Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar - Hits ZIGI.ID
Logo
Jonatan Christie
hits
Jonatan Christie
Photo: Instagram/@jonatanchristieofficial
Jonatan Christie

ZIGI – Jonatan Christie berhasil lolos ke fase gugur atau 16 besar Olimpiade Tokyo 2020. Kepastian ini tidak lepas dari keberhasilan atlet yang disapa Jojo itu setelah mengalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew, di laga terakhir Grup G pada Rabu 28, Juli 2021.

Kabar ini pun membuat publik penasaran dengan sosok Jonatan Christie. Rupanya Jonathan sudah menorehkan prestasi membanggakan untuk Indonesia sejak masih kecil. Berikut ini, Zigi.id rangkum profil dan biodata Jonathan Christie. Scroll yuk!

Baca juga: Profil dan Biodata Marcus Gideon: Agama, Karier Hingga Keluarga

Keluarga Jonathan Christie

image
Photo : Berbagai Sumber

Leonardus Jonatan Christie merupakan nama asli cowok kelahiran Jakarta, 15 September 1997 ini. Dia merupakan anak dari pasangan Andreas Adi Siswa dan Marianti Djaja. Jojo, begitu dia akrab disapa memiliki kakak bernama Ivan Christie. 

Tapi pada 9 Februari 2021, Jonatan Christie mengabarkan kepergiaan kakaknya yang meninggal dunia di usia 29 tahun pada 3 Februari 2021, usai terpapar Covid-19. Di momen itu pula, Jonatan harus menanggung beban berat karena belum bisa memberitahukan kabar duka ini kepada kedua orangtuanya lantaran mereka juga sedang menjalani perawatan di rumah sakit karena Covid-19. 

Meski begitu, Jojo terlihat tegar berada di makam sang kakak. Dia sempat mengutarakan rasa terima kasihnya pada Ivan Christie. Jonatan juga mempersembahkan kemenangan di laga perdana Olimpade Tokyo 2020 untuk mendiang sang kakak.

Awal Karier Jonathan Christie

image
Photo : Berbagai Sumber

Ayah Jonatan Christie, Andreas Adi Siswa merupakan sosok yang berperan besar dalam perjalanan kariernya di dunia bulutangkis. Pasalnya, sang ayah yang mulai mengajaknya bermain bulutangkis saat usianya 6 tahun. Sebelum itu, Jojo sempat main olahraga lain seperti basket dan sepakbola. 

Tapi ayahnya ingin Jonatan Christie fokus pada bulutangkis. Tepat di tahun 2005, dia mulai serius menemuki bulutangkis di sekolah. Tidak hanya itu, Jojo juga berlatih di luar sekolah, yakni di klub Taurus. Berkat kegigihannya, Jonatan Christie sudah memperoleh sejumlah piala dari berbagai turnamen sejak usia muda.

Seperti saat usia 11 tahun, Jojo mendapatkan 7 trofi kemenangan di kejuaaran tingkat DKI, nasional, dan Internasional. Dia juga meraih medali emas pada ajang Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara di Jakarta pada 2008. Atas sejumlah prestasi tersebut, tentunya Jonatan Christie berhasil mengharumkan nama bangsa. Dia pun mendapat penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2009.

Jadi Pembicaraan Sejak Ikut Indonesia Open 2015

image
Photo : PBSI

Walaupun sudah mengantongi banyak penghargaan, tapi Jonatan Christie tidak terlena dan berpuas diri. Dia tetap berlatih dan berharap bisa memiliki prestasi seperti idolanya, Lin Dan. Tahun berikutnya, Jojo memperoleh kemenangan salah satunya menjadi juara Junior Asia U-15 yang digelar di Ichiba, Jepang pada 2010.

Sedangkan untuk gelar senior, didapat Jojo pertama kali setelah menjadi juara di ajang International Challenge 2013 di Indonesia. Saat itu usia Jonatan Christie masih tergolong muda, yakni 15 tahun. Nama Jonatan mulai menjadi pembicaraan publik saat mengikuti Indonesia Open 2015. 

Saat itu, Jonatan Christie berhasil masuk babak perempat final. Selain prestasinya, wajah Jojo yang tampan juga semakin menambah popularitasnya di mata kaum hawa yang terpesona saat melihat aksi-aksinya.

Di usianya yang masih muda, Jonatan juga sudah beberapa kali memperkuat Tim Nasional di Piala Sudirman, SEA Games maupun Thomas Uber Cup. Pada tahun 2015, Jojo ikut berpartisipasi dalam skuad timnas di Piala Sudirman dan menjadi salah satu bagian timnas meraih emas SEA Games 2015.

Seiring dengan permainannya yang makin berkembang ditambah jam terbangnya di kancah Internasional, Jonatan Christie menjadi pemain andalan Indonesia di ajang SEA Games 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia pun berhasil menyumbangkan satu medali emas dari tunggal putra.

  • Editor: Christiya Dika
Recommended

Profil dan Biodata Calvin Winata, Pemain Timnas MLBB di SEA Games 2022

  • 19 Mei 2022, 16:05 WIB
ONIC CW atau Calvin Winata merupakan pro player mobile legends yang turun di Sea Games 2022 Vietnam untuk mewakili Indonesia.

5 Fakta Indonesia Jadi Runner Up Thomas Cup 2022, Kalah dari India 0-3

  • 15 Mei 2022, 19:44 WIB
Fakta Indonesia keluar sebagai runner up Thomas Cup 2022. Anthony Ginting, Jonatan Christie, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya tumbang.

Profil dan Biodata Rieta Amilia: Nama Asli, Karier, Bisnis, Cerai

  • 07 April 2022, 10:25 WIB
Profil dan biodata Rieta Amilia, ibu Nagita Slavina dikabarkan telah menggugat cerai suaminya, Basuki Widjaja Kusuma.

Profil dan Biodata Anthony Xie: Agama, Istri, Perjalanan Spiritual

  • 14 Maret 2022, 12:20 WIB
Profil dan biodata Anthony Xie, suami Audi Marissa yang baru sama memberikan kesaksian tentang perjalanan spritualnya di gereja.

Jonatan Christie Positif Covid-19, Pelatih Buka Suara Soal All England

  • 11 Maret 2022, 18:42 WIB
Jonatan Christie dinyatakan covid-19 usai kalah di gim kedua di German Open dan terancam tidak ikut All England pekan depan

Profil dan Biodata Hennils Tamaela: Agama, Instagram, Karier, Keluarga

  • 05 Maret 2022, 10:12 WIB
Profil dan biodata Hennils Tamaela pemain baru Ikatan Cinta Musim 2 yang berasal dari Ambon.
The Latest
Raffi Ahmada dan Nagita Slavina

Heboh Medina Zein, Raffi Ahmad Beri Pesan Menohok untuk Penipu

  • 20 Mei 2022, 19:06 WIB
Kevin Aluwi Jadi Alumni Pembicara Tamu di USC Marshall

CEO Gojek Kevin Aluwi Beri Pidato di Wisuda USC Marshall 2022

  • 20 Mei 2022, 17:53 WIB
Mimi Bayuh

Profil dan Biodata Mimi Bayuh: Suami, Anak, Karier, Kontroversi

  • 20 Mei 2022, 17:41 WIB
Allo Bank Festival 2022

Cara Nonton dan Link Streaming Allo Bank Festival 2022 untuk Tiga Hari

  • 20 Mei 2022, 14:25 WIB
Hyun Bin dan Son Ye Jin

4 Potret Rumah Hyun Bin dan Son Ye Jin, Tetangga Han So Hee

  • 20 Mei 2022, 13:33 WIB
INDEKS