Logo
Kardashians
hits
Menang Banding di Pengadilan, Keluarga Kardashian Dapat Rp167 M
Photo: Mirror.uk

ZIGI – Keluarga Kardashian yang terdiri dari Kim Kardashian, Khloe Kardashian dan Kourtney Kardashian terlibat pertempuran hukum dengan lini kosmetik Haven Beauty dan Hillair Capital sejak tahun 2016. Permasalahan ini diawali karena masalah lisensi produk kecantikan Kardashian Beauty, yang akhirnya berujung di pengadilan.

Dalam pertempuran tersebut, pengadilan California membuat keputusan yang menguntungkan keluarga Kardashian untuk menerima kompensasi sebesar Rp167 miliar (kurs Rp 14.577). Seperti apa kronologi permasalahan keluarga Kardashian dengan Haven Beauty dan Hillair Capital? Yuk simak terus informasinya!

Bermula dari perjanjian lisensi

Photo : Pinkvilla

Perselisihan terjadi bermula dari perjanjian lisensi, yang dibuat oleh keluarga Kardashian dengan Boldface Licensing + Branding yakni Kardashian Beauty pada tahun 2012. Perjanjian lisensi tersebut sudah tidak berlaku lagi, sehingga menimbulkan masalah keuangan. Di tahun selanjutnya, Hillair Capital membeli aset Kardashian Beauty, termasuk hak lisensinya. 

Keluarga Kardashian pun menyepakati perjanjian dengan Hillair Capital, untuk menggunakan merek dagang dan gambar untuk lini bisnis produk kecantikan keluarganya. Dalam kesepakatan tersebut, Hillair Capital akan memberikan uang muka sebesar US$1 juta beserta royalti dari penjualan produk Kardashian Beauty.

Belum mendapatkan royalti

Photo : Situs resmi Kardashian Beauty

Hingga Februari 2016, keluarga Kardashian merasa belum mendapatkan royalti apapun dari perjanjian tersebut. Pihak Kardashian kemudian meminta pihak Hillair Capital untuk memenuhi kewajibannya. Namun, pihak Hillair Capital mempertahankan argumennya bahwa keluarga Kardashian yang justru melanggar kesepakatan tersebut karena gagal mempromosikan produk kosmetiknya.

Konflik berlanjut ke arbitrase, di mana sebuah panel memihak keluarga Kardashian setelah sidang berjalan sembilan hari pada awal tahun 2018. Hakim Pengadilan Tinggi LA Country, Richard L. Fruin memihak keluarga Kardashian dengan memasukkan penilaian sekitar US$ 11,5 juta atau setara dengan Rp167 miliar.

Pengadilan juga melarang Hillair menggunakan merek nama Kardashian Beauty. Pihak Hillair berusaha mengajukan banding ke pengadilan, namun gagal untuk mempertahankan merek dagang Kardashian Beauty. Dengan begini, keluarga Kardashian menang dalam banding di Pengadilan California. 

Keluarga Kardashian menangkan banding

Photo : Situs resmi Kardashian Beauty

Berkat hal ini, keluarga Kardashian akan mendapatkan Rp167 miliar sebagai kompensasi. Mereka juga mendapat biaya banding sebesar US$ 2 juta atau Rp29 juta untuk bunga pasca-penghakiman. Michael Kump sebagai pengacara Keluarga Kardashian mengungkap perasaan kliennya atas hasil pengadilan tersebut. 

"Kim, Khloe dan Kourtney sangat senang dengan kemenangan penting ini di Pengadilan Banding California," ungkap Michael Kump, dikutip Zigi.id dari The Hollywood Reporter

Lebih lanjut, menurut sang pengacara, keluarga Kardashian berhak untuk mendapatkan haknya sesuai yang dijanjikan dan sudah tertera dalam perjanjian lisensi. Demi hal itu, keluarga Kardashian terpaksa mengajukan tuntutan di pengadilan negara bagian dan federal. 

“Ini merupakan perjalanan panjang sejak 2012 ketika mereka menandatangani perjanjian lisensi yang memungkinkan penggunaan nama dan wajah mereka dalam penjualan kosmetik,” tandas Michael Kump, pengacara keluarga Kardashian.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Kanye West - Kim Kardashian - Irina Shayk

Kanye West dan Irina Shayk Mesra, Kim Kardashian Merasa Gagal

  • 10 Juni 2021, 14:21 WIB
Heboh kabar Kanye West dan Irina Shay pacaran, seiring dengan ini Kim Kardashian pernah ngaku gagal menjadi seorang istri.
Kim Kardashian - Kanye West - Irina Shayk

Cerai dari Kim Kardashian, Kanye West Diduga Pacari Irina Shayk

  • 27 Mei 2021, 09:41 WIB
Kanye West dikabarkan pacaran dengan Irina Shayk pasca cerai dari Kim Kardashian, setelah 6 tahun menikah.
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Ernest Prakasa puasa Instagram selama satu minggu, berikut ini kesulitan dan dampak yang dirasakannya.
Resep Pizza Mini Roti Tawar

Resep Pizza Mini Roti Tawar Cocok Dicoba di Rumah

  • 26 Juli 2021, 14:46 WIB
Berikut resep pizza mini roti tawar lengkap dengan cara membuatala Chef William Gozali. Cocok dijadikan cemilan saat di rumah aja.
Tips Fashion

5 Tips Fashion ala Artis Korea Sesuai Bentuk Tubuh Agar Lebih Kurus

  • 26 Juli 2021, 14:17 WIB
Berikut 5 tips fashion sesuai bentuk tubuh, yakni tubuh apel, pir, jam pasir hingga penggaris agar lebih kurus ala artis Korea.
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Biodata Alica Schmidt dinobatkan sebagai atlet terseksi dan bertekad untuk bisa menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS