Logo
Billie eilish
  • Oleh Indriane

  • Selasa, 22 Juni 2021 | 15:27 WIB
hits
Viral Video Billie Eilish Rasis, Akhirnya Minta Maaf
Photo: Instagram/@billie.eilish.hot

ZIGI – Penggemar menyerukan untuk memboikot Billie Eilish dari China. Hal itu berawal dari beredarnya sebuah video dimana Billie dituduh menunjukkan sikap rasisme dengan mengejek aksen Asia dan mengucapkan cercaan Anti Asia.

Setelah video itu viral, pelantun lagu Bad Guy ini melayangkan permintaan maaf lewat Instagram Story. Billie mengklarifikasi terkait suaranya yang terdengar seperti mengejek aksen orang Asia. Penasaran? Yuk simak artikelnya!

Awal Mula

Photo : TikTok

Kontroversi Billie Eilish berawal dari sebuah video TikTok yang diunggah di akun @Icxvy pada 14 Juni 2021. Akun tersebut membagikan beberapa video Billie yang telah diedit dan di bagian akhir terlihat Billie mengucapkan cercaan rasisme dengan menggunakan lagu Tyler the Creator berjudul Fish yang dirilis pada 2011. Tak hanya itu, Billie Eilish juga terdengar menirukan aksen Asia.

Video itu viral dan kini telah ditonton hingga 1,1 juta pengguna TikTok. Penggemar pun meminta agar Billie Eilish mengeluarkan pernyataan terkait video viral tersebut. Dikutip dari Global Times pada Selasa, 22 Juni 2021, perilaku rasis Billie dengan cepat memicu kekecewaan dan kemarahan netizen di China. Bahkan, beberapa warganet mengusulkan agar Billie Eilish diboikot di China.

Apakah (video) ini sebelum dia menjadi terkenal atau tidak, atau seseorang melakukannya dengan sengaja sehingga itu terjadi. Kesan buruknya akan ada selamanya. Internet akan mengingatnya,” kata warganet yang marah.

Saya ingat dia (Billie Eilish) mengumumkan tur Asia, dan akan tampil di Shanghai yang seharusnya terjadi pada Agustus 2020 jika semuanya normal. Aku tidak tahu apakah dia masih akan melihat penjualan yang baik setelah kejadian ini," timpal warganet yang lain.

Billie Eilish Minta Maaf

Photo : Instagram/@billieeilish

Setelah banyak yang menuntutnya untuk meminta maaf, Billie pun mengunggah tulisan panjang di Instagram Story pada Selasa, 22 Juni 2021. Di awal tulisan, penyanyi 19 tahun ini menuliskan kalimat dia mencintai penggemarnya. Menurutnya, video tersebut terjadi ketika dia masih berusia 13 atau 14 tahun.

Ada pengeditan video yang terjadi di sekitarku ketika aku berusia 13 atau 14 tahun di mana aku mengucapkan kata dari sebuah lagu yang pada saat itu aku tidak tahu adalah istilah menghina yang digunakan terhadap anggota komunitas Asia,” tulisnya.

Billie melanjutkan bahwa dirinya ingin muntah ketika dia tahu bahwa dulu pernah berkata rasis. Ia juga meminta maaf atas perilakunya di masa lalu.

Aku terkejut, malu dan ingin muntah bahwa aku pernah mengucapkan kata itu. Lagu ini adalah satu-satunya saat aku pernah mendengar kata itu karena tidak pernah digunakan di sekitarku oleh siapa pun di keluargaku. Terlepas dari ketidaktahuan dan usiaku saat itu, tidak ada alasan bahwa itu menyakitkan. Dan untuk itu aku minta maaf,” sambungnya.

Bahas Soal Aksen

Photo : Instagram/@billieeilish

Billie Eilish lalu membahas video di mana dia tampak mengejek aksen Asia. Dia mengatakan bahwa cara dia berbicara seperti itu telah dia gunakan sejak dia masih kecil.

Video lain dalam klip yang diedit itu adalah aku berbicara dengan suara konyol yang dibuat-buat, sesuatu yang aku mulai lakukan sebagai seorang anak dan telah aku lakukan sepanjang hidupku ketika berbicara dengan hewan peliharaan, teman dan keluarga. Ini benar-benar omong kosong. Sama sekali tidak meniru siapapun atau bahasa, aksen atau budaya apa pun, sedikit pun,” tuturnya.

Di akhir, Billie Eilish mengatakan bahwa orang yang mengenalnya sudah tahu bahwa ia sering bermain dengan suara. Namun, semenjak video itu beredar banyak yang salah tafsir pada Billie. Sementara itu, beberapa warganet berspekulasi bahwa video viral itu diunggah sebagai serangan yang disengaja menjelang perilisan album Happier Than Ever pada 30 Juli mendatang.

  • Editor: Indriane
  • Logo Tags:
Recommended
Billie eilish

Jadwal Streaming Film Konser Billie Eilish 'Happier Than Ever'

  • 26 Juli 2021, 17:42 WIB
4 hal terkait film konser Happier Than Ever yang menampilkan Billie Eilish akan tayang di Disney Plus Hotstar.
Billie Eilish

4 Fakta Lagu Baru Billie Eilish - NDA, Lirik dan Terjemahannya

  • 10 Juli 2021, 20:11 WIB
Lirik lagu NDA - Billie Eilish lengkap dengan terjemahannya yang dirilis pada 9 Juli 2021. Berikut fakta-fakta menariknya.
Billie eilish

Lirik Lagu Lost Cause - Billie Eilish dengan Terjemahan Indonesia

  • 03 Juni 2021, 12:22 WIB
Lirik lagu Lost Cause yang dinyanyikan Billie Eilish, rilis pada 2 Juni 2021 dan menjadi single keempat album Happier Than Ever.
Billie Eilish

Transformasi Billie Eilish, dari Nyentrik Tertutup Jadi Seksi

  • 03 Mei 2021, 20:39 WIB
Billie Eilish mengejutkan publik dengan transformasi penampilannya yang awalnya tertutup dan cenderung nyentrik menjadi terbuka.
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Profil dan biodata lengkap Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis yang dijuluki The Minions dengan Marcus Gideon.
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Fakta, profil, agama Axel Matthew Thomas. Pemeran Lionel di web series Antares pernah terseret kasus narkoba.
The Latest
Kevin sanjaya

Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis

  • 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Axel Matthew Thomas

Biodata, Agama, Kasus Axel Matthew Thomas, Pemain Lionel di Antares

  • 29 Juli 2021, 18:27 WIB
Vanesha Prescilla

Profil dan Biodata Vanesha Prescilla, Agama hingga Pacar Terbaru

  • 29 Juli 2021, 18:21 WIB
Dave stanley

10 Potret Rumah Mewah Dave Stanley, TikTokers Punya Piano Rp3,4 M

  • 29 Juli 2021, 15:55 WIB
Jonatan Christie

Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

  • 29 Juli 2021, 14:46 WIB
INDEKS