fan melakukan percobaan bunuh diri saat ditahan di Chaoyang, Beijing.
The Latest
Maudy Ayunda dan Jerome Polin

5 Kemiripan Maudy Ayunda dan Jerome Polin, Dari Wajah sampai Hobi

  • 30 November 2021, 18:53 WIB
Badai Kerispatih

Badai eks Kerispatih Ungkap Kisah Horor di Balik Lagu Mengenangmu

  • 30 November 2021, 15:42 WIB
Daffa Wardhana

Daffa Wardhana Rayakan Ultah ke-23 dengan Bantu Pendidikan di NTT

  • 30 November 2021, 14:37 WIB
Squid Game Gotham Awards 2021

Daftar Pemenang Gotham Awards 2021, Squid Game Breakthrough Series

  • 30 November 2021, 13:35 WIB
Bradley Cooper

Bradley Cooper Ditodong Pisau Saat Naik Kereta Bawah Tanah

  • 30 November 2021, 12:59 WIB
INDEKS