Logo
Ligwina hananto
hits
Profil dan Biodata Ligwina Hananto: Perjalanan Karier, Kontroversi
Photo: Instagram/@mrshananto

ZIGI – Sosok Ligwina Hananto mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pengusaha besar, pelaku UMKM, atau masyarakat umum yang tertarik belajar mengelola keuangan dan investasi. Ya, selain dikenal sebagai pemain film dan stand up comedian (komika), ia merupakan seorang financial planner yang sudah menginspirasi banyak orang.

Biar kenal lebih jauh tentang siapa Ligwina Hananto, kali ini Zigi.id telah mengumpulkan berbagai informasi menarik tentangnya yang dirangkum dari berbagai sumber. So, langsung saja simak profil dan biodata Ligwina Hananto berikut ini sampai akhir ya.

Pendidikan Ligwina Hananto

Photo : Instagram/@mrshananto

Dilansir dari akun Linkedin miliknya, Jumat, 18 Juni 2021, perempuan kelahiran Bandung, 3 Mei 1976 ini termasuk sosok yang haus akan ilmu pengetahuan. Ligwina menamatkan pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 2 Bandung pada tahun 1994 dan melanjutkan studinya ke Tuart College Perth, Australia (1995).

Tidak berhenti sampai di situ, ia kemudian melanjutkan pendidikannya pada tahun 1996-1998 di Curtin University of Technology, Perth, Australia, dengan mengambil jurusan Finance & Marketing. Selanjutnya pada tahun 2003 sampai 2004, Ligwina berkesempatan menimba ilmu di IPMI International Business School dengan mengambil konsentrasi Investment Management.

Dengan latar belakang pendidikan semacam itu, rasanya tidak mengherankan jika ia menjadi financial planner yang membantu orang-orang mengelola keuangannya dengan bijak. Tertarik untuk belajar dengannya?

Pekerjaan Ligwina Hananto

Photo : Instagram/@mrshananto

Sebagai perempuan yang semasa pendidikannya fokus mempelajari tentang keuangan, cita-cita Ligwina Hananto sebenarnya adalah menjadi seorang bankir. Terbukti setelah lulus dari jurusan Finance & Marketing Curtin University of Technology, ia langsung diterima kerja di Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) Bandung pada Januari 1999.

Ketika itu, ia menjabat sebagai customer service yang sangat dinikmatinya karena sering berinteraksi dengan banyak klien. Sayangnya, kariernya di dunia perbankan harus berhenti sejak ia menikah dengan Dondi Hananto yang sama-sama pegawai HSBC. Ligwina terpaksa merelakan pekerjaannya karena HSBC memberlakukan aturan bahwa suami-istri dilarang bekerja di satu perusahaan.

Mendirikan QM Financial

Photo : Instagram/@mrshananto

Akhir bulan September 2003 menjadi masa-masa bersejarah dalam hidup seorang Ligwina Hananto. Ketika itu, ia merintis usahanya yakni Quantum Magna Finance (QM Financial) berbekal pengalamannya dalam mengelola keuangan sejak menjadi seorang bankir.

Waktu itu ketika teknologi masih berupa SMS, ia mendapat banyak penolakan dan ejekan dari teman-temannya yang ia hubungi. Beruntunglah suaminya sendiri, Dondi Hananto, mau menjadi kliennya yang membuat semangatnya membangun QM Financial semakin membara.

Beberapa tahun kemudian tepatnya 2006, ia mendapat kesempatan siaran di radio Hard Rock FM dengan membawakan acara seputar financial planner. Lewat radio itulah ia mempromosikan QM Financal hingga disambut dengan baik oleh para pendengar. Kekuatan utama ketika ia bersiaran adalah gayanya yang ceplas-ceplos dan jujur ketika menilai sebuah produk investasi.

Ligwina Hananto Hampir Bangkrut

Photo : Instagram/@mrshananto

Dilansir dari laman Wanita Wirausaha, perempuan yang akrab disapa Wina ini pernah mengalami titik terendah dalam hidupnya yaitu ketika QM Financal tidak memiliki uang. Tahun 2009 meski usahanya tersebut tampak sehat dan menguntungkan, siapa sangka di baliknya QM Financal tidak memiliki uang tunai.

"Saya kaget sekali waktu itu. Klien kami memang cukup banyak, tapi banyak juga yang melakukan pembayaran mundur,” kata Ligwina Hananto dikutip dari Wanita Wirausaha, Jumat, 18 Juni 2021.

Atas krisis keuangan yang dihadapinya itu, Wina terpakasa harus menggadaikan mobil pribadi dan meminjam uang kepada suaminya. Sampai pada akhirnya ia yang seorang financial planner juga harus belajar lebih banyak lagi kepada guru lainnya tentang bagaimana mengelola keuangan dalam sebuah perusahaan.

Beruntung berkat jungkir baliknya itu, QM Financial berhasi keluar dari masa-masa sulitnya dan kini perusahaannya sudah memiliki banyak klien.

Daftar Film dan Biodata Ligwina Hananto

Photo : Instagram/@mrshananto

Nama Lengkap: Ligwina Poerwo Hananto
Nama Panggung: Ligwina Hananto
Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 3 Mei 1976
Jabatan: CEO Magna Quantum Financial
Suami: Dondi Hananto
Anak: Muhammad Azra Hananto
Nadir Aisha Hananto
Pendidikan:Curtin University of Technology, Perth Australia Jurusan Finance and Marketing
IPMI Business School, Jakarta, Magis
Film: Kulari ke Pantai (2018) sebagai Mama Mela, film Dua Garis Biru (2020) sebagai Dr. Fiza Hatta, dan Toko Barang Mantan sebagai tante Lani.
Akun Twitter: @mrshananto
Akun Instagram: @mrshananto

Kontroversi Ligwina Hananto

Photo : Instagram/@mrshananto

Meski Ligwina Hananto sudah bisa dibilang sebagai influencer yang menginspirasi, namun nyatanya ia tetap manusia biasa yang tak lepas dari berbagai kontroversi.

Ligwina beberapa waktu lalu sempat berdebat di Twitter dengan penulis Dea Anugerah tatkala membahas tentang penghasilan seorang influencer. Ketika itu, cuitan Wina dianggap merendahkan beberapa profesi lain yang secara penghasilan jauh dari kata layak.

Kekinian, Wina menjadi sasaran kegeraman warganet pengguna Twitter karena membuat sebuah utas yang dianggap menyinggung generasi milenial. Dalam utasnya itu, ia menyebut bahwa seharusnya seseorang di usia 40-an sudah punya rumah.

"Ya kali gak punya rumah di umur 40an," kicau Ligwina dikutip dari akun Twitternya.

Pernyataan Ligwina Hananto itu pun ditangkap warganet sebagai sebuah kalimat yang merendahkan nasib banyak orang di umur 40-an. Padahal, banyak warganet yang menilai bahwa umur tidak bisa dijadikan patokan yang sama bagi setiap orang dalam mencapai kesuksesan.

Begitulah profil dan biodata Ligwina Hananto, seorang financial planner yang telah sukses mendirikan perusahaan bernama QM Finance.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Ilustrasi

7 Rekomendasi Situs Mining Bitcoin Terbaik

  • 27 Juli 2021, 08:00 WIB
Mining merupakan cara untuk menambang bitcoin tanpa perangkat khusus. Berikut rekomendasi situs menambang bitcoin.
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce terus mengampanyekan kepada generasi milenial tentang apa pentingnya investasi.
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS