Profil dan Biodata dr. Richard Lee: Agama, Karier hingga Kasus - Hits ZIGI.ID
Logo
Richard Lee
hits
Richard Lee
Photo: Instagram/@dr.richard_lee
Richard Lee

ZIGI – dr. Richard Lee menjadi sorotan publik usai ditangkap secara paksa oleh pihak kepolisian. Penangkapan itu diduga atas dasar laporan artis Kartika Putri. Sebelumnya, mereka memang sempat berseteru hingga sang dokter kecantikan tersebut dituduh melakukan pencemaran nama baik. 

Di dunia kecantikan, sosok dr. Richard Lee sudah tidak asing lagi. Selain memiliki klinik kecantikan Athena, dia juga merupakan seorang content creator yang ruting mengunggah video edukasi tentang produk skincare di channel YouTube pribadinya. Selain itu, dr. Richard Lee juga memiliki banyak penggemar.

Berikut adalah profil, biodata lengkap perjalanan hidup dr. Richard Lee hingga bisa sepopueler dan seterkenal sekarang. Yuk simak ulasannya yang telag dirangkum oleh Zigi.id di bawah ini. 

Masa Kecil Dokter Richard Lee

image
Photo : Instagram/@dr.richard_lee

Sosok yang satu ini sekarang memiliki nama sekaligus gelar dr. Richard Lee, MARS, Dipl. AAAM. Ia merupakan dokter spesialis kecantikan yang lahir di Medan tanggal 11 Oktober 1985 membuatnya kini berusia 35 tahun. 

Melalui channel YouTube pribadinya, dr. Richard Lee bukan berasal dari keluarga yang serba berkecukupan dan kondisi ekonominya justru tergolong rendah. Orang tuanya bahkan selalu menghadap Pastor Paroki agar bisa mendapatkan pengurangan biaya sekolah baik itu SPP maupun uang tahunan. 

“Saya tuh sebenernya jelek, miskin, bodoh. iya betul! tapi semua itu bisa di rubah. bisa kita raih. ada ceritanya. ini saya ceritakan sejarah singkat kehidupan saya. sambil sedikit curhat,” tulis dr. Richard Lee dikutip dari akun YouTubenya, Kamis, 12 Agustus 2021.

Ia bercerita, kesulitan ekonomi yang dialami keluarganya semakin diperparah dengan kondisi Richard yang bukan anak berprestasi di sekolah. Richard Lee mengaku pernah mendapatkan peringkat ke-28 dari 32 siswa. Meski demikian, ia tidak menyerah dan terus berusaha keras menggali ilmu hingga sukses menjadi dokter seperti saat ini.

Pendidikan dr. Richard Lee

image
Photo : Instagram/@dr.richard_lee

Pendidikan dasar dr. Richard Lee ditempuh di SD - Sekolah Swasta Xaverius 4, Palembang (1994-1997) yang kemudian berlanjut ke SMP - Sekolah Swasta Xaverius 1, Palembang (1997-2000). Selepas SMP, ia melanjutkan studinya ke SMA - Sekolah Swasta Xaverius 1, Palembang (2000-2003).

Baru kemudian, ketertarikan di dunia kecantikan menghantarkannya masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Palembang (2003-2009). Sebenarnya, Richard Lee ingin sekali masuk kedokteran Universitas Indonesia (UI), namun karena keterbatasan biaya, ia pun memilih kampus Universitas Sriwijaya.

Tak berhenti di situ, Richard melanjutkan pendidikannya ke American Academy of Aesthetic Medicine - Diploma American Academy of Aesthetic Medicine (2017) dan mendapatkan gelar Ph.D dari Atlantic International University (2020-2021).

Karier dr. Richard Lee di Dunia Kecantikan, Menikah dengan Renie Effendi

image
Photo : Instagram/@dr.richard_lee

Pasca menuntaskan pendidikannya dari Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya, dr. Richard Lee mengawali kariernya di bidang Kesehatan dengan menjadi dokter di salah satu perusahaan milik Sinarmas Group Palembang. Dari sanalah, kehidupannya perlahan berubah.

Berkat kerja kerasnya itu pula, dr. Richard Lee dipercaya menjadi Direktur Utama di salah satu anak perusahaan Sinarmas Group bagian kesehatan. Nasib baik kian menghampiri hidup Richard setelah ia berjumpa dengan wanita bernama Renie Effendi di tempat kerjanya yang kini menjadi istrinya. Renie diketahui juga berprofesi sebagai seorang dokter.

Pemilik Klinik Kecantikan Athena

image
Photo : Instagram/@dr.richard_lee

Bersama istrinya, Renie Effendi, dr. Richard Lee memutuskan untuk membangun usaha klinik kecantikan yang diberi nama Klinik Athena di Palembang. Klinik ini diketahui merupakan salah satu klinik kecantikan terbesar di pulau Sumatera hingga mempunyai 10 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Beberapa cabang klinik milik dr. Richard Lee tersebut antara lain berada di kota Palembang Sudirman dan Mangkunegara, Jakarta, Medan, Lampung dan juga Makassar.

Kini, klinik tersebut sudah menjadi favorit banyak orang termasuk dari kalangan artis dan sosialita. Beberapa public figure yang pernah mempercayakan perawatan kecantikan ke Klinik Athena seperti Kekeyi, Dinar Candy, Merry Riana dan masih banyak lagi.

Menjadi YouTuber Sukses

image
Photo : Instagram/@dr.richard_lee

Sukses menjadi dokter ahli kecantikan, dr. Richard Lee juga dikenal sebagai seorang YouTuber yang saat artikel ini dibuat sudah mempunyai 2,6 juta subscribers. Berkat pencapaian luar biasanya tersebut, Richard mendapatkan plakat golden play button dari YouTube.

Melalui platform berbasis video itulah, Richard Lee terus berbagi ilmunya di bidang kecantikan secara gratis kepada masyarakat. Saat ini ia sudah mengunggah lebih dari 100 video di di channel-nya yang diberi nama dr.Richard Lee,MARS.

Perseteruan dr. Richard Lee dan Kartika Putri

image
Photo : Instagram/@dr.richard_lee

Terbaru, nama dr. Richard Lee menjadi perbincangan hangat warganet usai ditangkap polisi buntut dari laporan artis Kartika Putri. Duduk perkaranya, Richard Lee dituding telah mencemarkan nama baik Kartika Putri yang dianggap pernah mempromosikan produk skincare yang memiliki kandungan tidak baik.

Pasalnya, skincare lokal yang diiklankan Kartika Putri dinilai Richard Lee memiliki kandungan hidrokuinon yang seharusnya tidak bisa diperjual belikan secara bebas. Kartika Putri yang tak lain merupakan istri dari Habib Usman bin Yahya itu tidak terima dan merasa nama baiknya dicemarkan.

Padahal, dr. Richard Lee mengklaim tidak menyebut nama Kartika Putri namun dengan akronim ‘Karput’ yang menurutnya tidak selalu bermakna nama artis tersebut. Kini, dr. Richard Lee ditahan pihak kepolisian untuk menjalani pemeriksaan.

Pada Rabu, 11 Agustus 2021, detik-detik penangkapan dr. Richard Lee tersebut diketahui warganet setelah istrinya, Renie Effendi mengunggahnya di akun Instagram pribadinya.

"Suami saya ditangkap paksa oleh polisi, emang hukum begini ya asal main tangkap paksa aja, suami saya kok diperlakukan seperti kriminal dan teroris???," tulis Reni Effendi di Instagram Story miliknya.

Biodata dr. Richard Lee

image
Photo : Instagram/@dr.richard_lee

Nama lengkap: dr. Richard Lee, MARS, AAAM  
Nama lain: dr Richard Lee
Tempat, tanggal lahir: Medan, 11 Oktober 1985 
Umur: 35 tahun
Agama: Kristen
Profesi: Dokter kecantikan, YouTuber
Akun Instagram: @dr.richard_lee
Akun Tiktok: @drrichardlee
Akun YouTube: dr.Richard Lee,MARS

Sementara itu, dr. Richard Lee tengah berseteru dengan Kartika Putri. Berawal dari upayanya memberi edukasi tentang salah satu produk kecantikan yang berbahaya, Richard justru dipolisikan oleh Kartika atas dugaan pencemaran nama baik dengan jeratan UU ITE. Terbaru, dr. Richard Lee ditangkap secara paksa oleh pihak kepolisian. 

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Kartika Putri Lakukan Upaya Hukum Usai Richard Lee Menang Praperadilan

  • 18 November 2022, 09:53 WIB
Kartika Putri akan melakukan upaya hukum atas kasus pencemaran nama baik dan illegal access yang dimenangkan Dokter Richard Lee.

Profil dan Biodata Kartika Putri: Suami, Kisah Hijrah, Karier, Kasus

  • 17 November 2022, 12:01 WIB
Profil dan biodata Kartika Putri, presenter dan artis yang bersiteru dengan Richard Lee atas kasus pencemaran nama baik.

Menang Praperadilan, dr. Richard Lee Enggan Maafkan Kartika Putri

  • 17 November 2022, 09:44 WIB
Richard Lee menang praperadilan atas kasus pencemaran nama baik dan ilegal akses, akui masih marah ke Kartika Putri.

Disomasi Hotman Paris, Richard Lee Ungkap Hubungan sama Kienzy Myelin

  • 25 Juli 2022, 14:11 WIB
Richard Lee akhirnya buka suara terkait disomasi Hotman Paris dan jelaskan hubungan sama TikTokers Kienzy Myelin.

Kartika Putri Kesal Kasus Richard Lee Lambat Dibanding Nikita Mirzani

  • 24 Juli 2022, 11:28 WIB
Kartika Putri mempertanyakan kasus Richard Lee yang dinilai lambat dibanding Nikita MIrzani, meski sama-sama kasus UU ITE.

Kronologi Hotman Paris Somasi Richard Lee dan TikTokers Kienzy Myelin

  • 17 Juli 2022, 11:14 WIB
Hotman Paris ancam gugat Richard Lee dan TikTokers Kienzy Myelin sebesar Rp50 miliar, tak terima namanya diseret dan difitnah.
The Latest
Denira Wiraguna

Profil dan Biodata Denira Wiraguna: Agama, Umur, Pacar, Film, Akun IG

  • 26 November 2022, 15:00 WIB
Pablo Gavi

Profil dan Biodata Pablo Gavi: Agama, Umur, Karier, Pacar, Akun IG

  • 26 November 2022, 08:00 WIB
Kris Wu

3 Fakta Kris Wu Divonis 13 Tahun Penjara atas Kasus Pemerkosaan

  • 25 November 2022, 19:38 WIB
Wendy Walters dan Reza Arap

4 Fakta Mediasi Reza Arap dan Wendy Walters, Singgung Orang Ketiga

  • 25 November 2022, 17:49 WIB
Son Heung Min

Profil dan Biodata Son Heung Min: Umur, Pacar, Karier Sepak Bola, IG

  • 25 November 2022, 15:47 WIB
INDEKS