Logo
Boruto chapter 60
hits
Review dan Link Baca Manga Boruto chapter 60: Kawaki Dilema
Photo: Manga Plus

ZIGI – Manga Boruto chapter 60 terbit di Manga Plus pada 20 Juli 2021. Berjudul A Place to Belong (tempat bernaung) menggambarkan kegalauan Kawaki yang merasa tidak memiliki tempat di desa Konoha.

Secara keseluruhan, manga Boruto chapter 60 memiliki jalan cerita yang santai. Terlihat Code bermain-main dengan Daemon, adik Eida. Namun nampak masih ada keraguan antara mereka.

Di desa Konoha, Kawaki terlihat murung mempertanyakan keberadaan dirinya di sana. Kejadian ini mirip seperti yang dialami oleh Naruto kecil yang dijauhi orang desa akibat menjadi jincuriki.

Yuk simak penjelasan manga Boruto chapter 60 lengkap dengan link baca!

Code, Eida dan Daemon

Photo : Manga Plus

Manga Boruto sudah mulai digarap oleh Masashi Kishimoto sejak chapter 52. Tepatnya ketika Kurama mati mengorbankan diri untuk mengalahkan Isshiki Otsutsuki.

Setelah pertarungan tersebut, Code yang merupakan pengikut setia Isshiki mulai bergerak untuk membalaskan dendam. Pertama-tama, ia mengajak cyborg buatan Amado, bernama Eida untuk bekerja sama.

Di chapter 60, Code masih berusaha untuk memahami kekuatan Eida dan adiknya, Daemon. Ia curiga bahwa kakak beradik itu menyembunyikan kekuatan mereka sebenarnya.

Sejauh ini diketahui bahwa Code menyebut kekuatan Eida ibarat CCTV. Ia bisa mengetahui segala hal yang terjadi di dunia melalui teknologi pendengaran dan penglihatannya. Kalau di kehidupan nyata, Eida ini mungkin seperti sebuah server mata-mata yang memperhatikan melalui perangkat elektronik yang kita gunakan.

Sementara Daemon memiliki reflek luar biasa dan dapat membalikan setiap serangan musuh. Eida setuju untuk membantu Code agar bisa menemukan cinta sejatinya, Kawaki. Yup, Eida mampu membuat setiap orang yang melihatnya jatuh cinta, kecuali mereka yang keturunan Otsutsuki.

Kawaki dan Keluarga Naruto

Photo : Manga Plus

Di desa Konoha, Shikamaru memimpin penyelidikan terhadap Code. Sebab ditemukan jejak ‘claw marks’ alias tanda hitam yang digunakan Code untuk mengeluarkan cakarnya dan berpindah tepat.

Ternyata, tanda tersebut juga ditemukan di desa lainnya. Shikamaru nampak kewalahan karena ini artinya pergerakan Code menjadi lebih bebas dan tidak bisa diprediksi karena bisa muncul dari mana saja.

Kawaki merasa tidak ada tempat untuknya di Konoha, karena ia dianggap sebagai orang luar. Saat sedang makan sendirian dari atas patung Hokage, Naruto datang untuk mengajaknya pulang ke rumah. 

Sesampainya di rumah, ternyata Hinata, Boruto, dan Himawari sudah menyiapkan hidangan besar untuk menyambut Kawaki. Boruto memberikan ikat kepala Konoha padanya karena Kawaki mulai berlatih menjadi shinobi. 

Setelah makan malam, Naruto mengatakan bahwa Konoha terutama rumahnya akan selalu terbuka untuk Kawaki. Naruto merasa gagal sebagai Hokage bila Kawaki tidak bisa merasakan hal yang sama.

Chapter 60 ditutup dengan kegalauan Kawaki. Ia terus memikirkan tawaran Amado untuk menanamkan karma baru agar kekuatan Otsutsuki dalam diri Kawaki bisa kembali aktif. Adapun Amado sedang sibuk menyiapkan ciptaan barunya yang disebut-sebut bisa memperkuat Konoha. Artinya, akan ada lagi karakter baru di manga Boruto selanjutnya.

Link Baca Manga Boruto chapter 60

Photo : Opening Boruto 9

Kamu bisa membaca manga Boruto chapter 60 di Manga Plus dalam bahasa Inggris. Jadwal terbit manga Boruto adalah sebulan sekali. Sementara anime Boruto: Naruto Next Generations terbaru mencapai episode 208 adaptasi dari manga chapter 42. 

Sejauh ini, Masashi Kishimoto masih membangun karakter Kawaki dan Boruto. Sebagaimana dilihat di awal manga, keduanya akan bertarung di masa depan dengan kondisi Konoha yang hancur.

  • Editor: Maria Margaretha
Recommended
Tokyo revengers

Spoiler Manga Tokyo Revengers 217, Takemichi Selamatkan Senju

  • 29 Juli 2021, 17:31 WIB
Spoiler dan link baca manga Tokyo Revengers 217, Takemichi menyelamatkan Kawaragi Senju hingga Mikey akan muncul.
Tokyo revengers

Review dan Link Baca Manga Tokyo Revengers 216, Sanzu Kakak Senju

  • 28 Juli 2021, 09:23 WIB
Link baca manga Tokyo Revengers 216 di situs legal, Kawaragi Senju jelaskan hubungan dengan Akashi Takeomi dan Sanzu Haruchiyo.
Record of ragnarok 50

Baca Manga Record of Ragnarok Chapter 50: Hades Muncul

  • 27 Juli 2021, 13:00 WIB
Manga Record of Ragnarok chapter 50 terbit 26 Juli 2021, Hades muncul saat pertarungan Buddha dan Hajun.
Tokyo revengers

Spoiler Manga Tokyo Revengers 216, Identitas Asli Kawaragi Senju

  • 22 Juli 2021, 15:37 WIB
Link baca dan spoiler manga Tokyo Revengers 216. Ungkap kondisi Mikey dan identitas Kawaragi Senju, pemimpin Geng Brahman.
Gojou Satoru

Alasan Gojo Satoru Pakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen

  • 22 Juli 2021, 14:45 WIB
Gege Akutami, kreator manga Jujutsu Kaisen ungkap alasan Gojo Satoru pakai penutup mata ternyata berkaitan dengan Six Eyes.
Boruto episode 208

Penjelasan Tentang Borushiki di Boruto Episode 208

  • 19 Juli 2021, 15:02 WIB
Borushiki adalah transformasi Momoshiki Otsutsuki dalam tubuh Boruto, perdana muncul di anime Boruto episode 208.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS