Profil Sumarni Laman, Ingin Suara Masyarakat Adat Didengar di G20 - Hits ZIGI.ID
Logo
Sumarni Laman
hits
Sumarni Laman
Photo: @sumarni_laman/Instagram
Sumarni Laman

ZIGI –Sumarni Laman memiliki ketertarikan terhadap isu lingkungan karena pernah merasakan sendiri bencana kebakaran hutan di Kalimantan Tengah sekitar tahun 2000-an. Hal tersebut yang menginspirasinya untuk berpartisipasi di Yayasan Ranu Welum dan sempat menjadi koordinator Youth Act Kalimantan.

Selain itu, Sumarni Laman memiliki harapan besar usai Indonesia dipilih sebagai tuan rumah G20. Salah satunya agar suara kelompok marjinal dan masyarakat adat lebih didengar terkait kebakaran hutan, kejahatan lingkungan hingga sengketa tanah di Kalimantan Tengah. Yuk kita kenalan dengan sosok Sumarni Laman lewat artikel di bawah ini!

Baca Juga: Novita Indri, Aktivis Climate Rangers Desak G20 Percepat Target Iklim

1. Latar Belakang Sumarni Laman

Sumarni Laman
Photo : @sumarni_laman/Instagram
Sumarni Laman

Sumarni Laman lahir dan besar di Desa Kampuri, Kalimantan Tengah. Saat ini, Marni, sapaan akrabnya, tengah menjalani program S2 di School of Government and Public Policy Indonesia. Dia tinggal di kota  Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kini Marni menjabat sebagai Public Relation di Yayasan Ranu Welum yang menggawangi Youth Act Kalimantan sejak 2019. Dia juga bertanggung jawab atas The Heartland Project, sebuah gerakan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak muda tentang dampak kebakaran hutan.

Saat melakukan wawancara dengan Zigi.id, Sumarni tak ingin melabeli dirinya sebagai aktivis. Karena segala hal yang telah dia lakukan merupakan panggilan hati. Pernah merasakan dampak dari kebakaran hutan hebat, dia tergerak untuk melindungi tanah kelahirannya di Kalimantan Tengah.

“Kata aktivis sepertinya bukan untuk saya. Soalnya saya tidak melihat diri saya sebagai aktivis. Karena apa yang saya lakukan ini adalah panggilan hati. Ini adalah suatu hal yang saya lakukan untuk memberikan kembali kepada komunitas. Saya suka membantu sesama,” ungkap Sumarni Laman.

2. Awal Mula Bergabung di Yayasan Ranu Welum dan Koordinator Youth Act

Sumarni Laman
Photo : @sumarni_laman/Instagram
Sumarni Laman

Sumarni Laman lulus dengan gelar Sarjana Pendidikan Kimia dari Universitas Palangkaraya tahun 2016. Dalam wawancara, Marni memantapkan diri untuk bergabung sebagai relawan di Ranu Welum pada 2017 tak lama setelah lulus kuliah. Berselang dua tahun, Marni baru memutuskan kembali menjadi staf resmi di Rabu Welum pada 2019.

“Beberapa hari setelah lulus kuliah saya tersadar, ‘Wah belum melakukan apa pun untuk Kalimantan’. Sebelum ambis mencari kerja, di tahun 2019 setelah saya pulang dari berbagai kegiatan di kota lain, saya kembali gabung di Yayasan Ranu Welum dan dipercaya jadi koordinator Youth Act,” ceritanya.

3. Pandangan Keluarga Terkait Keputusan Sumarni Laman

Sumarni Laman
Photo : @sumarni_laman/Instagram
Sumarni Laman

Sumarni Laman bersama tim pernah terjun langsung memadamkan api saat kebakaran hutan terjadi di Kalimantan Tengah bulan Juni hingga akhir November 2019.

Selama enam bulan, Marni dan para relawan juga aktif membagikan masker, memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang terkena dampak, hingga harus menjaga ruangan agar asap tidak semakin berbahaya.

Tindakan Marni seperti demikian awalnya dipertanyakan oleh keluarganya. Apalagi, dengan statusnya sebagai seorang wanita, kegiatan tersebut cukup membahayakan. Meski demikian, Marni bersyukur karena sang Ibu kerap memberikan dukungan untuk kegiatannya selagi masih di jalan positif.

“Banyak yang enggak setuju, tapi setuju juga. Hingga sekarang, mereka (keluarga) berharap saya melakukan hal lain. Karena background saya (lulusan Sarjana Pendidikan Kimia), tapi malah melakukan banyak hal di lapangan. Apalagi saya perempuan. Tapi Mama saya suportif banget sih terhadap anak-anaknya, dan seluruh keinginan saya selagi positif,” ujarnya.

  • Editor: Yasmin Karnita

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Recommended

Profil dan Biodata Mahyar Tousi, YouTuber yang Hina Batik di KTT G20

  • 17 November 2022, 15:06 WIB
Profil dan biodata Mahyar Tousi, YouTuber yang hina batik yang dikenakan oleh petinggi negara di KTT G20 di Bali.

3 Momen Chef Arnold Masak di Gala Dinner KTT G20, Merasa Pressure Test

  • 17 November 2022, 13:45 WIB
Deretan momen Chef Arnold Poernomo jadi juru masak di gala dinner KTT G20, dipantau Presiden Jokowi merasa pressure test.

Cerita Yuni Shara dan Andien Aisyah Tampil di Gala Dinner KTT G20

  • 16 November 2022, 16:30 WIB
Momen Yuni Shara dan Andien Aisyah tampil menyanyi di gala dinner KTT G20, dibanjiri pujian dari selebriti Indonesia.

4 Momen Maudy Ayunda di KTT G20, Penampilan dengan Kebaya Jadi Sorotan

  • 16 November 2022, 11:21 WIB
Deretan momen Maudy Ayunda di KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, tampil menawan dengan kebaya rancangan Didiet Maulana.

8 Momen Ibu Negara Korea Selatan di KTT G20, Pesonanya Curi Perhatian

  • 15 November 2022, 13:32 WIB
Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee mengunjungi Bali dalam rangka forum KTT G20, disambut Iriana Jokowi.

Bicara di B20 Summit, Elon Musk Beri Pesan untuk Mahasiswa Indonesia

  • 14 November 2022, 17:09 WIB
Elon Musk isi B20 Summit yang digelar di Bali pada 14 November 2022, ingatkan mahasiswa untuk memiliki rasa keingintahuan.
The Latest
Agnez Mo

Curhatan Agnez Mo Usai Raih 2 Piala WPVR 2022 Year-End Pinnacle Awards

  • 31 Januari 2023, 18:58 WIB
Kiky Saputri dan Muhammad Khairi

Sederet Hadiah di Pernikahan Kiky Saputri, Raffi Ahmad Uang Rp50 Juta

  • 31 Januari 2023, 16:05 WIB
Adam Levine dan Behati Prinsloo

Sempat Terseret Skandal Selingkuh, Adam Levine Dikaruniai Anak Ketiga

  • 31 Januari 2023, 14:35 WIB
Melaney Ricardo

Melaney Ricardo Ungkap Awal Mula Jalani Operasi Pengangkatan Rahim

  • 31 Januari 2023, 13:11 WIB
Lisa Loring

Kronologi Lisa Loring, Pemeran Wednesday Addams Meninggal Dunia

  • 31 Januari 2023, 12:38 WIB
INDEKS