Logo
wan abud
  • Oleh Indriane

  • Jum'at, 18 Juni 2021 | 13:05 WIB
hits
Mengenang Wan Abud, Aktor Putri Duyung Meninggal karena Covid-19
Photo: Instagram/@topjabar.co

ZIGI – Fuad Alkhar atau yang lebih dikenal Wan Abud meninggal pada Jumat, 18 Juni 2021. Kariernya melambung di tahun 90-an termasuk beradu akting dengan Ayu Azhari dalam sinetron Putri Duyung.

Kepergian Wan Abud ini membuat artis senior Tanah Air berduka. Kiki Fatmala hingga Ayu Azhari membagikan momen kenangan saat mereka terlibat proyek bersama Wan Abud. Berikut artikelnya!

Aktor

Wan Abud memulai kariernya sebagai aktor di tahun 1989 silam. Aktor bernama asli Fuad Alkhar ini debut akting dalam film Nona Manis pada tahun 1990 yang juga dibintangi oleh Meriam Bellina dan Kiki Fatmala. Tak berhenti sampai situ, Wan Abud juga pernah membintangi film Catatan Si Boy V bersama Paramitha Rusady, Didi Petet dan Sophia Latjuba.

Di tahun 1999, ia berperan sebagai Wan Abud dalam sinetron Putri Duyung. Karakter tersebut melekat pada dirinya sehingga ia lebih dikenal sebagai Wan Abud daripada Fuad Alkhar. Beradu akting dengan Ayu Azhari, Wan Abud diceritakan sebagai tokoh antagonis yang kerap melukai Putri Duyung namun selalu gagal. Kata-kata ikonik yang selalu keluar dari mulut Wan Abud ialah ‘Ente Bahlul’.

Setelah itu, ia terus membintangi beberapa sinetron lainnya seperti Si Doel 6 (2002), Emak Ijah Pengen ke Mekkah (2013) hingga Jodoh Wasiat Bapak (2017). Film terakhirnya berjudul Harim di Tanah Haram pada 2015 lalu.

Berbisnis

Photo : Instagram/@azharisisters

Aktor yang lahir pada 10 Januari 1959 ini juga terjun ke dunia bisnis di bidang tata rias pengantin. Ia mengungkapkan bahwa ibu dan neneknya pernah jadi penata rias sehingga ia ingin meneruskan cita-cita mereka dengan membangun bisnis tersebut. Dalam wawancara beberapa bulan lalu, Wan Abud mengungkapkan bahwa ia juga bisnis jual beli rumah.

“Udah kita sekarang mensyukuri aja di hari tua ini. Ada yang panggil nyanyi ngamen, Alhamdulillah (ambil tawaran) nyanyi. Sekarang lagi fokusnya jual beli rumah. Bangun rumah kecil-kecilan, yang penting halal,” kata Wan Abud dalam kanal YouTube Yanti Muswara Official dengan judul ‘Seorang Wan Abud yang Tidak Semua Orang Ketahui’.

Meninggal karena Covid-19

Photo : Berbagai sumber

Wan Abud meninggal dunia karena Covid-19. Menurut seorang sumber, petugas kesehatan sempat menangani Wan Abud namun nyawanya tak tertolong. Wan Abud akan dimakamkan di pemakaman khusus Covid-19.

“Jadi bapak Fuad ini meninggal dunia ini tadi malam. Sebelumnya beliau terkonfirmasi positif dan kita merujuk ke Rumah Sakit UI. Namun mungkin karena keadaan rumah sakit sekarang lagi full ya, jadi kita sempat tangani dulu bapak almarhum. Namun kita sudah maksimal, bapak Fuad meninggal dunia,” kata seorang sumber dikutip dari Instagram @lambe_turah.

Selebriti Berduka

Photo : Instagram

Kepergian Wan Abud ini meninggalkan luka mendalam bagi selebriti Tanah Air. Ayu Azhari membagikan potret bersama Wan Abud dan menyebutnya sebagai sahabat. Sementara, Kiki Fatmala mengatakan bahwa Wan Abud adalah partner terbaiknya.

Selamat jalan Abud. Kamu partner terbaik. Semoga Tuhan menempatkan dirimu di tempat yang terbaik. Amin,” tulis Kiki Fatmala.
Selamat jalan sahabatku, semoga engkau mendapat tempat terindah di sisi-Nya yaitu di surga-Nya yang sangat indah . Aamiin ya rabbal’alamin,” tulis Ayu Azhari.

Profil dan Biodata Wan Abud

Photo : Instagram/@lambe_turah

Nama Lengkap: Fuad Alkhar
Nama Panggilan: Wan Abud
Tanggal Lahir: Jakarta, 10 Januari 1959
Meningga Dunia: 18 Juni 2021
Umur: 62 tahun
Profesi: Aktor, pebisnis

Wan Abud meninggal dunia di usia 62 tahun. Hingga saat ini, kolom komentar Instagram @lambe_turah dibanjiri dengan doa dari publik usai memberitakan kepergian Fuad Alkhar. Selamat jalan Wan Abud!

  • Editor: Indriane
Recommended
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Profil dan biodata lengkap Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis yang dijuluki The Minions dengan Marcus Gideon.
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Fakta, profil, agama Axel Matthew Thomas. Pemeran Lionel di web series Antares pernah terseret kasus narkoba.
Hospital Playlist 2

Link Nonton Hospital Playlist 2 Episode Spesial 29 Juli 2021

  • 29 Juli 2021, 18:26 WIB
Hospital Playlist 2 episode 7 tidak tayang minggu ini, digantikan episode spesial. Ada pula konten pemain di YouTube Na Young Suk.
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Profil, biodata, agama Vanesha Prescilla, sering dikira keturunan bule padahal asli Indonesia. Siapa pacarnya sekarang?
ENHYPEN

Lirik Lagu Hey Tayo - ENHYPEN dan Terjemahan, OST Little Bus Tayo

  • 29 Juli 2021, 17:57 WIB
Lirik lagu Hey Tayo - ENHYPEN dalam romanization hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. OST kartun Little Bus Tayo versi remake.
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Perusahaan game asal Amerika Serikat, Riot Games meraup untung besar berkat game seperti League of Legends dan Valorant.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS