Logo
Edho Zell
hits
Profil dan Sumber Kekayaan Edho Zell Hingga Pamit dari YouTube
Photo: instagram/edhozell

ZIGI – Nama Edho Zell sudah tak asing di telinga masyarakat, ia adalah YouTuber veteran yang sudah berkarier selama 12 tahun. Namun dalam video tiga hari lalu, Edho Zell pamit dari YouTube melalui sebuah tayangan video berdurasi 4 menit 43 detik. 

Tak ada penjelasan apapun dari pria kelahiran 1986 ini, dalam unggahan video berjudul "Goodbye YouTube". Video tersebut membuat penggemarnya heboh, tak sedikit penggemar merasa kehilangan dan sedih atas keputusan yang telah diambil. 

"Gue merasa not belong di YouTube. Secara kreatif gue nggak tertantang, secara algoritma pun gue ngga didukung dan waktu yang gue punya sudah berkurang sama sudah jadi rutinitas," ungkap Edho Zell, yang dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network pada 21 Juni 2021. 

Pasalnya, Edho Zell yang dikenal sebagai generasi pertama YouTuber Indonesia sering membagikan konten positif yang kerap menjadi inspirasi publik. Beikut profil dan biodata Edho Zell, YouTuber yang memiliki 3,8 juta subscribers.

Kehidupan pribadi

Photo : instagram/edhozell

Edho Zell terlahir dari keluarga broken home, karena kedua orangtuanya telah berpisah sejak dirinya lahir. Hingga kini, penggagas Warteg Gratis ini belum mengetahui siapa sosok ayahnya. Sempat bertanya kepada sang ibu perihal sang ayah, namun sang ibu tak pernah menjawab siapa sosok ayahnya.

Sang ibu selalu menampilkan raut wajah sedih, saat Edho bertanya tentang ayahnya. Tak ingin membuat ibunya sedih, Edho memutuskan untuk tak pernah bertanya lagi sejak kelas 2 SD. Akhirnya, Edho pun tak mengetahui apa alasan kedua orangtuanya berpisah. Sang ibu hanya memberikan informasi bahwa sosok ayahnya mirip dengan salah satu vokalis Elfa's Singer. 

Pemilik nama lengkap Edho Pratama, menikahi seorang wanita bernama Laura Natalia Suciadi pada tahun 2015. Sebelum menikahi sang istri, Edho sempat gagal menikah dengan perempuan lain pada tahun 2012 silam. Hal tersebut membuat Edho trauma dalam melangkah ke pelaminan. Kini, Edho hidup bahagia bersama Laura dan dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Jason Gabriel. 

Tak merasa kehilangan sosok ayah

Photo : instagram/edhozell

Tak pernah mengenal sosok ayah, Edho pun tak merasa kehilangan sosok ayah. Ia merasa biasa-biasa saja tanpa kehadiran seorang ayah. Terbiasa tanpa kehadiran sosok ayah, Edho sempat tumbuh menjadi anak yang suka mencari perhatian untuk mencari kekosongan dalam jiwa.

Ayah beranak satu ini sempat membuat onar dan menjadi anak yang nakal. Kenakalan Edho memuncak saat dia mencoba segala jenis hiburan malam di daerah Jakrta. Setiap Jumat malam, Edho pergi ke diskotik yang dekat dengan tempat kosnya. 

Karier Edho Zell

Photo : instagram/edhozell

Sejak Edho Zell duduk di bangku SMA, sang ibu menikah lagi dan pergi bersama suaminya ke Papua. Edho pun harus tinggal seorang diri di daerah Mangga Besar, Jakarta. Untuk bertahan hidup, Edho harus bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri.

Ia pernah bekerja menjadi kasir warnet hingga menjadi sales parfum dengan gaji yang tak seberapa. Ia kerap mengikuti berbagai casting, namun ia hanya mendapatkan peran figuran saja. Dengan semangat hidupnya, Edho menjadi guru dance yang merangkap peran sebagai MC. Kala itu, Edho berhasil mengumpulkan uang untuk berkarir di Jepang. 

Di sana, Edho tertimpa berbagai masalah hingga menjadi seorang pengemis di Jepang. Mengalami berbagai kesulitan, Edho memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Setelah itu, Edho mulai mengunggah video pertamanya ke YouTube. Ia mengunggah video, dengan bahan yang seadanya. Video pertamanya terinspirasi dari video Shinta dan Jojo yang terkenal dengan video Keong Racun. Hingga kini Edho menjadi YouTuber sukses asal Indonesia. 

Bisnis Edho Zell

Photo : instagram/edhozell

Selain menjadi youtuber, Edho mulai berkecimpung ke dalam dunia bisnis. Ia memiliki usaha kuliner bernama Nyapii dan Imnida Cafe. Edho telah membuka outlet Nyapii hingga 70 outlet di beberapa kota.

Edho mendirikan Imnida Cafe karena sang istri adalah penggemar berat boy grup asal Korea bernama BTS. Ia juga mendirikan Warteg Gratis, sebuah warteg yang dibuka dengan konsep food truck yang ditujukan untuk masyarakat yang ingin makan namun tak mempunyai uang.

Masyarakat yang ingin mencicipi makanan Warteg Gratis dapat membayar seiklasnya atau tak usah membayar makanan tersebut alias gratis. Tak hanya itu, Edho pun membuka social media management, yang bernama Social Bread Indonesia. Social Bread akan membantu pengusaha atau perusahaan untuk memanajemen akun media sosial berupa Instagram dan Tiktok, untuk mengembangkan bisnis. 

Mendirikan sekolah Esport

Photo : instagram/edhozell

Edho Zell mendirikan sekolah Esport bernama Esport Academy ID, yang didirikan untuk memberikan edukasi mengenai dunia esport. Ia membangun sekolah Esport bersama Azra salah satu content creator YouTube. Keduanya berkolaborasi untuk menentukan kurikulum pada sekolah tersebut. Dalam sekolah tersebut, tidak hanya membahas soal game saja, namun membahas industri esport. Selain itu, Edho Zell membentuk tim esport bernama SAGA Esport. Terdapat empat divisi yang dimiliki oleh SAGA Esports yaitu FIFA 21, Valorant, PUBG, dan LoL Wild Rift.

Sempat depresi hingga ingin bunuh diri

Photo : instagram/edhozell

Edho pernah bertemu dengan seorang wanita yang menerima dirinya apa adanya. Kemudian Edho dan wanita tersebut, merencanakan sebuah pernikahan dengan membuat tabungan bersama dan membayar uang muka apartemen. Namun, Edho memutuskan hubungan asmaranya dengan sang pacar, yang seharusnya terjadi pada 12 Desember 2012.

Batal menikah membuat Edho depresi. Bahkan ia tak pernah keluar kos sampai tiga bulan. Edho merasa putus harapan sehingga mati rasa dan tak bisa menangis. Bahkan Edho sempat ingin bunuh diri karena merasa tak ada gunanya hidup di dunia. 

Tujuan awal salah membuat YouTube

Photo : instagram/edhozell

Di awal karier menjadi YouTuber, Edho memiliki tujuan menjadi seorang konten kreator agar menjadi seorang yang terkenal dan mendapatkan banyak perhatian dari banyak orang. Saat itu, Edho merasa kesulitan untuk mengumpulkan subscribers meskipun video yang diunggahnya mencapai 6 juta views.

Edho merasa tujuan awal mendapatkan uang dan perhatian banyak adalah kesalahan terbesar. Kemudian ia mendalami kehidupan rohani dan bertobat kepada Tuhan. Edho pun mulai mengubah tujuan merintis kariernya agar berdampak positif bagi anak-anak muda. Saat itu, karier Edho pun semakin melesat. 

Biodata dan Agama Edho Zell

Photo : instagram/edhozell

Nama lengkap: Edho Pratama
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 10 Juli 1986
Agama: Kristen
Istri: Laura Natalia Suciadi
Anak: Gabriel Jason
Instagram: @edhozell
Twitter: @edhozell
TikTok: @edhozell
YouTube: Edho Zell

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Marcus GIdeon

Profil dan Biodata Marcus Gideon: Agama, Karier Hingga Keluarga

  • 26 Juli 2021, 20:37 WIB
Berikut profil dan biodata Marcus Gideon, atlet bulu tangkis pasangan ganda putra Kevin Sanjaya yang dijuluki sebagai The Minions.
Arie nugroho

Profil dan Biodata Arie Nugroho, Pemeran Baim 'Dari Jendela SMP'

  • 26 Juli 2021, 15:56 WIB
Biodata lengkap Arie Nugroho, anak aktris Windy Wulandari pemeran Baim di sinetron Dari Jendela SMP.
Ranty Maria

Profil dan Biodata Ranty Maria: Agama, Karier, hingga Pacar

  • 24 Juli 2021, 18:37 WIB
Ranty Maria pacar Rayn Wijaya saat ini berumur 22 tahun. Berikut ini profil dan biodata lengkapnya.
Windy Cantika Aisah

Biodata Windy Cantika Aisah, Atlet Angkat Besi Olimpiade Tokyo 2020

  • 24 Juli 2021, 16:09 WIB
Atlet angkat besi (lifter) Windy Cantika Aisah sumbang medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.
Vincentius Jordan

8 Fakta Vincentius Jordan, TikTokers Mantan Pacar Bianca Brittney

  • 24 Juli 2021, 08:30 WIB
Berikut 8 fakta Vincentius Jordan, TikTokers viral mirip Park Seo Joon dan merupakan mantan pacar Bianca Brittney.
Donny dorfman

Biodata Tommy Dorfman, Aktor 13 Reasons Why Jadi Transgender

  • 23 Juli 2021, 11:56 WIB
Biodata lengkap Tommy Dorfman, pemain serial 13 Reasons Why di Netflix mengaku sebagai seorang transgender.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS