Profil dan Biodata Bens Leo: Agama, Karier, hingga Meninggal Dunia - Hits ZIGI.ID
Logo
Bens Leo
hits
Bens Leo
Photo: @bensleo52/Instagram
Bens Leo

ZIGI – Bens Leo meninggal dunia akibat Covid-19 pada Senin, 29 November 2021. Dikenal sebagai jurnalis dan pengamat musik yang mengawali kariernya seja tahun 1971 di Majalah Aktuil, mendiang Bens Leo mengikuti perkembangan musisi top Indonesia seperti Vina Panduwinata, Guruh Soekarno Putra, Addie MS, hingga Yuni Shara sejak awal. 

Sosoknya yang kerap kali dijadikan acuan ketika membahas sejarah musik Indonesia. Sambil mengenang, yuk simak fakta, profil, dan biodata Bens Leo lewat artikel di bawah ini. 

Baca Juga: Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Musisi Indonesia Berduka

1. Keluarga Bens Leo

Bens Leo dan Istri
Photo : Instagram @bensleo52
Bens Leo dan Istri

Bens Leo menikah dengan dokter ahli gizi bernama Pauline Endang Praptini. Pasangan ini dikaruniai satu anak bernama Addo Gustaf.

Beberapa kali, Bens Leo membagikan momen kebersamaan ketiganya lewat Instagram pribadi @bensleo52. Bens Leo dikenal dekat dengan sang ibu yang sering ia panggil Mami Hartomo. Sang ibu saat ini tinggal di Temanggung. Akibat larangan mudik, Bens mengakui ia juga kesulitan bertemu dengan sang Ibunda tercinta.

2. Awal Karier Bens Leo Sebgai Jurnalis Musik

Bens Leo
Photo : Instagram @bensleo52
Bens Leo

Awal kariernya dimulai ketika Bens Leo merasa gagal setelah tidak masuk seleksi pendidikan AKABRI. Tidak enak pada ibunya yang single parent, Bens memutuskan untuk mewawancarai Koes Plus agar bisa mendapat honor jika tulisannya dicetak. Ternyata wawancara tersebut sukses dan jadi headline di Majalah Yudha Sport & Film.

Karier Bens Leo semakin membaik usai ditunjuk meliput Festival Lagu Pop Indonesia yang populer tahun 70-an. Ia kemudian ditunjuk mendampingi Guruh Soekarno Putra, anak dari Presiden Soekarno, tampil di Popular Song Festival Tokyo, Jepang pada 1976. Bens menjadi satu-satunya wartawan musik Indonesia yang meliput.

Bens Leo bersama Maxi Gunawan sempat mendirikan majalah Newsmusik yang terbit di akhir 1990-an. Ia menjadi kepala redaksi dengan sokongan penuh dari pengusaha Maxi Gunawan. Majalah ini sempat booming di awal penerbitan dan menjadi acuan untuk mengetahui kabar musik terbaru. Akan tetapi, Newsweek mulai tergeser dengan media digital. Bens pun keluar dari redaksi pada tahun 2003.  

Hingga kini, sosok Bens Leo adalah legenda bagi dunia musik Indonesia. Ia mengamati perubahan musik dari berbagai era, dan tidak sungkan untuk berdiskusi dengan para penyanyi muda. Banyak pengamat musik generasi baru menjadikan Bens Leo sebagai panutan. Termasuk sikap objektifnya dalam menilai musik.

3. Bens Leo Baru Saja Menerbitkan Buku

Bens Leo
Photo : Instagram @bensleo52
Bens Leo

Buku Bens Leo dan Aktuil: Rekam Jejak Jurnalisme Musik diluncurkan pada September 2021 oleh Museum Musik Indonesia. Majalah Aktuil terbit pertama kali pada tahun 1967 di Bandung. Popularitas Aktuil semakin besar di era 70-an setelah Remy Sylado masuk dalam jajaran redaksi. Majalah ini jadi semacam buku bacaan wajib anak muda saat itu. Fokusnya tidak hanya musik, tapi juga berita pop lainnya.

Kedekatan Bens Leo dengan Aktuil dimulai ketika ia mengirimkan wawancara dengan band Panbers. Wawancara tersebut dikirim oleh Tonny Koeswoyo, personel Koes Bersaudara, ke redaksi majalah Aktuil. Ia pun direkrut menjadi bagian dari redaksi Majalah Aktuil tahun 1971 dan mendapatkan nama pena Bens Leo.

Dirinya tidak hanya menjadi wartawan tulis, tapi juga merangkap sebagai fotografer. Beberapa foto yang diambil oleh menjadi sampul majalah Aktuil.  Buku tersebut berisi kumpulan tulisn Bens sejak tahun 1970-an.

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Musisi Indonesia Berduka

  • 29 November 2021, 12:40 WIB
Bens Leo meninggal dunia pada Senin, 29 November 2021 karena Covid-19, Tantri Kotak hingga Armand Maulana berduka.

Harga dan Cara Beli Tiket Chothafest 2022, Ada BTOB hingga Pentagon

  • 06 Juli 2022, 20:24 WIB
Detail acara, harga dan cara beli tiket Chothafest 2022. Line up mencakup BTOB, Pentagon, KAVE, dan Gaho dihelar 27 Agustus 2022.

5 Artis Menginap di Hotel The Peninsula Paris, Kamar V BTS Rp196 Juta

  • 06 Juli 2022, 19:02 WIB
Daftar selebriti dunia yang pernah menginap di hotel The Peninsula Paris, terbaru V BTS dengan harga kamar Rp196 juta per malam.

6 Fakta Christian Bale, Aktor Gorr The God Butcher Dulunya Batman

  • 06 Juli 2022, 17:33 WIB
Christian Bale cukup ikonik sebagai pemain film papan atas lewat karakternya sebagai Batman hingga Gorr The God Butcher.

Kasus Sudah P21, Medina Zein akan Dijemput Paksa Jika Mangkir

  • 06 Juli 2022, 17:30 WIB
Berkas kasus dengan Uci Flowdea lengkap, Medina Zein akan dijemput paksa oleh kepolisian jika masih mangkir dari panggilan.

7 Fakta Lee Jung Sic, Saingan Jaehyun NCT di Drama Dear M

  • 06 Juli 2022, 17:23 WIB
Fakta-fakta Lee Jung Sic, aktor kelahiran 6 Juli 1995 yang jadi saingan Jaehyun NCT di drama Dear M.
The Latest
Christian Bale

6 Fakta Christian Bale, Aktor Gorr The God Butcher Dulunya Batman

  • 06 Juli 2022, 17:33 WIB
Medina Zein

Kasus Sudah P21, Medina Zein akan Dijemput Paksa Jika Mangkir

  • 06 Juli 2022, 17:30 WIB
Agnez Mo

Agnez Mo Kembali Jadi Anak SMP di Hari Ulang Tahun ke-36

  • 06 Juli 2022, 15:35 WIB
Rihanna

5 Fakta Rihanna Jadi Wanita Muda Terkaya di AS, Punya Harta Rp21 T

  • 06 Juli 2022, 15:30 WIB
Raisa

Raisa Kaget Saat Isi Bensin Mobil, Tagihan Capai Jutaan Rupiah

  • 06 Juli 2022, 15:17 WIB
INDEKS