Logo
Alsa Aqilah
hits
Profil & Biodata Alsa Aqilah, Musisi TikTok Di-follow Bella Hadid
Photo: Instagram/@alsaaql

ZIGI – Alsa Aqilah, namanya semakin populer berkat video-video yang diunggah di platform TikTok. Dia bahkan memiliki fans di sejumlah negera. Alsa pun sampai di-follow oleh supermodel, Bella Hadid. Baru-baru ini, Alsa Aqilah akhirnya merilis single perdananya berjudul Lihai

Sebenarnya, gadis bernama asli Alsa Putri Aqilah ini sudah memulai kariernya sejak kecil. Alsa pernah berkompetisi di beberapa ajang pencarian bakat. Beberapa waktu lalu, Alsa Aqilah mengaku sampai menangis saat di-notice oleh idolanya, IU.

Sebenarnya siapa sosok Alsa Aqilah? Simak profil dan biodata Alsa Aqilah beserta ceritanya yang berhasil mencuri perhatian artis-artis luar negeri yang diungkapkan secara eksklusif saat live Instagram bersama Zigi.id pada Senin, 5 Juli 2021. Scroll sampai habis ya!

Keluarga Alsa Aqilah

Photo : Instagram/@alsaaql

Alsa Aqilah lahir di Batam pada 3 Maret 2003, dengan nama asli Alsa Putri Aqilah. Dia adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Alsa memiliki adik yang berjarak sangat jauh yakni 16 tahun. Itu berarti, adik Alsa Aqilah kini masih berusia 2 tahun.

Meskipun lahir di Batam, tapi sebenarnya ibu Alsa merupakan orang Riau sementara ayahnya orang Madura, Jawa Timur. Tapi Alsa Aqilah pernah lama tinggal di Semarang, Jawa Tengah. 

Pendidikan Alsa Aqilah

Photo : Instagram/@alsaaql

Mengikuti ayahnya yang kerja berpindah-pindah, Alsa Aqilah juga sekolah di kota yang berbeda-beda. Alsa menjalani pendidikan TK di Bangka Belitung. Kemudian, SD di Semarang dan menghabiskan sebagian masa SMP-nya juga di Semarang.

Tapi kemudian dia pindah dan melanjutkan sekolah SMP di Jakarta. Alsa Aqilah pun menjalani masa SMA di Jakarta. Kini, Alsa Aqilah baru akan memasuki bangku kuliah di Universitas Indonesia jurusan Administrasi Negara setelah lolos melalui jalur SNMPTN.

Awal Karier Alsa Aqilah

Photo : YouTube/The Voice Kids Indonesia GTV

Alsa Aqilah sudah mulai bernyanyi sejak usia 3 tahun. Dia pernah mengikuti Idola Cilik di tahun 2013 dan The Voice Kids Indonesia 2016. Tapi Alsa yang masuk ke tim Agnez Mo, gagal di babak battle round. Meskipun gagal menjadi juara, tapi Alsa Aqilah tetap berkarya. 

Alsa aktif membuat cover yang diunggah ke Instagram maupun YouTube-nya. Sampai akhirnya, dia bertemu dengan CEO Indomusikgram, Christian Bong dan diajak untuk bergabung di label Acuan Entertainment.

Sebelum bergabung dengan label rekaman, Alsa Aqilah mengaku sempat dihadapkan dengan pilihan yang sulit karena dia juga ditawari untuk mengikuti ajang Indonesian Idol. Hingga akhirnya, dia memilih untuk bergabung dengan Acuan Entertainment.

"Fun fact jadi aku sempet ditawarin Indonesian Idol pas itu dan itu barengan banget ditawarin untuk sign label yang sekarang ini. Jadi aku pas itu cukup dihadapkan dengan dua pilihan, sulit sih. Tapi akhirnya setelah mikir-mikir milih buat sign dan nolak Idol 2020," ungkap Alsa Aqilah kepada Zigi.id.

Populer di TikTok

Photo : TikTok

Alsa Aqilah pertama kali booming di TikTok karena video mashup yang dibagikannya pada 2020 lalu. Alsa tidak menyangka videonya ramai ditonton. Dia pun membuat video mashup lainnya dan video cover dari penyanyi populer yang membuatnya semakin terkenal. Kini diakui Alsa pengikutnya lebih banyak dari luar Indonesia.

"Fun fact followers aku banyak dari luar dibandingkan Indonesia. Jadi dari TikTok, sebenarnya dulu emang banyaknya Indonesia, tapi sekarang malah banyak dari luar. Paling banyak itu, dari Filipina terus banyak Indonesia," kata Alsa.

"Habis itu banyak dari Thailand, US, UK, terus Meksiko gitu, dari Korea juga ada. Jadi TikTok itu nyebar videonya kemana-mana gitu, kalau orang Indonesia belum tentu ke Indonesia. Kalau kontennya pakai bahasa Inggris, jadi dia bisa otomatis ke luar juga," sambungnya.

Di-follow Bella Hadid

Photo : Instagram/@alsaaql

Kemampuan bernyanyi Alsa Aqilah rupanya ikut mencuri perhatian Bella Hadid. Adik Gigi Hadid itu bahkan sampai mem-follow akun milik Alsa.  

"Kalau yang Bella Hadid aku enggak tahu (karena lagu apa), karena Bella Hadid itu follow. Jadi aku enggak tahu dia nge-like atau comment video yang mana. Kayaknya dia enggak pernah ninggalin komen gitu," ujar Alsa Aqilah.

Hal ini baru diketahui Alsa Aqilah setelah penggemar memberitahukan kepadanya. Alsa langsung mengikuti kembali akun Bella Hadid, setelah mengetahui hal ini.

"Jadi aku tahunya dari followers aku kalau dia follow aku karena kita enggak tahu siapa aja yang follow kita di TikTok. Abis itu di komen, Alsa itu Bella Hadid follow kamu, terus aku cek beneran. Terus akhirnya aku baru followback," tambahnya.

Selain Bella, Alsa juga menarik perhatian sejumlah bintang populer lainnya seperti Meghan Trainor, Anne Marie hingga Alan Walker. Salah satu video cover Alsa yang viral di TikTok sudah ditonton lebih dari 121 juta kali dengan rata-rata views di atas 1 juta. Per 6 Juli 2021, total pengikut Alsa di TikTok, @alsaaql sudah mencapai 10,1 juta followers.

Di-notice IU

Photo : Instagram/@alsaaql

Tidak hanya Bella Hadid saja, Alsa Aqilah juga pernah di-notice oleh IU, solois asal Korea Selatan yang begitu diidolakannya. Kejadian ini berawal saat Alsa mengikuti challenge yang digelar IU setelah merilis single terbarunya berjudul Celebrity pada Januari 2021.

"Sebenernya challenge-nya bukan nyanyi, jadi kayak kompilasi tentang diri kita, foto-foto, video menyenangkan gitu. Aku tetep ikut challenge-nya tapi pakai suara aku sendiri, jadi suara backsound-nya pakai suara cover aku sendiri gitu kan," kisah Alsa Aqilah.

Gadis yang baru masuk kuliah ini sempat merasa ragu mengikuti tantangan itu karena jadwal kompetisinya sudah berakhir. Tapi setelah beberapa hari, dia dibuat kaget melihat ada notifikasi komentar dari akun Instagram IU. Penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu memuji suara Alsa Aqilah. Karena hal ini, Alsa bahkan sampai dibuat menangis bahagia.

"Sebenernya itu deadline kompetisinya udah selesai, yaudahlah coba aja siapa tahu dia masih lihat-lihat kan. Terus aku nunggu berapa hari gitu, akhirnya di-notice. Di komen kayak pitch-nya pas, aku lupa kata-katanya gimana. Sumpah itu aku sampai nangis," ungkap Alsa Aqilah.

Cerita Lagu Lihai

Photo : YouTube/ACUAN ent.

Pada Rabu, 23 Juni 2021, Alsa Aqilah akhirnya memulai debutnya sebagai penyanyi profesional dengan merilis lagu perdananya berjudul Lihai. Lagu ciptaan Dimas Wibisana dan Bianca Nelwan ini dipilih Alsa karena berdasarkan pengalaman pribadinya.

Saat proses rekaman, ada lima lagu lain yang menjadi pilihan. Tapi Alsa mengaku dirinya lebih menyukai lagu Lihai karena nadanya yang paling menempel. Diakui Alsa, lagu ini sendiri menceritakan tentang seorang pria yang membohongi kekasihnya.

"Lihai itu ceritanya, jadi cowok ini di dalam sebuah relationship, dia itu lihai bermain cinta. Misalnya, kayak ngebohongin ceweknya, pokoknya dia lihai bermain cinta deh. Jadi ceweknya merasa di control, kayak dibego-begoin sama cowoknya," kata Alsa.

Pasca lagu ini dirilis, banyak fans yang menyayangkan mengapa Alsa tidak meluncurkan lagu berbahasa Inggris, mengingat penggemarnya kini lebih banyak dari luar Indonesia. Ternyata, lagu ini sudah dipersiapkan sejak November 2020, sebelum Alsa populer di TikTok. Meski begitu, Alsa Aqilah akan merilis lagu berbahasa Inggris untuk single berikutnya.

"Lagu Lihai ini sebenarnya sudah direkam sejak November 2020, saat itu aku belum gitu banget di TikTok dan followers-nya masih ratusan ribu dan fans aku cuma dari Indonesia dan Filipina. Aku belum berpikir untuk rilis lagu bahasa Inggris. Jadi akhirnya kita mutusin lagu pertama bahasa Indonesia. Jadi untuk next single kedua atau ketiga akan menggunakan bahasa Inggris," tandas Alsa Aqilah.

Profil dan Biodata Alsa Aqilah

Photo : Instagram/@alsaaql

Nama Lengkap: Alsa Putri Aqilah
Nama Panggilan: Alsa Aqilah
Tempat, Tanggal Lahir: Batam, 3 Maret 2003
Umur: 18 tahun
Profesi: Penyanyi
Pendidikan: Administrasi Negara di Universitas Indonesia
Instagram: @alsaaql
TikTok: @alsaaql
YouTube: Alsa Aqilah

Demikian profil dan biodata Alsa Aqilah yang populer di TikTok dan sempat di-follow Bella Hadid dan di-notice IU. Wow, masih muda sudah terkenal banget ya! 

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
AKMU dan IU

Makna Lirik Lagu NAKKA - AKMU (with IU) dan Terjemahan Indonesia

  • 26 Juli 2021, 16:56 WIB
Makna arti lirik lagu NAKKA milik AKMU featuring IU dalam romanisasi hangul dan terjemahan bahasa Indonesia dirilis 26 Juli 2021.
Bella hadid marc kalman

Marc Kalman, Pacar Baru Bella Hadid Art Director Album Travis Scott

  • 09 Juli 2021, 13:03 WIB
Sosok hingga pekerjaan Marc Kalman, pacar baru Bella Hadid yang bikin Gigi Hadid hingga Hailey Baldwin komentar.
The Weeknd - Selena Gomez - Angelina Jolie

5 Artis Cantik Dekat sama The Weeknd, Terbaru Angelina Jolie

  • 03 Juli 2021, 12:08 WIB
Berikut ini 5 artis cantik yang dikabarkan dekat dengan The Weeknd, terbaru tertangkap kamera makan malam bareng Angelina Jolie.
Jebung

Fakta di Balik Lirik Lagu Cassava - Jebung

  • 28 Juni 2021, 21:42 WIB
Jebung atau Jessica Sabar Bungauli mengungkap secara eksklusif pada Zigi.id soal fakta di balik lirik lagu Cassava.
Jebung - Alsa Aqilah

Gabung Label, Jebung dan Alsa Aqilah Wujudkan Mimpi Jadi Penyanyi

  • 26 Juni 2021, 19:49 WIB
Jebung dan Alsa Aqilah mewujudkan mimpinya sebagai penyanyi profesional setelah bergabung dengan label musik, Acuan Entertainment.
Alsa Aqilah

Lirik Lagu Lihai - Alsa Aqilah, Kekecewaan Dibohongi Pacar

  • 25 Juni 2021, 17:51 WIB
Alsa Aqilah, penyanyi yang populer di TikTok merilis lagu pertamanya berjudul Lihai yang bercerita tentang kekecewaan dibohongi.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS