Logo
Jebung
hits
Jebung
Photo: Instagram/@jebunggg
Jebung

ZIGI – Jebung, mungkin namanya sudah tidak asing di telinga kamu. Jebung atau Jessica Sabar Bungauli ini terkenal di TikTok berkat cover lagu Dark House milik Katy Perry yang diunggah ke TikTok-nya. Belum lama ini, Jebung merilis single pertamanya sebagai penyanyi profesional berjudul Cassava.

Sejak kecil, Jebung sudah bercita-cita menjadi seorang penyanyi. Dia pun pernah mendapatkan juara di beberapa ajang kompetisi bernyanyi. Pada Senin, 28 Juni 2021, Zigi.id berkesempatan melakukan wawancara eksklusif Jebung melalui Instagram Live. Kenalan dengan sosok Jebung lewat profil dan biodata berikut yuk! 

Kehidupan Jebung

image
Photo : Instagram/@jebunggg

Terkenal sebagai Jebung, ternyata itu hanyalah nama singkatan dari nama aslinya yakni Jessica Sabar Bungauli. Dia merupakan musisi multitalenta yang lahir di Jakarta pada 21 September 2001 silam. Ya, kini usia Jebung belum genap 20 tahun.

Mahasiswi Semester 4

image
Photo : Berbagai Sumber

Sering dikira anak SMA, ternyata Jessica sudah duduk di bangku kuliah. Jebung merupakan salah satu mahasiswa semester 4 di Universitas Indonesia, tepatnya di jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang fokus di Advertising atau periklanan. Wah sudah berbakat, pintar juga ya!

Mimpi Jadi Penyanyi Sejak Kecil

image
Photo : YouTube/ACUAN ent.

Sudah sejak kecil, Jebung memiliki impian menjadi penyanyi. Jebung mengaku dirinya tidak pernah merubah cita-citanya sebagai entertainer saat ditanya oleh guru di sekolahnya.

"Dari kecil dari TK atau SD lah. Dulu kalau ditanya mau jadi apa sama guru, jawabannya udah enggak pernah dokter, enggak pernah apa pasti jawabnya entertainer bu, biar sok gaul aja," kelakar Jebung kepada Zigi.id.

Saat duduk di bangku SMA, Jebung sempat mengalami momen kebingungan untuk meraih mimpinya sebagai penyanyi karena dia harus memilih kuliah sebagai rencananya yang lain di luar bernyanyi. Tapi dari kecil, mimpi menjadi musisi itu selalu ada di benaknya.

Jebung pun pernah meraih prestasi yang membanggakan di beberapa ajang kompetisi diantaranya, dia pernah menjadi juara 1 untuk kategori vokalis solo putri se-provinsi dan juara 3 di kategori yang sama pada tingkat nasional di tahun 2018.

Baca juga: Fakta di Balik Lirik Lagu Cassava - Jebung

Awal Kepopuleran Jebung

image
Photo : Berbagai Sumber

Jebung mulai dikenal publik setelah memposting video singkat cover lagu Dark Horse milik Katy Perry di TikTok pada 29 Juni 2020 lalu. Sejak saat itu, Jessica Bungauli langsung membuat netizen jatuh cinta dengan suaranya.

Video tersebut dirasa sangat spesial karena Jebung tidak menggunakan bantuan perekam apapun melainkan hanya smartphone miliknya dan meja yang diketuk untuk memainkan beat. Alhasil, hanya skill bernyanyi dan feel groove nya lah yang menjadi nilai jual di video tersebut.

Berdasarkan penelusuran, sampai pada 1 Juli 2021, video Dark House yang di-cover Jebung tersebut sudah ditonton lebih dari 201,5 juta kali dan mendapat 25,1 juta likes di TikTok.

Padahal awalnya, Jebung tidak mengenal TikTok. Dia membagikan videonya di media sosial lain. Sampai akhirnya, seorang teman Jebung memberitahukan tentang TikTok dan menyarankan untuk membagikan videonya di platform tersebut.

"Waktu itu aku dikenalin sama teman. Aku awalnya bukan pengguna TikTok, aku udah bikin konten dari SD. Terus akhirnya pas lagi pandemi aku lagi sering-seringnya bikin Instastory aku nyanyi tapi aku emang bukan cuma nyanyi sekali, aku bikinin konten aku bikinin lagu buat orang di question box," jelas Jebung.

"Memang yang nonton cuma temen aku doang karena followers aku masih dikit banget, seribu atau dua ribu gitu. Temen aku reach-out ke aku, Jess lagi rame nih TikTok kayaknya lu cocok deh kalo nge-post video lu di TikTok. Akhirnya, video-video di Instagram story aku post di TikTok, akhirnya aku ketemulah sama orang-orang yang mau dengerin aku di sana," sambungnya.

Kolaborasi dengan Influencer dan Sosok Idola

image
Photo : Instagram/@jebunggg

Jebung pun kerap terlihat melakukan kolaborasi dengan conten creator TikTok lainnya seperti Fadlan Holao, Gita atau idgitaf, Dandy dan Rifqi Fitriyansah. Jebung bahkan pernah diundang oleh Raisa dan Afgan dalam peluncuran single mereka berjudul Tunjukkan pada November 2020 lalu.

Tidak melewatkan kesempatan, Jebung juga membuat video bernyanyi lagu Tunjukkan bersama Afgan dan Raisa yang diposting di Instagramnya. Jebung pun mengaku mengidolakan Isyana Sarasvati dan Kunto Aji. Tapi Jebung mengaku malu jika diminta untuk bertemu mereka secara langsung.

Rilis Single Cassava

image
Photo : YouTube/ACUAN ent.

Sampai akhirnya, Jebung mulai mewujudkan mimpinya sebagai penyanyi dengan merilis single pertamanya di bawah naungan Acuan Entertainment berjudul Cassava pada 24 April 2021. Di waktu yang bersamaan, Jessica Sabar Bungauli ini juga meluncurkan video klipnya (MV). 

Tapi video musik yang melibatkan Aulion dalam pembuatannya itu mengandung plot twist yang mengejutkan. Pasalnya lagu Cassava itu awalnya digambarkan seperti pangeran tapi ternyata di akhir berubah menjadi singkong. Dalam bahasa Inggris, Cassava berarti singkong. 

Jebung pun mengungkapkan lagu dengan lirik bahasa Inggris ini memang diciptakannya karena kecintaanya pada singkong. Lagu ini dipilih untuk rilis pertama kali karena dianggap paling sesuai menggambarkan personality-nya.

"Iya tentang singkong, soalnya aku enggak punya siapa-siapa buat nyanyiin lagu cinta. Jadi ambil aja singkong yang ada di gerobak. Aku tuh emang dari dulu kalau ada orang berani-berani deket singkong aku tuh pasti tangannya (dipukul) gitu, enggak bisa. Singkong tuh malah ngerti enggak?," tandas Jebung.

Kini, Jebung atau Jessica Sabar Bungauli sedang mempersiapkan single keduanya. Tapi sampai sekarang, Jebung belum mau membocorkan karya barunya baik genre musik yang akan diusung sampai konsep untuk video klipnya.

Profil dan Biodata Jebung

image
Photo : Instagram/@jebunggg

Nama Lengkap: Jessica Sabar Bungauli
Nama Panggilan: Jebung
Tanggal Lahir: Jakarta, 21 September 2001
Umur: 19 tahun
Pendidikan: Komunikasi - Universitas Indonesia
Profesi: Penyanyi, YouTuber, Selebgram
Instagram: @jebunggg
TikTok: @jebunggg
YouTube: Jebung

Demikian, profil dan biodata Jebung yang merupakan musisi yang terkenal melalui TikTok.

  • Editor: Christiya Dika

How does this article make you feel?

Recommended

Profil dan Biodata DJ Una: Agama, Karier, Suami hingga Cerai

  • 15 Oktober 2021, 10:19 WIB
Profil dan biodata DJ Una mulai dari keluarga, karier hingga perceraian yang sedang dihadapinya.

Profil dan Biodata Shesar Hiren Rhustavito: Agama, Pacar, Prestasi

  • 13 Oktober 2021, 19:00 WIB
Profil dan biodata Shesar Hiren Rhustavito, atlet bulu tangkis Indonesia yang berlaga di Thomas Cup 2020.

Arti Lirik Lagu One Big Family - Cover Gen Halilintar, Viral di TikTok

  • 12 Oktober 2021, 18:46 WIB
Fakta lirik lagu One Big Family cover Gen Halilintar viral di TikTok dengan sound 'Langit bisakah kau turunkah hujan dengan petir'

Profil dan Biodata Malida Dinda Utami, Rara di Sinetron IPA & IPS

  • 12 Oktober 2021, 14:09 WIB
Profil dan biodata Malida Dinda Utami serta agama, pacar hingga karier pemain Rara di sinetron IPA & IPS.

4 Fakta dan Lirik Lagu Bahaya - Tiara Andini feat Arsy Widianto

  • 12 Oktober 2021, 13:28 WIB
Beberapa fakta menarik dan lirik lagu Bahaya oleh Tiara Andini dan Arsy Widianto yang saat ini viral di TikTok.

Profil dan Biodata Matahari Yusuf: Agama, keturunan hingga Pacar

  • 12 Oktober 2021, 11:17 WIB
Profil dan biodata Matahari Yusuf, pemeran Ardi di sinetron berjudul IPA & IPS yang tayang di GTV.
The Latest
Melody eks JKT48

Melody Eks JKT48 Tertipu Tas Branded Palsu Hampir Rp300 Juta

  • 16 Oktober 2021, 11:05 WIB
Venly Arauna

Profil dan Biodata Venly Arauna: Agama, Pacar, Keturunan, TikTok

  • 16 Oktober 2021, 08:00 WIB
RAMENGVRL

Profil dan Biodata RAMENGVRL: Nama Asli, Agama, Kuliah, Pacar

  • 16 Oktober 2021, 07:06 WIB
Kenny Xepher Deo

Profil dan Biodata Kenny Xepher Deo: Karier Esport hingga Pacar

  • 15 Oktober 2021, 20:34 WIB
Mueng Engingeng

Profil dan Biodata Mueng Engingeng, Aktor Tuyul dan Mbak Yul Dianiaya

  • 15 Oktober 2021, 18:55 WIB
INDEKS