Logo
Tiara Andini
hits
Profil dan Biodata Tiara Andini, Agama hingga Pacar Sekarang
Photo: Instagram/tiaraandini

ZIGI – Siapa yang tak kenal dengan Tiara Andini? Penyanyi jebolan Indonesian Idol ini sukses memikat hati banyak orang dengan suaranya yang merdu. Di ajang Indonesian Idol yang tayang di tahun 2019, wanita kelahiran asal Jember ini, berhasil meraih predikat Runner Up.

Sejak saat itu, penggemar Tiara Andini pun semakin banyak. Tidak heran, mereka ingin mengetahui lebih dalam tentang sosok Tiara. Kenalan lebih lanjut yuk lewat profil dan biodata Tiara Andini yang dirangkum Zigi.id berikut. 

Keluarga Tiara Andini

Photo : Instagram/tiaraandini

Tiara Anugrah Eka Setyo Andini merupakan putri pertama dari pasangan, Deddy Nugroho dan Sari Yoshida Setyoastri. Tiara memiliki seorang adik laki-laki dan perempuan. Diketahui sosok adik perempuan Tiara bernama Aurelia Anugrah, kerap menjadi sorotan publik. Tapi berbeda dengan Tiara dan Aurelia, adik laki-laki Tiara tak pernah tersorot oleh publik.

Tiara Andini memiliki bakat menyanyi yang diperoleh dari kedua orangtuanya. Sejak masih TK, Tiara mengikuti berbagai kursus musik untuk memperdalam bakatnya. Beragam genre musik pun dipelajarinya, mulai dari lagu keroncong hingga lagu-lagu Mandarin.

Tiara menganut agama Islam. Hal ini dibuktikan dari pendidikan Tiara Andini di sekolah Islam. Dalam beberapa kesempatan, Tiara juga terlihat memakai jilbab sama seperti ibu dan adiknya.

Karier Tiara Andini

Photo : Instagram/tiaraandini

Sebelum menjadi sebagai seorang penyanyi, Tiara Andini memulai kariernya sebagai model. Saat duduk di bangku SMA, Tiara sudah aktif di dunia modeling bahkan namanya terdaftar sebagai anggota aktif dalam Jember Fashion Carnaval. Pada tahun 2018, Tiara Andini dipercaya untuk menjadi salah satu peraga busana purwarupa bertema Korea Selatan di penutupan Asian Games 2018.

Saat itu, Tiara juga mendapat kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan member boyband grup asal Korea Selatan, Super Junior. Setelah menjadi model, Tiara Andini mulai berkecimpung dalam dunia tarik suara untuk menampilkan bakat menyanyinya dengan mengikuti ajang kompetisi pencarian bakat.

Tiara pernah mengikuti ajang The Voice Indonesia di tahun 2018 lalu. Tapi saat itu, dia gugur dan belum berhasil menjadi juara. Setelahnya, Tiara Andini mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi Indonesian Idol dan keluar sebagai juara 2.

Sejak saat itu, nama Tiara semakin melambung tinggi hingga dirinya kebanjiran tawaran berbagai pekerjaan di sejumlah acara TV, seperti Dahsyatnya 2020, Tokopedia: Waktu Indonesia Belanja TV Show hingga Dahsyatnya 2021. Ia juga sempat membintangi sinetron yang berjudul Amanah Wali 4 pada tahun 2020. 

Di balik itu, Tiara Andini juga aktif membuat konten YouTube di channel miliknya. Selain lagu-lagu, di kanal miliknya, Tiara membagikan kesehariannya lewat vlog sekaligus memperlihatkan kebersaamannya dengan sejumlah artis. Sekarang YouTube channel Tiara Andini sudah memiliki 1,21 juta subscriber. 

Runner Up Indonesia Idol Season 10

Photo : Instagram/tiaraandini

Memiliki suara yang merdu, Tiara Andini mencoba peruntungannya dalam dunia tarik suara dengan mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol season ke 10. Sejak awal audisi, nama Tiara sudah populer berkat wajahnya yang cantik dan suaranya yang dinilai mirip dengan Raisa.

Namun perjalanan karier Tiara di dunia tarik suara, tidak semulus yang dibayangkan. Pasalnya, Tiara pernah masuk tahap eliminasi karena mendapatkan sedikit jumlah voting yang didapat dari juri. Akhirnya, Tiara berhasil mendapatkan tiket Titanium dari salah satu juri bernama Judika, sehingga Tiara bisa lolos dari tahap eliminasi. 

Tak ingin mengecewakan juri yang telah memberikan kesempatan, Tiara bekerja lebih keras selama perjalanan Indonesian Idol. Hasil kerja kerasnya itu membuat Tiara meraih Runner Up dalam kompetisi menyanyi yang tayang di RCTI tersebut. Meskipun tak menjadi pemenang utama, Tiara tetap berkarya.

Lagu Tiara Andini

Photo : Instagram/tiaraandini

Tiara Andini memulai debut menyanyi dengan merilis lagu pertamanya berjudul Gemintang Hatiku yang dirilis pada 4 Juni 2020, yang menjadi lagu kemenangan. Kemudian pada 9 Juli 2020, Tiara kembali merilis lagu berjudul Maafkan Aku Terlanjur Cinta karya Yovie Widianto. Lagu tersebut begitu mencuri perhatian karena sempat menempati posisi pertama trending di YouTube. 

Tak hanya itu saja, Tiara Andini juga merilis lagunya yang berjudul 365. Terus mengembangkan dalam dunia tarik suara, Tiara merilis beberapa lagu di tahun 2021, diantaranya berjudul Cintanya Aku, Diam-Diam, Bahaya, Bahaya (versi Korea), dan Hadapi Berdua. Empat lagu yang dirilis tersebut merupakan lagu duet Tiara dengan Arsy Widianto. 

Penghargaan

Photo : Instagram/tiaraandini

Meski dianggap sebagai penyanyi pendatang baru, tapi Tiara Andini sudah berhasil mengantongi beberapa penghargaan dan masuk dalam nominasi di ajang bergengsi, seperti Dahsyatnya Awards, RCTI+ Indonesian Idol Digital Awards, Ambyar Awards, Silet Awards, Anugrah Musik Indonesia, Mnet Asian Music Awards (MAMA), Pahlawan Musik Lokal Jak FM, Resso Indonesia Anthem Awards, Telkomsel Awards, hingga JOOX Indonesia Music Awards.

Di MAMA 2020 yang merupakan ajang penghargaan dari Korea Selatan, Tiara Andini berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Best New Asian Artist Indonesia. Tiara merasa bahagia dan bersyukur, bisa mendapatkan penghargaan Internasional pertama di kariernya yang terbilang masih baru ini. 

Dijuluki Tiara Cendol

Photo : Instagram/tiaraandini

Tiara sempat dijuluki sebagai Tiara 'Cendol' oleh para penggemarnya. Julukan itu didapatnya karena ia pernah membawakan lagu yang berjudul Pamer Bojo yang dipopulerkan oleh mendiang, Didi Kempot saat tampil di panggung Indonesian Idol. Memiliki kepribadian yang kalem, Tiara sempat mendapatkan julukan loading lama alias lola dari penggemar. 

Pacar Tiara Andini

Photo : Instagram/tiaraandini

Tiara pernah dikabarkan dekat dengan Dul Jaelani, putra bungsu musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Bahkan Maia sebagai ibunda Dul sudah memberikan lampu hijau untuk hubungan Tiara dan Dul. Namun, Tiara Andini dan Dul Jaelani hanya menjalin hubungan sebatas sahabat saja.

Tiara ingin fokus membangun karier di dunia hiburan Tanah Air, sebelum memikirkan asmara. Kedekatan Tiara Andini dan Dul Jaelani ini bermula setelah keduanya berduet di panggung Indonesian Idol. Tidak hanya dengan Dul, Tiara juga sempat dikabarkan cinlok denga Anrez Putra Adelio setelah terlibat di acara yang sama.

Tapi akhirnya, Tiara Andini membantah tegas kabar tersebut dan menyebut isu itu hanya fitnah belaka. Selain itu, Tiara juga dijodohkan dengan rekan sesama kontestan di Indonesian Idol yakni Samuel Cipta. Tapi hubungan mereka dikabarkan beda agama. Tiara menganut agama Islam, sementara Samuel beragama Kristen. Namun kabar ini tidak pernah dikonfirmasi. Sehingga hingga saat ini, sosok pacar Tiara Andini sekarang masih menjadi teka-teki.

Profil dan Biodata Tiara Andini

Photo : instagram/tiaraandini

Nama : Tiara Anugrah Eka Setyo Andini
Tempat dan tanggal lahir : Jember, 23 September 2001
Agama : Islam
Profesi : Penyanyi, model
Orangtua: Deddy Nugroho (Ayah), Sari Yoshida Setyoastri (Ibu)
Saudara: Aurelia Anugrah (Adik)
Pendidikan: SD Al-Furqan Jember, SMP Negeri 3 Jember, SMA Muhammadiyah 3 Jember
TikTok : @initiaraandini
Instagram : @tiarandini
YouTube : Tiara Andini

Demikian, profil dan biodata Tiara Andini, Runner Up Indonesian Idol yang sempat dikabarkan pacaran dengan sejumlah publik figur mulai dari Dul Jaelani, Anrez Putra Adelio hingga Samuel Cipta.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Profil dan biodata lengkap Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis yang dijuluki The Minions dengan Marcus Gideon.
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Profil, biodata, agama Vanesha Prescilla, sering dikira keturunan bule padahal asli Indonesia. Siapa pacarnya sekarang?
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
Berikut ini profil dan biodata Jonatan Christie, atlet bulutangkis yang sedang berjuang di Olimpiade Tokyo 2020.
Alin fauziah

Profil dan Biodata Alin Fauziah, Pemeran Lolly 'Dari Jendela SMP'

  • 29 Juli 2021, 13:09 WIB
Biodata lengkap Alin Fauziah, agama, karier hingga pacar. Kini berperan sebagai Lolly di sinetron Dari Jendela SMP.
Rahmat Erwin

Profil dan Biodata Rahmat Erwin, Lifter Peraih Medali Olimpiade 2020

  • 29 Juli 2021, 11:33 WIB
Berikut profil dan biodata Rahmat Erwin Abdullah, atlet angkat besi peraih medali perunggu Grup B di Olimpiade Tokyo 2020.
Pangeran Lantang

Profil dan Biodata Pangeran Lantang: Agama, Umur, Karier

  • 28 Juli 2021, 20:49 WIB
Berikut profil, biodata, agama Pangeran Lantang lengkap umur. Pemeran karakter Ardhan Alcandar di serial Antares.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS