Ketahui 5 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Sebelum Tidur yang Jarang Diketahui

Sisca Hits


Ketahui 5 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Sebelum Tidur yang Jarang Diketahui

Makan bawang putih mentah sebelum tidur adalah kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama dan dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Bawang putih mengandung senyawa aktif yang disebut allicin, yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Beberapa manfaat makan bawang putih mentah sebelum tidur antara lain:

Cari Herbal Alami di Zymuno : https://s.shopee.co.id/7AIa94OhGK

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Melawan infeksi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Membantu tidur lebih nyenyak

Selain itu, makan bawang putih mentah sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan melindungi dari beberapa jenis kanker.

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Sebelum Tidur

Makan bawang putih mentah sebelum tidur memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Melawan infeksi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Membantu tidur lebih nyenyak

Selain itu, makan bawang putih mentah sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan melindungi dari beberapa jenis kanker. Misalnya, bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat antibakteri, sehingga dapat membantu melawan infeksi bakteri seperti E. coli dan Salmonella. Bawang putih juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat utama makan bawang putih mentah sebelum tidur adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih mengandung senyawa aktif yang disebut allicin, yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Senyawa ini dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi, seperti flu, pilek, dan infeksi saluran pernapasan lainnya.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ketika sistem kekebalan tubuh lemah, tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Makan bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Makan Jelly yang Wajib Kamu Intip

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan bawang putih mentah dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih adalah sel yang melawan infeksi. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit.

Melawan infeksi

Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu melawan berbagai infeksi. Senyawa aktif dalam bawang putih, allicin, telah terbukti efektif melawan bakteri seperti E. coli, Salmonella, dan Staphylococcus aureus. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu melawan virus seperti virus flu dan virus herpes simpleks.

Infeksi adalah salah satu penyebab utama penyakit di dunia. Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit. Infeksi dapat menyebabkan berbagai gejala, tergantung pada jenis infeksinya. Beberapa gejala umum infeksi antara lain demam, menggigil, kelelahan, dan nyeri.

Makan bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi. Sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur dalam bawang putih dapat membantu membunuh mikroorganisme penyebab infeksi.

Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah di arteri terlalu tinggi. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Makan bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bawang putih mengandung senyawa aktif yang disebut allicin, yang telah terbukti dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Hypertension” menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 8 mm Hg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) sebesar 5 mm Hg. Penurunan tekanan darah ini setara dengan efek obat penurun tekanan darah.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Makan Semangka di Pagi Hari yang Wajib Kamu Intip

Makan bawang putih mentah sebelum tidur dapat menjadi cara alami untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam darah. Kolesterol tinggi dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Bawang putih mengandung senyawa aktif yang disebut allicin, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Allicin bekerja dengan menghambat produksi kolesterol di hati dan meningkatkan ekskresi kolesterol dari tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Atherosclerosis” menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 10% dan meningkatkan kadar kolesterol HDL sebesar 15%. Penurunan kadar kolesterol ini setara dengan efek obat penurun kolesterol.

Makan bawang putih mentah sebelum tidur dapat menjadi cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Membantu tidur lebih nyenyak

Salah satu manfaat makan bawang putih mentah sebelum tidur adalah membantu tidur lebih nyenyak. Bawang putih mengandung senyawa aktif yang disebut allicin, yang memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Stres dan kecemasan adalah dua faktor umum penyebab sulit tidur. Ketika seseorang stres atau cemas, tubuhnya akan melepaskan hormon kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang dapat membuat seseorang sulit tidur.

Bawang putih dapat membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh dan meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah hormon yang membuat seseorang merasa tenang dan rileks. Dengan mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan kadar serotonin, bawang putih dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk tidur.

Baca Juga :  Temukan Manfaat Makan Pepaya di Malam Hari yang Bikin Kamu Penasaran

Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit. Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan tidur.

Makan bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan bawang putih mentah sebelum tidur memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu penelitian yang paling terkenal adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Hypertension”. Penelitian ini menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 8 mm Hg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) sebesar 5 mm Hg. Penurunan tekanan darah ini setara dengan efek obat penurun tekanan darah.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Atherosclerosis” menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) sebesar 10% dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) sebesar 15%. Penurunan kadar kolesterol ini setara dengan efek obat penurun kolesterol.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makan bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan mengurangi stres dan kecemasan. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat-manfaat ini.

Meskipun bukti ilmiah yang mendukung manfaat makan bawang putih mentah sebelum tidur cukup kuat, penting untuk dicatat bahwa bawang putih tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat resep. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi bawang putih mentah.

Youtube Video:


Artikel Terkait

Bagikan:

Sisca Hits

Kenalin nama saya Sisca Hits. Saya adalah seorang penulis yang berpengalaman lebih dari 10 tahun. Saya gemar membaca dan selalu ingin berbagi pengalaman dalam bentuk artikel yang saya buat.

Artikel Terbaru