Polisi Ungkap Alasan Staf Holywings Ditetapkan Jadi Tersangka - Hits ZIGI.ID
Logo
Kasus Holywings
hits
Kasus Holywings
Photo: YouTube/Deddy Corbuzier
Kasus Holywings

ZIGI – Imbas iklan minuman beralkohol yang memuat unsur agama, izin usaha kafe Holywings di Jakarta dicabut oleh pemerintah daerah. Tempat hiburan milik Hotman Paris Hutapea tersebut sebelumnya mengiklankan dua minuman keras yang diberi nama Muhammad dan Maria.

Kemarahan dari banyak pihak khususnya umat Islam dan Kristen pun pecah dan melaporkan Holwings ke pihak kepolisian. Menanggapi kasus tersebut, pihak kepolisian menjelaskan lebih rinci mengenai kasus ini di podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier.

Seperti apa penjelasan pihak kepolisian tentang kasus Holywings tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Staf Holywings Jadi Tersangka atas Dugaan Penistaan Agama

Sesuai Undang-undang

Kasus Holywings
Photo : YouTube/Deddy Corbuzier
Kasus Holywings

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, penetapan karyawan Holywings sebagai tersangka dalam kasus iklan miras sudah melalui banyak tahap. Menurut Dedi, enam orang ditetapkan sebagai tersangka setelah melalui penyidikan terhadap para saksi.

"Dari perspektif penegakan hukum tentunya dari Polres Jakarta Selatan sudah mendengarkan beberapa keterangan saksi ahli. Ada saksi ahli bahasa, saksi ahli hukum pidana, dan saksi ahli agama," kata Irjen Dedi dikutip dari YouTube Deddy Corbuzier pada Selasa, 28 Juni 2022.

Ia menambahkan, dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka, polisi wajib mengantongi dua alat bukti menurut pasal 184 KUHP. Dalam perkara iklan Holywings, motivasi pembuat konten bisa menjadi dasar polisi untuk menggali kasus lebih dalam lagi.

"Ini penggunaan media sosial harus betul-betul dipahami bahwa ini area publik. Sensitivitas terhadap semua hal harus diperhitungkan," tegas Irjen Dedi.

Keresahan Masyarakat

Holywings
Photo : Instagram/@holywingsindonesia
Holywings

Lebih lanjut, kasus Holywings dianggap bertentangan dengan UU ITE, pasal penistaan agama dan pasal-pasal konvensional di KUHP. Kegaduhan di sosial media yang ditimbulkan Holywings telah memicu keresahan masyarakat sehingga perlu ditangani dengan cepat.

"Kita punya berbagai macam kasus yang sebelumnya seperti itu (membuat keresahan). Apabila tidak cepat ditangani, dilakukan mitigasi oleh Polri maka masyarakat akan bereaksi," tambah Irjen Dedi.

Sosok yang biasa menjadi juru bicara Polri tersebut menambahkan, pengusutan kasus Holywings bertujuan untuk melindungi banyak pihak. Bahkan enam tersangka segera diamankan agar menghindari reaksi publik yang berpotensi melawan hukum.

Di sisi lain, permintaan maaf Holywings dipersoalkan netizen karena para atasan perusahaan dinilai lepas tangan terhadap nasib karyawannya. Sementara itu, Hotman Paris Hutapea bergerak cepat dengan menemui Rais Suriah PBNU, KH Cholil Nafis.

“Saya atas nama pribadi dan juga atas nama Holywings sebagai institusi, memohon maaf kepada Bapak Kiai Cholil Nafis dan juga kepada umat Islam. Mudahan-mudahan permohonan maaf kami ini dikabulkan,” kata Hotman Paris Hutapea saat bertamu langsung menemui sang kyai. 

Baca Juga: 4 Pernyataan Hotman Paris Soal Kasus Holywings

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Kronologi Hotman Paris Dilarikan ke Rumah Sakit karena Keracunan Obat

  • 09 Agustus 2022, 12:51 WIB
Kondisi terkini Hotman Paris Hutapea setelah dilarikan ke rumah sakit karena keracunan obat dan mencoba menguruskan badan.

3 Artis Beri Hadiah ke Roy Citayam, Ivan Gunawan Kacamata Rp30 Juta

  • 28 Juli 2022, 07:00 WIB
Berkat viralnya Citayam Fashion Week, Roy Citayam diberi hadiah oleh beberapa artis termasuk Ivan Gunawan hingga Ayu Ting Ting.

Disomasi Hotman Paris, Richard Lee Ungkap Hubungan sama Kienzy Myelin

  • 25 Juli 2022, 14:11 WIB
Richard Lee akhirnya buka suara terkait disomasi Hotman Paris dan jelaskan hubungan sama TikTokers Kienzy Myelin.

Kronologi Hotman Paris Somasi Richard Lee dan TikTokers Kienzy Myelin

  • 17 Juli 2022, 11:14 WIB
Hotman Paris ancam gugat Richard Lee dan TikTokers Kienzy Myelin sebesar Rp50 miliar, tak terima namanya diseret dan difitnah.

Usai Viral, Roy Citayam Kini Jadi Hotman Paris Junior

  • 15 Juli 2022, 14:50 WIB
Roy Citayam diundang Hotman Paris ke hotel bintang lima hingga kenakan outfit mewah. Disebut sebagai Hotman Paris Junior.

4 Pernyataan Hotman Paris Soal Kasus Holywings

  • 27 Juni 2022, 11:34 WIB
Jadi salah satu pemegang saham, Hotman Paris buka suara soal kasus Holywings promosi minuman dengan nama Muhammad dan Maria.
The Latest
Maudy Ayunda dan Jesse Choi

Maudy Ayunda dan Jesse Choi Terdampak Banjir di Seoul Korea Selatan

  • 09 Agustus 2022, 16:50 WIB
Dream Theater

Siap Konser, Dream Theater Tiba di Solo dan Undang Presiden Jokowi

  • 09 Agustus 2022, 15:08 WIB
Mew Suppasit

Kondisi Mew Suppasit Usai Dikhawatirkan Fans Terjebak Banjir Seoul

  • 09 Agustus 2022, 13:27 WIB
Hotman Paris

Kronologi Hotman Paris Dilarikan ke Rumah Sakit karena Keracunan Obat

  • 09 Agustus 2022, 12:51 WIB
Lucinta Luna

Lucinta Luna Ngamuk Perubahan Wajahnya Disebut Tak Secantik Dulu

  • 09 Agustus 2022, 11:43 WIB
INDEKS