Kronologi Seorang TikTokers Diduga Bakar Hutan Demi Konten - Hits ZIGI.ID
Logo
Humaira Asghar
hits
Humaira Asghar
Photo: Instagram/@dollyofficial1
Humaira Asghar

ZIGI – Humaira Asghar, seorang TikTokers berpengikut lebih dari 11,5 juta orang sedang menjadi sasaran kemarahan publik. Musababnya ia dituding telah membakar hutan untuk konten video yang dibuatnya demi mendulang views.

Akibat viralnya video tersebut, Humaira Asghar dituntut meminta maaf sampai harus menghapus videonya. Seperti apa kronologi Humaira Asghar diduga membakar hutan demi konten? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 7 TikTokers Indonesia Ungkap Penghasilan dari Live Capai Ratusan Juta

Picu Kemarahan Publik

Humaira Asghar
Photo : TikTok/@dollyofficiall
Humaira Asghar

Di TikTok, Humaira Asghar dikenal dengan nama Dolly (@dollyofficiall) dan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 11,5 juta pengikut. Ia baru-baru ini mengunggah video sedang berjalan membelakangi kobaran api di sebuah hutan hingga memicu kemarahan publik.

"Api meletus di mana pun saya berada," kata Humaira Asghar dikutip Zigi.id dari Times Now pada Jumat, 20 Mei 2022.

Namun video kontroversial tersebut saat ini telah dihapus Humaira karena serangan publik datang bertubi-tubi terhadapnya. Terlihat dalam video berdurasi 15 detik itu, ia berjalan mengenakan gaun abu-abu glamor di tengah gelombang panas yang sedang melanda Pakistan-India.

Aktivis lingkungan yang juga Ketua Dewan Pengelolaan Margasatwa Islamabad, Rina S Khan Satti menilai tren yang dipopulerkan influencer seperti Humaira Asghar sangat berbahaya. Rina berharap ada tindakan tegas dari pihak berwajib untuk memberi hukuman terhadap pelaku pembakaran hutan.

"Ini adalah tren yang mengganggu dan membawa bencana di TikTok! Orang-orang muda yang putus asa membakar hutan kita selama musim panas dan kering ini! Di Australia, hukuman penjara seumur hidup bagi mereka yang memulai kebakaran hutan. Kita perlu memperkenalkan undang-undang serupa," cuit Rina S Khan Satti di Twitter.

Diselidiki Polisi

Humaira Asghar
Photo : TikTok/@dollyofficiall
Humaira Asghar

Buntut dari tindakan tersebut, Humaira Asghar saat ini bakal diselidiki polisi Islamabad yang sudah mengantongi laporan. Humaira akan diselidiki apakah ia terbukti melanggar undang-undang perlindungan lingkungan dan satwa liar negara itu.

“Area tersebut merupakan bagian dari Taman Nasional Margalla Hills yang telah melaporkan beberapa insiden kebakaran hutan baru-baru ini yang merusak ekosistem,” demikian bunyi laporan tersebut.

Margalla Hills merupakan kawasan yang masuk pegunungan Himalaya dan dilindungi secara undang-undang. Kawasan tersebut menjadi rumah bagi 600 jenis tanaman, 250 burung, 38 mamalia, serta 13 jenis reptil.

Klarifikasi

Humaira Asghar
Photo : TikTok/@dollyofficiall
Humaira Asghar

Akibat viralnya video tersebut, Humaira Asghar telah membuat klarifikasi. Melalui asistennya, ia membantah telah menyalakan api dan mengatakan dalam sebuah pernyataan tidak ada salahnya membuat video.

Dalam video yang dibagikan Asghar, penduduk setempat dikatakan sering membakar semak-semak untuk mengeluarkan ular yang bersembunyi. Tindakan berisiko itu dilakukan untuk mengusir ular besar yang dianggap berbahaya bagi anak-anak rentan di desa.

Selama dua bulan terakhir, Pakistan dan India telah dilanda gelombang panas yang parah yang telah menewaskan puluhan orang.

Menteri Federal Pakistan untuk Perubahan Iklim Sherry Rehman mengatakan, bahwa negaranya telah melewatkan musim semi dan langsung beralih dari musim dingin ke musim panas.

Baca Juga: Profil dan Biodata Elin Sherliana, Pengamen Cantik Kini Jadi TikTokers

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Geser Charli D'Amelio, Khaby Lame Jadi TikTokers Nomor 1 Dunia

  • 24 Juni 2022, 13:58 WIB
TikToker asal Senegal, Khaby Lame menggeser tahta Charli D'Amelio sebagai TikTokers dengan jumlah pengikut terbanyak di dunia.

10 Fakta Cooper Noriega, TikTokers Meninggal di Tempat Parkir

  • 16 Juni 2022, 14:27 WIB
Cooper Noriega ditemukan dalam keadaan tak bernapas di salah satu tempat parkir mal di Amerika Serikat.

6 TikTokers Kini Jadi Artis, Dita Kerang Debut di DJS The Movie

  • 23 April 2022, 08:00 WIB
Deretan TikTokers Indonesia yang kini menjadi artis, termasuk Dita Kerang, Ikke Jenner hingga Sandy SS.

Perkara TikTokers Rusia Bersikap Kasar ke ATEEZ Hingga Minta Maaf

  • 22 Desember 2021, 19:29 WIB
Ramai di media sosial TikTokers Rusia bernama Sharonova Alina bersikap kasar dan rasis terhadap ATEEZ saat fansign.

Kisah Demi Skipper, TikTokers yang Tukar Jepit Rambut Jadi Rumah Mewah

  • 19 Desember 2021, 20:53 WIB
Demi Skipper, TikTokers dengan eksperimen Trade Me Project mendapat rumah berawal dari tukar tambah sebuah jepitan rambut.

Kronologi TikTokers Ladydrivah 2.0 Meninggal Dunia di Truk

  • 15 November 2021, 17:15 WIB
TikTokers asal Amerika Serikat, Ladydrivah 2.0 atau Rachelle ditemukan meninggal di dalam truk hingga membuat warganet heboh.
The Latest
Christian Bale

6 Fakta Christian Bale, Aktor Gorr The God Butcher Dulunya Batman

  • 06 Juli 2022, 17:33 WIB
Medina Zein

Kasus Sudah P21, Medina Zein akan Dijemput Paksa Jika Mangkir

  • 06 Juli 2022, 17:30 WIB
Agnez Mo

Agnez Mo Kembali Jadi Anak SMP di Hari Ulang Tahun ke-36

  • 06 Juli 2022, 15:35 WIB
Rihanna

5 Fakta Rihanna Jadi Wanita Muda Terkaya di AS, Punya Harta Rp21 T

  • 06 Juli 2022, 15:30 WIB
Raisa

Raisa Kaget Saat Isi Bensin Mobil, Tagihan Capai Jutaan Rupiah

  • 06 Juli 2022, 15:17 WIB
INDEKS