Logo
Aplikasi PeduliLindungi
hits
Mengenal Aplikasi PeduliLindungi, Bisa Cek Sertifikat Vaksin
Photo: Aplikasi PeduliLindungi

ZIGI – Aplikasi PeduliLindungi kini diandalkan pemerintah untuk melakukan pelacakan penyebaran Covid-19. Kini, aplikasi milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ini memiliki sejumlah fitur baru salah satunya bisa dimanfaatkan untuk check-in maupun check-out di bandara ataupun tempat umum lainnya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi PeduliLindungi ini juga terintegrasi dengan kartu atau sertifikat vaksin Covid-19 hingga hasil tes rapid antigen maupun PCR yang juga menjadi syarat perjalanan. Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi? Scroll yuk!

Aplikasi PeduliLindungi Lacak Covid-19 dengan QR Code

Sumber foto: Kemenkes

Pemerintah resmi meluncurkan aplikasi penerapan protokol kesehatan (Prokes) serta pelacakan digital, menjelang penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM mikro darurat di Jawa dan Bali yang dimulai pada 3 Juli - 20 Juli 2021. 

Aplikasi ini sebelumnya dipakai untuk program vaksinasi. Tapi kini, aplikasi PeduliLindungi sudah diubah dan bisa membantu melacak Covid-19. Dikutip dari Katadata, Senin, 5 Juli 2021, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan ini menjadi strategi untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Aplikasi PeduliLindungi ini sendiri bisa menjawab dua hal, yakni penerapan protokol kesehatan dan pelacakan kontak. Dengan adanya QR code di setiap tempat aktivitas manusia yang tinggi akan membantu kamu menerapkan protokol kesehatan dengan lebih baik.

Misalnya di sebuah restoran, setiap orang yang datang harus memiliki aplikasi PeduliLindungi di ponselnya. Lalu mereka akan diminta untuk men-scan kode QR di depan restoran. Dengan begitu, bisa terlihat apakah pengunjung sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 atau belum.

Nantinya, pengelola restoran akan memisahkan pengunjung yang sudah divaksin dan yang belum. Pengunjung yang telah divaksin diperbolehkan duduk di satu meja dengan lebih dari dua orang. Tidak hanya itu, pengunjung yang sudah vaksin juga boleh melepaskan maskernya. 

Sementara itu, untuk para pengunjung yang belum divaksin harus dibatasi maksimal dua orang dalam satu meja. Mereka juga diharuskan tetap menggunakan masker dan hanya boleh dibuka saat makan. QR Code ini juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk check-in dan check-out ketika mengunjungi bandara, gedung, mal, tempat makan, lokasi wisata, dan tempat umum lainnya.

Fitur Baru Aplikasi PeduliLindungi

Photo : Aplikasi PeduliLindungi

Kini, pemerintah melalui Kemenkominfo juga sudah menambah sejumlah fitur baru di aplikasi PeduliLindungi. Salah satunya, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi Electronic Healt Alert (e-HAC), yakni aplikasi yang dikembangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai syarat untuk melakukan perjalanan baik di dalam maupun ke luar negeri. 

Integrasi ini bertujuan agar petugas bandara lebih mudah dalam melakukan validasi sebelum penumpang check-in. Dengan begini, petugas juga bisa melakukan pemeriksaan secara cepat dan memvalidasi informasi yang diberikan penumpang.

Dalam fitur ini, para pengguna diwajibkan untuk memasukkan sejumlah informasi seperti nomor identitas, tujuan perjalanan, estimasi waktu kedatangan hingga kendaraan yang digunakan. Selain itu, para pengguna juga diharuskan mengisi informasi kesehatan dengan menandai check box yang sesuai gejala yang dirasakan.

Sekarang ini, Kemenkes juga sudah ada terafiliasi dengan 742 laboratorium dan memasukkan data ke dalam big data Kemenkes yang diberi nama New All Record atau NAR. Hanya hasil swab PCR/Antigen dari lab yang sudah terafiliasi yang bisa dipakai sebagai syarat penerbangan.

Download Kartu Vaksinasi

Photo : PeduliLindungi.id

Aplikasi PeduliLindungi ini juga bisa digunakan untuk sertifikasi vaksinasi Covid-19 yang kini menjadi salah satu syarat perjalanan jarak jauh. Persyaratan ketat ini diberlakukan agar orang dengan urusan tidak terlalu mendesak tetap tinggal dan tidak melakukan mobilitas.

Gunadi Sadiki juga sempat menyebut sertifikat vaksin ini nantinya dipakai sebagai standar protokol kesehatan baru. Hal ini akan diberlakukan saat orang Indonesia sudah banyak yang menerima vaksin. Tapi untuk sejarang, sertifikat atau kartu vaksin ini baru menjadi syarat untuk bepergian, seperti naik pesawat. Walaupun, penumpang tetap harus menunjukkan hasil tes PCR negatif Covid-19.

Sebenarnya, dari SMS 1199 sudah tercantum untuk melihat maupun mengunduh sertifikat vaksin. Penerimanya juga bisa menyimpan bukti tersebut di ponsel yang mereka digunakan dengan mengklik tautan yang disertakan. Selain itu, sertifikat vaksin ini juga bisa di-download melalui aplikasi PeduliLindungi dengan cara berikut.

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi di ponsel yang sudah kamu download di Apple AppStore atau PlayStore.
  2. Daftar akun terlebih dahulu dengan memasukkan nomor telepon dan nantinya kamu diminta memasukkan kode one-time password (OTP) yang dikirim melalui SMS.
  3. Setelah memasukkan kode OTP, kamu akan menuju halaman utama atau beranda. 
  4. Klik ikon profil di sebelah kanan dan pilih 'Sertifikat Vaksin'. 
  5. Isi NIK dan nomor ponsel yang terdaftar. Sama seperti di situsnya, pada aplikasi juga akan muncul sertifikat vaksin Anda, baik yang pertama maupun kedua. 
  6. Klik satu per satu sertifikat tersebut dan pilih download. Simpan di dokumen atau file gambarnya di ponsel kamu.

Itu tadi fitur baru sampai cara men-download sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi. Semoga bermanfaat ya!

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
Ji Chang Wook

Ji Chang Wook Positif Covid-19, Nasib Drama The Sound of Magic

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Ji Chang Wook positif Covid-19 saat jalani syuting drama The Sound of Magic yang dia bintangi bersama Hwang In Yeop.
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
Artis TikTok Juy Putri mengadakan pesta ulang tahun ke-18 saat PPKM berlangsung, banjir kritikan dari warganet.
Hani EXID

Kronologi Hani EXID Positif Covid-19, Tengah Syuting Drama Baru

  • 20 Juli 2021, 11:23 WIB
Hani EXID positif Covid-19. Diketahui tertular dari seorang staf terdekat dan tengah menjalani syuting drama Idol: The Coup.
Minhyuk BTOB

Kronologi Minhyuk BTOB Positif Covid-19, Tertular dari Guru Vokal

  • 17 Juli 2021, 14:48 WIB
Minhyuk BTOB dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya negatif. Minhyuk diduga tertular dari guru vokalnya.
So junghwan dan doyoung treasure

So Junghwan TREASURE Positif Covid-19 Setelah Doyoung

  • 16 Juli 2021, 15:42 WIB
So Junghwan TREASURE positif Covid-19. Sang maknae yang dijuluki Super King Cow Baby dinyatakan positif setelah Kim Doyoung.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS