Sempat Melarang, Badai Izinkan Kerispatih Nyanyikan 20 Lagu Ciptaannya - Hits ZIGI.ID
Logo
Badai dan Kerispatih
hits
Badai dan Kerispatih
Photo: Berbagai Sumber
Badai dan Kerispatih

ZIGI – Beberapa waktu lalu, Badai sempat melarang Kerispatih maupun Sammy Simorangkir untuk membawakan lagunya tanpa izin. Usai melakukan pertemuan, keyboardist bernama asli Doadibadai Hollo akhirnya menandatangani kontrak dengan band yang pernah menaunginya terkait lagu-lagu yang boleh dinyanyikan.

Tidak lantas semua lagu boleh dinyanyikan Kerispatih, Badai hanya memperbolehkan 20 lagu saja. Berikut kelanjutan perseteruan Badai eks Kerispatih dengan mantan grupnya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Badai eks Kerispatih Ungkap Kisah Horor di Balik Lagu Mengenangmu

Badai Izinkan Kerispatih Nyanyikan Lagunya

Badai Eks Kerispatih
Photo : YouTube/Gosip Ceria
Badai Eks Kerispatih

Badai akhirnya memberikan kesempatan kepada Kerispatih untuk menyanyikan lagu-lagunya. Hal ini diputuskan setelah keduanya melakukan pertemuan terkait perizinan lagu untuk dibawakan Kerispatih.

"Ya kami sudah bertemu. Kalau menurut versi saya sebagai pemilik lagu sih hasilnya baik-baik saja," ujar Badai dikutip dari YouTube Gosip Ceria pada Kamis, 22 Desember 2022.

Lebih lanjut, Badai sudah menyetujui kontrak terkait lagu-lagunya yang diperbolehkan. Kontrak tersebut berlaku selama satu tahun setelah disepakati.

"Dengan pihak Kerispatih itu sudah ada kontrak kerja sama. Jadi mereka boleh membawakan lagu saya dengan masa waktu kontrak satu tahun," imbuhnya.

Lantaran lagu yang dinyanyikan, Badai tidak mengizinkan Kerispatih untuk membawakan semua lagu. Pasalnya, ia hanya memberikan 20 lagu yamg diperbolehkan lantaran jumlah itu sudah dinilai banyak bagi Badai.

"Di kontrak itu ada 20 lagu yang saya izinkan. Kenapa nggak semua? Karena 20 lagu juga sudah banyak kali. Banyak banget," tutur Badai.

Sementara Badai menjelaskan pembagian honor untuk lagu yang dibawakan oleh Kerispatih nantinya dengan sistem presentase. Tidak dijelaskan berapa jumlah presentase yang bakal didapatkan oleh Badai terkait lagu tersebut.

Protes Badai Soal Hak Milik Lagu Kerispatih

Kerispatih
Photo : Instagram/@kerispatih_
Kerispatih

Badai melakukan protes di mana ia melarang Kerispatih maupun Sammy Simorangkir membawakan lagu-lagunya secara izin. Larangan ini mulai diberlakukan oleh Badai sejak 28 Oktober 2022 lalu. Bermula saat Badai mengunggah protesnya di Instagram.

Saya akan membuat sebuah pernyataan terkait dengan karya cipta saya yang masih digunakan oleh dua entitas. Di mana kami bersama-sama selama, saya di sana 13 tahun, dan karya-karya saya masih dipakai oleh dua entitas tersebut untuk berkolaborasi dan melakukan kegiatan panggung. Sebut saja namanya Kerispatih dan Sammy Simorangkir,” tulis Badai di Instagramnya, @badaithepianoman.

Terkait video surat terbuka tersebut, mantan pianis Kerispatih tersebut tidak mempedulikan tanggapan para anggota band tersebut. Pasalnya, ia hanya ingin menyuarakan yang seharusnya menjadi hak miliknya.

“Itu kan hak saya ya sebagai pemilik tunggal lagu-lagu yang dibawakan oleh mereka. Jadi mau ditanggapi salah atau benar, ya itu hak saya. Kecuali itu bukan lagu saya ya, baru boleh berisik,” tutur Badai.

Badai menyadari pentingnya hak milik lagu bagi komposer. Bahkan ia sudah menyuarakan hak cipta lagunya tersebut sejak 2014. Hingga akhirnya pada 28 Oktober 2022, Badai secara resmi melarang Kerispatih menyanyikan beberapa lagu-lagunya. 

Baca Juga: Lirik Lagu Aku Harus Jujur - Kerispatih, Tentang Kaum Gay

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Badai eks Kerispatih Ungkap Kisah Horor di Balik Lagu Mengenangmu

  • 30 November 2021, 15:42 WIB
Komposer Badai eks membongkar rahasia di balik terciptanya lagu Mengenangmu yang pernah hits tahun 2007.

Lirik Lagu Aku Harus Jujur - Kerispatih, Tentang Kaum Gay

  • 16 November 2021, 16:09 WIB
Badai eks Kerispatih mengungkap makna sebenarnya dari lirik lagu Aku Harus Jujur yang terinspirasi dari kisah seorang gay.

Nonton Kokdu: Season of Deity Episode 1, Pertemuan Gye Jeol dan Kokdu

  • 27 Januari 2023, 19:00 WIB
Spoiler dan link nonton drama Kokdu: Season of Deity episode 1 tayang pada 27 Januari 2023, pertemuan awal Kokdu dan Gye Jeol.

Reaksi Denada Lagunya Dipakai oleh Snoop Dogg di Postingan Instagram

  • 27 Januari 2023, 17:47 WIB
Unggah foto bareng George Clooney, rapper Snoop Dogg pakai lagu 'Jangan Ada Dusta di Antara Kita' dari Denada dan Ihsan Tarore.

Profil dan Biodata Reza Darmawangsa: Agama, Umur, Pacar, Lagu, Akun IG

  • 27 Januari 2023, 16:00 WIB
Profil dan biodata Reza Darmawangsa, YouTuber dan teman duet Mirriam Eka di konten Sing-Off yang diunggah ke YouTube.

3 Fakta Momoland Tak Perpanjang Kontrak dengan MLD Entertainment

  • 27 Januari 2023, 15:01 WIB
Fakta-fakta Momoland putuskan untuk akhiri kontrak dengan agensi yang menaungi selama 7 tahun, MLD Entertainment.
The Latest
Snoop Dogg dan Denada

Reaksi Denada Lagunya Dipakai oleh Snoop Dogg di Postingan Instagram

  • 27 Januari 2023, 17:47 WIB
Reza Darmawangsa

Profil dan Biodata Reza Darmawangsa: Agama, Umur, Pacar, Lagu, Akun IG

  • 27 Januari 2023, 16:00 WIB
Jajaran mantan Julian Jacob

6 Mantan Pacar Julian Jacob, Ochi Rosdiana hingga Brisia Jodie

  • 27 Januari 2023, 11:27 WIB
Bunga Zainal

Dituduh Oplas, Bunga Zainal Sandingkan Wajahnya dengan Park Min Young

  • 27 Januari 2023, 10:56 WIB
NIkita Willy dan Baby Izz

Perdana Tinggalkan Baby Izz, Nikita Willy Tinggalkan 7 Catatan Penting

  • 27 Januari 2023, 10:06 WIB
INDEKS