Logo
Warren Buffet
hits
Sumbang Rp59 Triliun, Warren Buffett Mundur dari Gates Foundation
Photo: Shutterstock

ZIGI – Investor Warren Buffett mengumumkan bahwa dirinya mengundurkan diri sebagai wali dari Bill dan Melinda Gates Foundation. Selain itu, Buffett berjanji akan mendonasikan 99% dari kekayaan bersihnya untuk Gates Foundation dan empat badan amal keluarga.

Pada 15 tahun lalu, Warren telah berjanji untuk memberikan kekayaan yang didapat dari bisnis Berkshire Halthaway Inc. Dilansir dari Reuters, Buffett telah menjadi wali tidak aktif selama bertahun-tahun di yayasan.

Meski keluar dari yayasan, Buffett sepenuhnya mendukung Kepala Eksekutif Mark Suzman bahwa tujuan keduanya selaras. Yuk simak artikel ini!

The Giving Pledge

Photo : GSB Columbia

Sejak tahun 2006, Warren Buffett telah menyumbangkan lebih dari US$41,5 miliar saham Berkshire, termasuk US$32,7 miliar kepada Gates Foundation. Total keseluruhan uang yang didonasikan Buffett sekitar US$132 miliar atau Rp1.904 triliun karena harga saham Berkshire telah meningkat. 

Saat mengumumkan pengunduran diri, Buffett juga mengumumkan bahwa dirinya akan menyumbangkan US$4,1 miliar atau Rp59 triliun, yang terdiri dari 15,2 juta saham Berkshire Kelas B kepada Gates Foundation dan empat badan amal keluarga. Hal tersebut bagian dari janjinya untuk memberikan 99% dari kekayaan bersihnya. 

"Selama beberapa dekade saya telah mengumpulkan jumlah yang hampir tidak dapat dipahami hanya dengan melakukan apa yang saya sukai," kata Buffett, dikutip dari Reuters pada 24 Juni 2021. 

Buffett juga mendonasikan hartanya kepada Susan Thompson Buffett Foundation, yayasan yang dinamai mendiang istri pertamanya. Yayasan tersebut dijalankan oleh anak-anaknya bernama Howard, Susan, dan Peter. Jika Buffett tidak mendonasikan harta kekayaannya, kekayaan bersih Buffett akan menyamai pendiri Amazon Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia menurut Forbes.

Gates dan Buffett mempelopori The Giving Pledge, dimana lebih dari 200 orang seperti Michael Bloomberg, Larry Ellison, Carl Icahn, Elon Musk, Mark Zuckerberg, dan Pangeran Saudi Alwaleed bin Talal telah berkomitmen setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk filantropi.

Masa depan Gates Foundation dipenuhi ketidakpastian

Photo : Humanosphere

Buffett tidak menjelaskan alasan dirinya mengundurkan diri dari Gates Foundation. Pria berusia 90 tahun ini juga melepaskan semua jabatan direktur di luar perusahaan Berkshire untuk mengurangi beban kerjanya. 

Gates Foundation didirikan pada tahun 2000, yang berfokus untuk memerangi kemiskinan, penyakit, dan ketidakadilan. Gates Foundation telah menghabiskan US$54,8 miliar dalam dua dekade pertama. Namun, masa depan Gates Foundation dipenuhi  ketidakpastian, sejak pengumuman Bill Gates dan Melinda bercerai setelah 27 tahun menikah. Peristiwa tersebut mempengaruhi masa depan yayasan yang tidak pasti. 

Salah satu karyawan Gates Foundation bernama Suzman, mengatakan bahwa ia telah berdiskusi dengan Buffett dan keluarga Gates bagaimana memperkuat pemerintahan dan berencana untuk membagikan informasi yang lebih banyak pada bulan Juli.

"Saya berkomitmen penuh untuk mengikuti panduan (Tuan Buffett) untuk memastikan kami adalah pelayan terbaik dari sumber dayanya, Bill, dan Melinda," kata Suzman.

Selain itu, Gates Foundation berterimakasih atas 'persahabatan abadi' dengan Warren Buffett. Sementara Melinda French Gates mengatakan ajaran Buffett akan membantu dalam memetakan jalan ke depannya. Namun Berkshire tidak menanggapi permintaan komentar apapun. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Lo Kheng Hong

Dijuluki Warren Buffett Indonesia, Siapa Lo Kheng Hong?

  • 12 Juli 2021, 16:54 WIB
Berikut ini kisah sukses dan tips investasi saham Lo Kheng Hong yang dijuluki sebagai Warren Buffett Indonesia.
Bill gates

5 Buku Bacaan Rekomendasi Bill Gates di Musim Panas 2021

  • 16 Juni 2021, 19:04 WIB
Bill Gates merekomendasikan lima buku bacaan musim panas 2021, dari novel hingga tentang alam dan iklim.
Warren Buffet

Tips Gaya Hidup Hemat ala Warren Buffett

  • 31 Mei 2021, 18:47 WIB
Berikut tips gaya hidup hemat ala Warren Buffett, yang tercatat sebagai orang terkaya nomor enam di dunia.
Melinda Gates, Bill Gates, Jeffrey Epstein

Jeffrey Epstein di Antara Melinda dan Bill Gates

  • 11 Mei 2021, 10:06 WIB
Melinda Gates konsultasi soal perceraian sejak 2019, diduga alasan pisah karena hubungan Bill Gates dan Jeffrey Epstein.
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Ernest Prakasa puasa Instagram selama satu minggu, berikut ini kesulitan dan dampak yang dirasakannya.
Resep Pizza Mini Roti Tawar

Resep Pizza Mini Roti Tawar Cocok Dicoba di Rumah

  • 26 Juli 2021, 14:46 WIB
Berikut resep pizza mini roti tawar lengkap dengan cara membuatala Chef William Gozali. Cocok dijadikan cemilan saat di rumah aja.
The Latest
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink

10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Jessica Iskandar

Profil dan Biodata Jessica Iskandar: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 26 Juli 2021, 11:55 WIB
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
INDEKS