Ketahui 5 Manfaat Daun Kelor untuk Mata yang Bikin Kamu Penasaran

Sisca Hits


Ketahui 5 Manfaat Daun Kelor untuk Mata yang Bikin Kamu Penasaran

Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan mata. Daun kelor mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan mata, seperti vitamin A, vitamin C, dan lutein.

Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea dan retina mata. Vitamin C membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas, dan lutein membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat penuaan dan penyakit kronis. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit mata seperti katarak dan glaukoma.

Manfaat Daun Kelor untuk Mata

Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata, salah satunya adalah karena kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea dan retina mata.

  • Vitamin A: Penting untuk kesehatan kornea dan retina
  • Vitamin C: Melindungi mata dari radikal bebas
  • Lutein: Melindungi mata dari sinar matahari
  • Antioksidan: Melindungi mata dari kerusakan akibat penuaan dan penyakit
  • Anti-inflamasi: Mengurangi peradangan pada mata

Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat penuaan dan penyakit kronis. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit mata seperti katarak dan glaukoma.

Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam pembentukan rhodopsin, pigmen yang terdapat pada sel-sel retina yang memungkinkan kita melihat dalam kondisi cahaya redup. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, yaitu kesulitan melihat dalam kondisi cahaya redup, dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga :  Temukan Manfaat Minyak Zaitun untuk Bulu Mata yang Bikin Kamu Penasaran

Daun kelor merupakan sumber vitamin A yang baik. Dalam 100 gram daun kelor segar, terkandung sekitar 13.200 IU vitamin A. Konsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A harian dan menjaga kesehatan mata.

Vitamin C

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel mata. Kerusakan akibat radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah mata, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C bekerja dengan menetralkan radikal bebas dan mencegahnya merusak sel-sel mata. Konsumsi vitamin C yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Daun kelor merupakan sumber vitamin C yang baik. Dalam 100 gram daun kelor segar, terkandung sekitar 70 mg vitamin C. Konsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian dan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Lutein

Lutein adalah antioksidan karotenoid yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada daun kelor. Lutein berperan penting dalam melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari, khususnya sinar ultraviolet (UV). Sinar UV dapat merusak sel-sel retina dan menyebabkan masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Lutein bekerja dengan cara menyerap sinar UV dan mencegahnya mencapai sel-sel retina. Lutein juga membantu melindungi sel-sel retina dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar UV. Konsumsi lutein yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Daun kelor merupakan sumber lutein yang baik. Dalam 100 gram daun kelor segar, terkandung sekitar 18,5 mg lutein. Konsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan lutein harian dan melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga :  Temukan 5 Manfaat Bunga Kitolod untuk Mata Minus yang Bikin Kamu Penasaran

Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel, termasuk sel-sel mata. Kerusakan akibat radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah mata, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula.

Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini bekerja sama untuk melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Anti-inflamasi

Peradangan pada mata dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, alergi, atau cedera. Peradangan pada mata dapat menyebabkan gejala seperti kemerahan, nyeri, dan penglihatan kabur. Dalam beberapa kasus, peradangan pada mata dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada mata. Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam daun kelor dapat membantu mengurangi produksi mediator inflamasi, sehingga membantu meredakan peradangan pada mata.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mengobati penyakit mata yang berhubungan dengan peradangan, seperti konjungtivitis dan uveitis. Dalam sebuah penelitian, penggunaan tetes mata ekstrak daun kelor selama 2 minggu efektif mengurangi gejala konjungtivitis, seperti kemerahan, nyeri, dan gatal.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji manfaat daun kelor untuk mata. Salah satu penelitian yang dilakukan di India menemukan bahwa konsumsi ekstrak daun kelor selama 3 bulan dapat meningkatkan kadar vitamin A dalam darah dan memperbaiki fungsi penglihatan pada anak-anak yang kekurangan vitamin A.

Studi lain yang dilakukan di Bangladesh menemukan bahwa konsumsi daun kelor mentah selama 6 minggu dapat mengurangi gejala mata kering pada orang dewasa. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsumsi daun kelor dapat meningkatkan produksi air mata dan mengurangi peradangan pada mata.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Sambiloto untuk Mata yang Jarang Diketahui

Meskipun penelitian-penelitian ini menunjukkan hasil yang menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat daun kelor untuk mata dan untuk menentukan dosis dan durasi konsumsi yang optimal.

Youtube Video:


Artikel Terkait

Bagikan:

Sisca Hits

Kenalin nama saya Sisca Hits. Saya adalah seorang penulis yang berpengalaman lebih dari 10 tahun. Saya gemar membaca dan selalu ingin berbagi pengalaman dalam bentuk artikel yang saya buat.

Artikel Terbaru